7 Cara untuk Atasi Kenapa WA Tidak Bisa Dibuka di Laptop, Mudah!

Kenapa Wa Tidak Bisa Dibuka Di Laptop

Kenapa WA Tidak Bisa Dibuka di Laptop – Kehadiran dari aplikasi perpesanan instan semacam WhatsApp tentu saja memudahkan kita dalam menjalin komunikasi. Baik itu orang tua, teman, pacar, dosen, siapapun itu, hampir semuanya dipastikan memiliki aplikasi WhatsApp untuk sarana komunikasi.

Tidak hanya di smartphone, kehadiran aplikasi perpesanan instan layaknya Messenger ini pun tersedia untuk komputer atau laptop melalui perantara browser. Alasannya tentu saja akan lebih mudah untuk memantau percakapan dalam layar yang lebih besar, dan tidak mengurangi konsentrasi saat belajar atau bekerja.

Namun, terkadang ada kendala di mana WA tidak bisa dibuka di laptop, menyebabkan kekacauan yang seharusnya bisa diantisipasi bila hal tersebut tak terjadi pada momen tersebut. Kebetulan, kami memiliki cara untuk mengatasi masalah di mana WhatsApp Web tak bisa dibuka di laptop atau komputer.

Cara Atasi WA yang Tidak Bisa Dibuka

Buatmu yang kebingungan gimana caranya atasi WA yang tidak bisa dibuka, inilah kumpulan cara yang bisa kalian praktekkan!

1. Ganti Jaringan

Masalah terbesar yang kerap menjadi musuh bermacam game dan aplikasi ialah adanya masalah pada jaringan yang kita pakai. Sama halnya dengan aplikasi perpesanan instan, yang tentu saja tidak akan bisa mengirimkan pesan bila jaringan alami kendala, karena membutuhkan koneksi stabil.

Kalian bisa mengatasi masalah ini dengan berganti ke ISP lain (bila ada), karena biasanya masalah ini hanya terjadi pada salah satu provider saja, kecuali memang ada indikasi masalah pada server.

2. Gunakan atau Matikan VPN

Bila cara sebelumnya tidak membuahkan hasil, kemungkinan kalian membutuhkan bantuan VPN untuk memberikan koneksi yang setidaknya lebih stabil dan aman. Hal ini dikarenakan bisa saja koneksi provider yang kita gunakan saat itu tengah alami kendala yang cukup serius.

Walau cara ini bisa saja membuahkan hasil, namun dalam kasus tertentu, kita malah harus mematikan VPN karena justru akan membuat kacau kestabilan koneksi yang kita gunakan ke server aplikasi terkait.

3. Coba Restart Laptop

Cara lainnya untuk mengatasi kenapa WA tidak bisa dibuka di laptop ialah dengan merestart-nya. Bisa saja terdapat masalah, atau pembaruan saat laptop milikmu menyala dan membutuhkan restart untuk bolehkan aplikasi WA berjalan tanpa kendala.

Namun, sebelum kalian merestart laptop, kalian boleh juga mencoba menutup dan membuka kembali browser untuk mengecek apakah WhatsApp Web bisa berjalan tanpa masalah sama sekali.

4. Hapus File Cache Browser

Menghapus file cache pada browser yang kita gunakan tiap hari untuk mengirimkan pesan melalui aplikasi perpesanan instan tentu saja dapat atasi masalah yang kita hadapi, yaitu tak bisa mengirimkan pesan ke teman, pacar, maupun orang tua.

Jadi, salah satu cara yang menurut kami efektif untuk atasi masalah ini adalah dengan menghapus file cache yang menumpuk cukup banyak setelah digunakan sekian lama pada browser yang kita gunakan.

5. Coba Update WhatsApp

Eits, jangan salah! Tidak hanya WA di smartphone saja yang membutuhkan pembaruan, loh. WA yang kalian gunakan pada laptop atau komputer pun terkadang memberikan notifikasi adanya pembaruan, di mana kita harus memperbaruinya untuk kembali mengaksesnya.

Tenang, proses pembaruannya jauh lebih singkat kok ketimbang versi smartphone. Jadi, kalau WA tidak bisa dibuka di PC, kalian bisa mencoba memperbaruinya, toh prosesnya takkan memakan waktu sampai hitungan menit.

6. Login Kembali di Browser

Salah satu cara terefektif untuk mengatasi WA yang sama sekali tidak bisa dibuka adalah dengan mencoba login kembali di browser. Kalian bisa mencoba setidaknya di dua browser berbeda, untuk mempersempit akar masalah di mana kalian sama sekali tidak bisa mengakses WhatsApp pada browser tersebut.

Bila pun kalian tidak bisa logout, kalian bisa menghapus atau logout dari smartphone kalian, sampai menghapus cache pada browser yang kalian gunakan. Namun, kami lebih menyarankanmu untuk coba login kembali terlebih dahulu di browser lain, karena penulis sempat alami kendala di mana tidak bisa gunakan WA pada browser tertentu.

7. Coba Cek Server WA

Bila keenam cara di atas tidak membuahkan hasil, tentu saja ada alasan kenapa WhatsApp Web tidak bisa dibuka yang paling masuk akal, yaitu server-nya down alias alami masalah. Nah, inilah salah satu faktor yang menyebabkan kita tak bisa mengakses aplikasi perpesanan instan pada laptop yang kita gunakan.

Terlebih bila server-nya memang terpantau down, mau tidak mau kita harus menanti sampai koneksi ke server milik mereka sudah kembali normal. Normalnya, masalah ini tidak berlangsung lama kok!

Akhir Kata

Itulah dia sekian cara untuk mengatasi kenapa WhatsApp Web tidak bisa dibuka di laptop yang dapat kalian lakukan. Namun, bila semua cara di atas tidak membuahkan hasil, kembali pastikan hal tersebut dengan teman kalian, karena bisa saja ada masalah serius yang menghantui laptop yang kalian gunakan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version