Buruknya AI dalam Aliens: Colonial Marines Ternyata Karena Typo

in

Membuat game tentu bukan suatu hal yang mudah dilakukan, karena memerlukan sumber daya manusia yang terampil dan juga waktu yang tidak sebentar. Proses pemrogramannya sendiri misalnya, tentu sang developer harus menyusun serangkaian kode dengan teliti agar game tersebut dapat berjalan sesuai desainnya, atau akibatnya bisa berakhir seperti nasib yang menimpa Aliens: Colonial Marines garapan Gearbox Software.

Rilis pada tahun 2013, game shooter yang satu ini hadir dengan grafis yang bisa dikatakan ketinggalan jaman pada saat itu, diiringi alur cerita yang biasa saja dan juga gameplay yang justru bisa membuatmu kesal. Namun seorang modder asal Australia bernama James Dickinson nampaknya berusaha untuk meningkatkan kualitas gameplay tersebut, terutama dalam soal AI.

Colonial Marines

Dilansir dari Mod DB (via Game Rant), James telah melakukan perombakan terhadap data Aliens: Colonial Marines semenjak setahun yang lalu. Dan dalam pengerjannya tersebut, dirinya menemukan sebuah typo pada sebuah barisan kode, yaitu kata ‘teather‘ yang seharusnya adalah ‘tether‘. Tentu saja hal ini membuat barisan kode tersebut tidak berfungsi dengan benar dan tidak dapat berjalan saat game dimainkan.

Kemudian James dengan mudahnya memperbaiki kode tersebut dengan menghilangkan satu huruf yang menjadi penyebabnya. Ia juga menyatakan bahwa kode yang telah ia ubah menjadi ‘AttachXenoToTether‘ tersebut bisa memperbaiki pengaturan posisi, patroli dan target zoning sang AI, dimana secara tak langsung meningkatkan efektifitas sang Alien untuk menyerang pemain.

James bersama rekan-rekan moddernya berencana masih akan mencoba memperbaiki lebih jauh lagi game Aliens: Colonial Marines.



Hal ini tentu menjadi pembelajaran tersendiri bagi sang developer bahwa sebuah typo saja dapat mengacaukan desain permainan. Namun tentu ini menjadi nilai positif bagi para modder, karena secara tidak langsung mereka bisa memperbaiki bahkan meningkatkan sebuah game untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih seru, atau bahkan yang nyeleneh seperti modder pada game Skyrim.

Aliens: Colonial Marines dapat kamu mainkan pada platform PC, PS3 dan Xbox 360.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]