Call of Duty: Black Ops 4 Hadirkan Microtransaction untuk Langkahi Grinding di Black Market

in , , ,

Beberapa minggu setelah rilis, Call of Duty: Black Ops 4 dapatkan sistem konten kosmetik baru yaitu Black Market. Sistem pemberian konten baru ini miliki konsep yang sama seperti Fortnite. Di tiap level tier yang kamu lewati kamu akan dapatkan item baru mau itu skin senjata, gesture, spray, atau supply drop. Black Market dirilis gratis untuk semua pemain, tetapi waktu grinding yang super lama membuat pemain merasa curiga apabila Activision akan suntikan jalan pintas via uang untuk sistem ini. Kini, ketakutan dari fans ini ternyata benar.

Kehadiran microtransaction di Black Ops 4 hampir tidak dapat dipungkiri lagi. Hanya saja bagaimana implementasinya yang menjadi misteri bagi fans. Pada game ini, Activision berlakukan COD points (via Treyarch di Reddit), uang virtual premium di game yang untuk saat ini dapat digunakan untuk Special order yang dapat memberikan item lebih saat selesaikan satu level tier di Black Market serta dapat juga digunakan untuk langkahi proses grinding di Black Market. COD Points dihargai $2 untuk 200 poin untuk yang paling murah, dan yang paling mahal ialah $100 untuk 13.000 poin.

Tiap tier Black Market bisa dibeli seharga 100 COD point yang setara $1. Melihat ada 200 tier pada Black Market, apabila kamu gunakan uang untuk langkahi semua proses grinding sampai akhir, total uang yang dihabiskan ialah $200. Sebagai tambahan, apabila kamu tidak gunakan uang sama sekali, kamu akan butuh waktu lama untuk selesaikan satu tier saja. Dari pengalaman pribadi, dibutuhkan sekitar 7-10 match multiplayer untuk buka satu level tier yang bisa memakan waktu setidaknya 2 jam (tergantung akan performa dan mode yang kamu mainkan). Dengan patokan tersebut, bisa diperkirakan akan butuh waktu setidaknya 400 jam untuk capai tier maksimum.

Diingatkan kembali apabila Black Market hanya bersifat kosmetik semata dan tidak berikan bonus stats apapun kepada pemilik konten. Apabila kamu tidak tertarik lakukan grinding intens untuk item kosmetik semata, maka kamu tidak ketinggalan apapun. Meskipun demikian, sistem microtransaction ini tetap diprotes komunitas pemain akan konteksnya yang menjadi jalan pintas proses grinding yang disengaja dibuat lama serta game tetap berlakukan season pass setara harga game bersamaan dengan microtransaction ini.

COD Point telah hadir untuk console. Untuk versi PC sendiri, microtransaction ini ditunda hingga minggu depan.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.