Begini Cara Cek RAM Laptop untuk Kenali Spesifikasi Ketika Mau Upgrade

Cara Cek Ram Laptop

Cara cek RAM laptop – Di zaman yang serba mudah ini, banyak yang punya laptop sebagai sarana bekerja dari mana saja. Tidak melulu kita butuh bekerja dari kantor atau rumah misalnya. Hingga ketika hal itu terjadi, punya satu laptop yang bisa dibawa kemana-mana tentu adalah pilihan yang tepat.

Laptop memang bukanlah sebuah perangkat PC yang modular. Dalam artian semua komponen didalamnya sudah tertanam dan tidak dapat di ganti. Kecuali beberapa komponen seperti SSD dan RAM, sisa itu saja yang dapat diganti atau upgrade dengan mudah.

Bagian yang biasa sering di-upgrade oleh pengguna adalah RAM. Hal ini pun karena kebanyakan laptop memiliki dukungan dua slot RAM namun hanya diberikan 1 slot sedangkan satunya lagi kosong. Pengguna bisa menambah sendiri RAM tersebut dengan membeli RAM tambahan yang biasa bisa ditemukan di marketplace.

Tapi, tidak semua RAM apalagi tipe SODIMM itu diciptakan setara. Membeli dan memasang RAM yang tidak sesuai dengan spesifikasi tentu bisa membuat laptop kalian malah jadi muncul masalah baru. Mulai dari laptop terasa lemot hingga masalah seperti bluescreen bisa saja terjadi.

Untuk itulah kita membutuhkan cara cek RAM laptop agar mengetahui spesifikasi RAM yang kita pakai. Jadi ketika membeli RAM tambahan, tidak ada masalah baru yang membuat frustasi. Lalu, cara ceknya bagaimana? Akan kita bahas pada artikel kali ini.

Cara Cek RAM Laptop Sebelum Upgrade

RAM SODIMM untuk laptop

Inilah cara mengecek RAM laptop mulai dari cara melihat RAM laptop hingga cara cek DDR RAM laptop. Tanpa basa-basi mari langsung kita mulai.

Cara Cek Total RAM Lewat Task Manager

Tampilan Task Manager pada Windows

Begini cara cek RAM menggunakan fitur Task Manager yang ada di Windows:

  1. Tekan kombinasi tombol Windows + R bersamaan pada keyboard
  2. Ketika muncul kotak dialog RUN maka ketik taskmgr
  3. Akan muncul Task Manager dan kalian pindah ke tab Performance
  4. Pilih tab yang bertuliskan Memory
  5. Di sana kalian bisa menemukan total RAM beserta speed dari RAM tersebut

Cara Cek RAM Lewat DxDiag

Tampilan DXDiag

Begini cara cek RAM menggunakan DXDiag di Windows:

  1. Tekan kombinasi tombol Windows + R pada keyboard
  2. Pada kotak dialog RUN ketik dxdiag
  3. Tekan yang mana saja pada kotak dialog kecil
  4. DxDiag akan muncul dan pada tab System akan muncul total RAM serta spesifikasi lainnya

Cara Cek Timing RAM Menggunakan HWInfo

Tampilan HWInfo

Begini cara mengecek timing pada RAM di Windows:

  1. Download aplikasi HWInfo terlebih dahulu
  2. Install aplikasi tersebut dan jalankan
  3. Sebelum Start pastikan sensor only tidak tercentang
  4. HWInfo akan terbuka dan kalian bisa menemukan kecepatan RAM dan CL
  5. Perhatikan CL pada clock paling tinggi dan itulah timing RAM kalian

Seberapa Penting Speed dan Timing pada RAM Laptop

Pentingkah memilih speed dan timing RAM yang tepat?

Jika ditanya apakah timing dan speed pada RAM laptop itu penting atau tidak. Tentu saja jawabannya adalah sangat penting. Dengan memilih RAM yang punya spesifikasi sama dengan RAM bawaan dapat menghindari terjadinya masalah yang tidak diinginkan. Biasanya yang sering terjadi adalah Blue Screen of Death atau BSoD.

Jadi memilih RAM untuk laptop tidak pula bisa dilakukan dengan asal. Perlu kalian cek terlebih dahulu apa spesifikasi RAM bawaan yang sudah terpasang di slot pertama. Barulah kalian bisa cari RAM yang cocok di marketplace.

Cara Cek DDR RAM Laptop

Cara cek tipe DDR pada RAM SODIMM

Selain soal speed dan timing yang kita bahas tadi, tipe DDR pada RAM juga berpengaruh. Alasan ini lebih ke kompatibilitas secara slot sebenarnya. Karena tentu RAM yang DDR-nya beda punya bentuk slot yang berbeda pula. Misalnya RAM DDR4 tentu tidak bisa masuk ke slot RAM DDR3.

Cara ceknya sebenarnya gampang dan tanpa perlu bongkar. Jika kalian sudah download aplikasi HWInfo tadi, kalian bisa menemukan tipe RAM apa yang digunakan laptop kalian. Tinggal beli saja tipe yang sesuai dengan spesifikasi laptop baik itu DDR, speed, maupun kapasitas. Terakhir baru pilih kapasitas berapa yang ingin kalian pasang.

Jadi itulah cara mengecek RAM laptop yang mudah dan bisa jadi acuan kalian ketika mau upgrade. Dengan begitu PC kalian jadi lebih lega untuk membuka aplikasi berat atau beberapa aplikasi sekaligus. Apakah informasi ini bermanfaat, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version