Bye Windows Phone, Whatsapp Tak Lagi Beri Dukungan untuk Ponsel dengan Sistem Operasi Tersebut!

in ,

Sudah tidak dipungkiri lagi Whatsapp menjadi salah satu aplikasi yang paling populer bagi pengguna smartphone. Rilis perdana pada tahun 2009 silam, Whatsapp mendukung berbagai jenis platform. Bukan hanya Android maupun iOS, namun beberapa sistem operasi populer untuk mobile phone pada masa itu seperti Windows Phone juga menjadi pasar yang menarik untuk distribusi aplikasi bertukar pesan ini.

Seiring berkembangnya teknologi, Whatsapp pun mulai meninggalkan dukungannya untuk perangkat-perangkat jadul khususnya Windows Phone. Dilansir dari Engadget, per tanggal 31 Desember 2019 atau lebih tepatnya satu hari sebelum tahun 2020 berakhir Whatsapp tidak lagi mendapat dukungan lebih lanjut di ponsel dengan sistem operasi Windows Phone. Sekedar informasi tambahan, dulu beberapa ponsel yang populer di Indonesia dan menggunakan sistem operasi Windows Phone adalah Nokia Lumia series dan Samsung Omnia. Bukan hanya itu saja, melalui website resmi Whatsapp juga diumumkan bahwa perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS versi lama dalam waktu dekat juga akan dihentikan dukungannya.

Berikut beberapa versi Android dan iOS jadul yang dalam waktu dekat tak lagi mendapat dukungan dari Whatsapp :

  • Android versi 2.3.7 atau lebih jadul lagi akan dihentikan dukungannya per tanggal 1 Februari 2020
  • iOS versi 8 atau lebih jadul lagi akan dihentikan dukungannya per tanggal 1 Februari 2020

Tapi tenang saja jika kamu masih memiliki smartphone dengan sistem operasi di bawah ini masih mendapatkan dukungan dan tentunya bisa menggunakan Whatsapp, berikut daftarnya :

  • Android versi 4.0.3 keatas atau Ice Cream Sandwich keatas
  • iOS versi 9 keatas
  • Beberapa ponsel dengan sistem operasi KaiOS versi 2.5.1 seperti JioPhone dan JioPhone 2

Gimana brott ? apakah smartphonemu masuk dalam daftar yang tak lagi mendapat dukungan Whatsapp atau masih aman ? bisa lah ya tahun depan upgrade smartphone yang lebih canggih lagi, setidaknya bisa sebagai resolusi di tahun 2020 mendatang.

 

Sumber: Engadget, Whatsapp

 


Mau baca artikel seputar teknologi hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.