Cara Download, Memakai, dan Menggunakan Aplikasi Truecaller

Aplikasi Truecaller

Download Aplikasi Truecaller – Pernah tidak kalian merasa jengkel karena sering di-spam telepon oleh nomor yang tidak kalian kenal? Padahal kalian merasa tidak pernah sembarangan membagikan nomor HP kalian ke orang yang mencurigakan, namun masih sering kena spam panggilan dari antah-berantah.

Kejadian ini sudah banyak menimpa masyarakat Indonesia yang mayoritasnya masih tidak begitu melek teknologi. Alhasil, kasus penipuan dan scam uang pun marak terjadi dimana-mana. Terutama bila kita berbicara soal orang tua yang tidak begitu paham penggunaan smartphone karena hanya tahu cara mengangkat dan mematikan telepon.

Bila kalian tidak waspada, ada kemungkinan pelaku scam di seberang telepon sana akan meminta informasi kode OTP, informasi bank, hingga kata sandi kalian. Untuk itu, tentu kita butuh sejenis pencegahan sejak awal demi meminimalisir dampak kerugian materil yang terjadi.

Lantas pertanyaannya, apakah ada aplikasi HP yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah panggilan masuk dimaksud  berasal dari nomor-nomor aneh yang bersifat scam atau tidak? Ada dan caranya yaitu gunakan aplikasi Truecaller yang tersedia di perangkat Android dan iPhone. Pertanyaan berikutnya, bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut?

Cara Download, Gunakan, dan Pakai Truecaller untuk Hindari Penipuan Telepon

Apa ada cara hindari penipu lewat telepon?

Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara download, memakai, dan menggunakan aplikasi Truecaller agar kalian bisa terhindar dari panggilan scam. Berikut adalah tata caranya:

Cara Download Aplikasi Truecaller di Android dan iPhone

Mengenal Truecaller

Untuk pengguna perangkat Android kalian membutuhkan versi OS Android setidaknya 7.0 dan ke atasnya. Pertama kalian buka Google PlayStore dan cari di pencarian: Truecaller. Setelah itu, tekan install atau pasang.

Sedangkan bagi yang gunakan iPhone membutuhkan iOS 15 ke atasnya untuk gunakan aplikasi ini. Untuk download pertama-tama buka AppStore lalu di pencarian silahkan ketik Truecaller. Tekan Get dan konfirmasi dengan menekan dua kali tombol power serta verifikasi FaceID.

Cara Memakai dan Menggunakan Aplikasi Truecaller

Tampilan Truecaller

Selesai di-unduh, kalian tinggal membuka aplikasi Truecaller untuk melakukan setup pertama kali. Tekan tombol Mulai dan untuk perangkat Android kalian akan diminta untuk menetapkan Truecaller sebagai aplikasi ID penelpon default. Tinggal pilih aplikasinya lalu tekan jadikan default.

Selanjutnya akan ada notif mengizinkan akses log panggilan, kontak, mengelola panggilan telepon, serta mengirim dan melihat SMS. Tinggal kalian izinkan dan selanjutnya kalian perlu login lewat Gmail. Seharusnya proses ini terjadi secara otomatis dan kalian tinggal setuju lalu lanjutkan.

Sedangkan untuk pengguna iPhone kalian tinggal tekan get started lalu akan diminta untuk mengaktifkan izin. Tinggal geser 4 toggle di Call Blocking & Identfication hingga aktif lalu tekan continue di aplikasinya. Kalian akan diminta untuk memasukkan nomor HP kalian dan tekan continue.

Selanjutnya tekan agree & continue pada halaman privacy and ToS. Proses berikutnya juga kurang lebih sama dengan versi Android.

Fitur yang Tersedia di Truecaller

Fitur yang tersedia

Berikut adalah beberapa fitur yang bisa kalian nikmati di aplikasi ini:

1. Identifikasi ID Penelpon

Ia bisa secara otomatis mengetahui siapa yang menelpon, baik itu nama maupun identifikasi apakah penelepon diseberang adalah penipu atau bukan.

2. Blokir Spam Otomatis

Sering dapat SMS spam yang berisikan iklan judol atau bahkan pinjol? Dengan fitur blokir spam, kalian tidak akan lagi diganggu oleh makhluk menyebalkan itu.

3. Filter SMS

Dengan fitur ini, bisa mengelompokkan berbagai tipe SMS dalam beberapa kategori. Dengan begitu ini kotak pesan kalian akan jadi lebih rapi dan mencari riwayat SMS jadi lebih mudah.

4. Pencarian Nomor Tidak Dikenal

Ingin tahu kalau nomor tak dikenal ini penipu atau tidak? Kalian bisa lakukan lewat aplikasi ini. Dan tidak terbatas nomor Indonesia saja, nomor mancanegara juga bisa diidentifikasi loh.

Jadi itulah cara mendownload, memakai, dan menggunakan aplikasi Truecaller yang mengenali panggilan Spam dan penipu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian ya brott. Apa aplikasi yang tidak pernah absen dari HP kalian?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version