Tutorial PCSX2 – Cara Bermain Game PS2 di PC Menggunakan Emulator PS2 dengan Kualitas HD

cara Bermain Game PS2 Shin Megami Tensei Raidou Kuzunoha vs Nameless Army di Emulator PC

Cara Bermain Game PS2 di PC – Kalian pasti sudah tidak asing dengan nama PCSX2 dan melihat orang bermain game PS2 di PC ini dengan menggunakan emulator tersebut. Kini game konsol PlayStation 2 ini kerap kita jumpai dan dijadikan topik pembicaraan, belakangan ini kita tidak asing melihat beberapa orang kembali bermain game konsol PS2 dikarenakan beberapa game konsol PS2 ini dibuat versi Remake nya mulai dari Suikoden Series yang dibuat menjadi HD dan juga Resident Evil 4 Remake.

Cara Bermain Game PS2 di PC

Walaupun sekarang sudah terbit berbagai macam konsol yang jauh lebih bagus seperti PS4, PS5, Nintendo Switch dan Xbox Series. Konsol PS2 masih diminati oleh banyak gamer diluar sana baik itu mereka yang ingin nostalgia atau mereka yang ingin mengikuti main series game yang saat itu hanya ada di PS2 saja. Dan dari hal tersebut membuat para gamer memilih emulator terbaik yaitu PCSX2 sebagai salah satu cara bermain game PS2 di PC.

Apa Itu PCSX2?

Emulator untuk bermain game PS2 yang paling diminati gamer

PCSX2 adalah emulator PlayStation 2 di PC yang dibuat pertama kali pada tahun 2001 oleh Linuzaappz dan Shadow sebagai penerus PCSX. Perkembangan emulator ini sukses dan sampai di hari penulisan ini dibuat sudah terdapat 4078 tittle games yang dapat kalian mainkan menggunakan emulator PS2 ini.

Emulator ini merupakan salah satu emulator dengan kostumisasi yang mudah dan flexible sehingga banyak gamer lebih memilih emultor ini untuk dijadikan tempat nostalgia.

Spesifikasi Rekomendasi agar Dapat Bermain Game PS2 di PC

Tutorial Cara Install Emulator PCSX2 dan Settings

Berikut tutorial cara Install Emulator PS2 berserta Settings yang dapat kalian ikuti.

1. Download PCSX2 Versi Terbaru

List versi yang dapat kalian download

Dari sekian banyak list emulator PS2 yang telah di update. Penulis sudah mencoba beberapa stable version dan versi V1.6.0 adalah yang paling terbaik dikarenakan keseluruhan BIOS yang ada kini menjadi lebih mudah di baca oleh system itu sendiri.

2. Download BIOS dan Cara Install PCSX2

Tampilan saat memilih BIOS

Pemilihan BIOS pada dasarnya bebas mau kalian memilih EU, JP, ataupun USA. Namun perlu diperhatikan bahwa memilih BIOS tertentu mempengaruhi jenis ROM game yang kamu download. Misalnya bila kamu memilih BIOS USA maka ketika kalian download ROM game nya di sarankan yang USA version juga.

Saat mencari BIOS Search Path biasanya ada di Folder This PC > Document atau di tempat directory kalian simpan teruntuk Plugins dan folders kalian hanya perlu menekan tombol OK / Next saja mengikuti default settings.

3. Emulation GS Settings

Hal yang perlu kalian perhatikan bila ingin bermain game PS2 dengan resolusi widescreen

Game PS2 pada umumnya tidaklah support untuk fitur “widescreen”. Namun dikarenakan PCSX2 memiliki fitur yaitu “widescreen fixes” dimana emulator ini dapat membenarkan 3D render sesuai dengan FOV yang telah ditentukan. Masih ada beberapa elements yang terlihat lebih lebar, baik itu text maupun overlay kamera.

Seiring kalian bermain menggunakan widescreen kalian akan terbiasa dengan hal tersebut. Namun apabila kalian ingin bermain dengan mode classic maka Aspect Ratio yang kalian pilih adalah “standard (4:3)”.

Bila kalian ingin bermain menggunakan widescreen, gantilah Aspect Ratio menjadi “Widescreen (16:9)” dan Custom Window Size menuju 1920×1080 (atau sesuai dengan prespektif monitor masing-masing)

Teruntuk kalian yang memilih bermain menggunakan “Widescreen”

Jika kalian bermain dengan settingan “widescreen” diharapkan untuk mencentang “Enables Widescreen Patches”. Perlu di ingatkan pula bahwa file cheats_ws.zip berada di dalam folder emulator. Biasanya sudah ada secara default.

4. Plugin-Settings

Plugin-Settings untuk dapat bermain game PS2 di PC dengan kualitas HD

Akses Plugins ini dapat dicari melalui Config > Video > Plugin-Settings. Disini lebih mengarah pada system PC yang kalian miliki. Jika kalian memiliki NVidia, maka kalian akan mendapatkan setup yang spesifik dengan NVidia, begitu pula dengan ATI, namun kedua ini sama percis.

Jika spesifikasi kalian dibawah rekomendasi kalian bisa menurukan Internal Resolution yang lebih kecil, seperti 3x native atau 2x native. Atau kalian bisa mencentang FXAA dan Texture Filtering supaya kualitas gambar lebih tajam dan HD. Bila kalian ingin lebih nostalgia dan merujuk ke arah classic kalian tidak perlu mencentang FXAA dan Texture Filtering tersebut.

Akhirnya setelah melewati tutorial yang panjang kalian dapat bermain game PS2 dengan kualitas HD

Itulah informasi mengenai tutorial PCSX2 agar kalian dapat bermain game PS2 di PC dengan kualitas HD. Semoga informasi ini dapat membantu kalian.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Emulator atau artikel lainnya dari Cikal. For Further Information and other inquiries, you can contact us via autor@gamebrott.com. 

Exit mobile version