Cara Download File di MEGA Tanpa Aplikasi

in
Mega Cover

MEGA merupakan cloud service storage yang dibangun oleh Kim Dotcom setelah website sebelumnya, Megaupload dimatikan FBI Amerika Serikat karena kasus kriminal yang sudah lama kita kenal yakni pembajakan. MEGA menjadi data backup service setahun setelah Megaupload mati pada tahun 2013, tepat satu tahun sejak Google Drive diluncurkan.

Berbeda dengan Megaupload yang memiliki sistem premium dan terapkan kecepatan download lambat apabila tak menggunakan servis tersebut, MEGA berikan kecepatan fullspeed untuk guest dan user gratis yang telah teregistrasi dengan kuota download harian.

Sistem file-sharingnya yang simple, membuat siapapun bisa menggunakannya. Hal ini karena pemilik file dan calon pendownload atau pengunduh bisa melakukannya dalam satu kali klik, tanpa batas kuota download. Tentunya selama batas transfer harian terpenuhi.

Guest tanpa registrasi akan mampu download file di MEGA sekitar 400MB-1GB per hari, sementara user gratis yang teregistrasi dapat mendownload filenya sekitar 1-5GB per 6 jam atau harian. Pengguna bisa menggunakan aplikasi atau langsung dari websitenya.

Lalu, bagaimana cara mendownload file di MEGA tanpa aplikasi? Berikut langkahnya.

PC

Mendownload file MEGA di PC tanpa aplikasi cukup mudah, karena kamu hanya perlu menggunakan browser apapun untuk melakukannya. Entah itu Chrome, Brave, Firefox, bahkan Opera-pun bisa. Berikut langkah download file MEGA di PC tanpa aplikasi.

  • Pergi ke laman download MEGA yang telah dibagikan oleh orang lain atau temanmu.
  • Kemudian klik tombol download untuk menyimpan filemu.

Pc

  • MEGA akan mendownloadnya via cloud yang kemudian akan dilanjutkan ke browser dengan penyimpanan default.
  • Selesai

Android

Sama halnya dengan PC, mendownload file MEGA via Android juga hanya akan membutuhkan browser bawaan atau chrome di smartphonemu. Kamu bisa menggunakan aplikasi, namun bagi kamu yang ngga mau ribet, kamu bisa melakukannya via browser saja. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pergi ke laman download MEGA melalui link yang telah kamu temukan atau dibagikan teman dan orang lain via browser.
  • Kemudian klik tombol download untuk menyimpan file yang kamu inginkan.

Megaandroid1

  • MEGA akan mendownloadnya via aplikasi cloud yang sudah ada di websitenya dan akan melanjutkannya ke browsermu dengan penyimpanan default. Kamu hanya perlu menunggu hingga proses downloadnya selesai.

Megaandroid2

  • Selesai.

Itulah cara mendownload file di MEGA tanpa aplikasi. Perlu diingat saat kamu melakukannya bahwa kamu tak perlu menggunakan download accelerator seperti Internet Download Manager atau IDM sama sekali karena kecepatannya tergantung kecepatan internetmu. Ya, sama sekali berbeda dengan Megaupload yang pernah dibuat oleh Kim Dotcom di masa lampau.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu orang yang lebih suka mendownload file via browser atau justru lebih suka apabila melakukannya via aplikasi? Seperti biasa, cantumkan pendapat dan pengalamanmu melalui kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.