FUP IndiHome – Cara Cek dan Menambah Kuota dengan Mudah Tahun 2023!

Fup Indihome 2023

Kalau kamu berlangganan WiFi atau internet IndiHome, pastinya kamu akan membutuhkan beberapa informasi seputar FUP IndiHome. Sebab, bisa saja hal tersebut ada kaitannya dengan koneksi internet WiFi yang kalian gunakan di rumah.

Hal ini tentunya penting untuk kalian ketahui, karena IndiHome merupakan salah satu dari sekian Internet Service Provide (ISP) yang memberlakukan ambang batas penggunaan internet dalam pakentya.

Namun, tidak sedikit pula orang yang malah menyalahkan ISP tanpa mengetahui bahwa ternyata paketnya sudah mencapa limit bulanan. Bila ada sesuatu yang bersifat urgensi, tentunya hal ini akan sangat menyebalkan.

Nah, lalui artikel kali ini, kami akan menjelaskan apa itu FUP IndiHome, termasuk cara cek dan menambah kuota dengan mudah.

Apa Itu FUP IndiHome?

Kebijakan Fair Usage Policy IndiHome

FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy yang berarti batas penggunaan internet secara normal dalam gunakan layanan internet. Sistem ini diperkenalkan kali pertama pada awal tahun 2016 guna memastikan konsumen tidak gunakan internet secara berlebihan.

Batasan yang diberikan oleh IndiHome pun berbeda-beda, tergantung paket yang kamu pilih. Nantinya, saat telah mencapai batas penggunaan, kecepatan internetmu akan kembali disesuaikan sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Tabel FUP

Tidak hanya itu, batas FUP yang diberlakukan oleh IndiHome pun ada dua, dan berlaku untuk semua paket yang ditawarkan, kecuali paket internet dengan kecepatan di atas 100 Mbps yang hanya memiliki satu limit saja.

Jadi, kalau kalian gunakan paket internet dengan kecepatan sampai dengan 100Mbps, kecepatan internet kalian akan turun dua kali setelah mencapai batas penggunaan.

Cara Cek FUP IndiHome

Mengecek Fair Usage Policy di IndiHome ternyata mudah

Setelah mengetahui batasan FUP IndiHome terbaru 2023, kamu juga wajib mengetahui cara cek FUP paket IndiHome supaya kalian bisa mengatur penggunaan internet dengan baik.

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek batas paket internet yang bisa kamu gunakan. Berikut adalah informasi selengkapnya.

Cara Mengecek Kuota FUP IndiHome via MyIndiHome

Bisa mengecek jumlah pemakaian melalui aplikasi MyIndiHome

Untuk mengecek kuota internet IndiHome yang kalian gunakan, kalian bisa gunakan aplikasi MyIndiHome yang tentunya akan memudahkan kalian dalam memantau penggunaan internet.

Untuk mengeceknya pun tergolong mudah, dan tidak ribet. Berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa kalian lakukan:

Kamu bisa membandingkan penggunaanmu saat ini dengan batas penggunaan normal pada paket yang kamu gunakan untuk mengetahui apakah kamu sudah mencapai limit atau belum.

Cara Mengecek FUP Paket IndiHome via Browser

Mengecek total pemakaian internet via browser

Tidak hanya mengecek dari aplikasi, kita juga bisa memantau penggunaan internet bulanan kita melalui website resminya yang dapat diakses lalui browser komputer maupun laptop.

Cara ini tentunya akan cocok untukmu yang tidak mau repot memasang aplikasi tambahan pada smartphone yang kamu gunakan.

Cara Menambah FUP IndiHome

Fitur Speed Refreshment yang hanya bisa diakses di MyIndiHome

Pekerjaan menumpuk dan internetmu melambat? Mungkin itu tanda-tanda internetmu sudah mencapai batas penggunaannya. Supaya aktivitasmu tidak terganggu, kamu bisa menambah, atau melakukan reset FUP paket IndiHome yang kamu gunakan supaya kecepatan internet kembali maksimal.

Perlu dicatat bahwa kalian tidak akan bisa mengakses dan mengetahui berapa harga reset kecepatan ini kalau kalian belum menyentuh 90% dari total pemakaian internet bulanan, dan pastinya harganya bervariasi tergantung kecepatan yang kalian gunakan.

Untuk harga paketnya sendiri akan berbeda-beda, tergantung kebutuhan dan kecepatan yang kamu inginkan. Jadi, biaya yang timbul saat reset atau menambah FUP ini akan sangat bervariasi.

Pertanyaan Umum Seputar FUP IndiHome

Banyak pertanyaan umum seputar sistem FUP pada IndiHome

Kalau kamu masih belum paham dan memiliki beberapa pertanyaan mengenai FUP IndiHome, kami sarankanmu untuk baca beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan di bawah ini.

Apakah Paket Internet IndiHome Memiliki Limit?

Sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya di atas, semua paket internet IndiHome semuanya memang unlimited alias tidak menerapkan batas kuota. Namun, kecepatan internet kalian akan disesuaikan saat menyentuh Fair Usage Policy sesuai paket yang kalian pilih.

Bagaimana Cara Cek FUP IndiHome?

Kamu bisa mengeceknya langsung melalui aplikasi MyIndiHome atau melalui website IndiHome. Untuk caranya sendiri sudah kami jabarkan di atas.

Kapan FUP IndiHome akan Kembali Normal?

FUP IndiHome akan direset ulang pada tanggal 1 setiap bulannya pada pukul 00:00, dan termasuk dalam tagihan internetmu bulan depannya.

Bagaimana Cara Reset FUP Paket Internet IndiHome?

Untuk mendapatkan kecepatan internetmu kembali, kamu bisa lakukan Speed Refreshment yang hanya bisa kamu akses di aplikasi MyIndiHome.

Apakah YouTube dan TIkTok Termasuk dalam FUP IndiHome?

Untuk Fair Usage Policy yang diterapkan oleh IndiHome ini bersifat universal, dan tidak ada pengkhususan hanya terbatas untuk aplikasi tertentu. Jadi, kalau kalian gunakan YouTube dan TikTok, bakal menghabiskan kuota internet kalian, kecuali layanan uSeeTV yang disertakan dalam paket 2P atau 3P.

Akhir Kata

Bermacam paket IndiHome

Itu dia penjelasan mengenai FUP IndiHome 2023 mulai dari pengertian, batas pemakaian, hingga batas FUP yang diterapkan oleh salah satu provider internet di Indonesia.

Semoga informasi yang kami berikan ini bisa berguna untuk kalian, karena cara-cara di atas tentunya dapat dengan mudah kalian lakukan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version