Cara Download UCBrowser PC dan Menginstallnya

in ,

Seiring berkembangnya zaman, internet seolah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. Saking pentingnya, bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa seolah manusia tak bisa hidup tanpa keberadaan internet. Dan browser, menjadi satu-satunya alat yang bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya tersebut.

Banyak sekali perusahaan yang mulai menelurkan browsernya masing-masing. Mulai dari browser tertua Internet Explorer yang kini telah berubah menjadi Microsoft Edge, hingga browser populer sejenis Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera.

Masing-masing browser miliki keunggulan dan kekurangannya. Namun yang jelas hal tersebut tidak setara dengan UCBrowser. Browser buatan UCWeb, salah satu perusahaan milik Alibaba Group. Selain dukungan kode HTML5 yang saat ini juga digunakan oleh para browser populer. UCBrowser merupakan salah satu browser yang miliki fitur download manager yang mendukung resume dan pause.

Tak hanya itu saja, UCBrowser juga mendukung untuk download video seperti di YouTube, Dailymotion, dan sebagainya.  Ia juga miliki adblock otomatis, pop-out video, hingga boosting cloud service yang kamu jalankan.

Lalu, bagaimana cara download UCBrowser PC dan menginstallnya? Kamu bisa mengikuti cara kami di bawah.

Pergi ke Website Resmi UCBrowser dan Pilih Platform

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah pergi ke website resmi UCBrowser. Setelah website muncul, pilih platform mana yang ingin kamu download. Karena tutorial ini hanya untuk PC, maka kamu wajib download versi PCnya.

Hingga tulisan ini turun, versi PC dari UCBrowser hanya diupdate hingga tahun 2018 silam. Jadi, wajar apabila kamu mendapatkan beberapa error. Misalnya saja ESET NOD Antivirus saya mendeteksi laman downloadnya sebagai sesuatu yang berbahaya. Padahal pada kenyataannya tidak demikian. Jika kamu mengalami masalah yang sama seperti saya, kamu hanya perlu mematikan antivirusmu sejenak.

Download Filenya

Setelah kamu menentukan platformnya yakni PC, maka kamu wajib mendownload filenya. Kamu bisa pilih tombol download atau mirror linknya di filehippo. Namun saya menyarankanmu untuk klik tombol download saja karena ukuran filenya tidak begitu besar.

Install UCBrowser PC

Setelah filenya kamu download, langkah selanjutnya adalah menginstallnya. Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal klik dua kali file yang telah kamu download tadi. Jika telah muncul gambar seperti di atas, maka kamu bisa memilih beberapa opsi, mulai dari lokasi install, hingga tidak mencentang “as default browser” jika kamu masih ingin menggunakan browser lain.

Tapi ingat, karena hal tersebut hanyalah opsi, kamu bebas melakukannya atau tidak. Karena langkah selanjutnya kamu hanya perlu langsung menekan tombol “Download and Install”.

Setelah kamu menekan tombolnya, maka akan muncul seperti gambar di atas. Biarkan beberapa lama karena installernya akan mendownload file dan otomatis menginstallnya ke PCmu.

Selesai

Setelah proses tersebut selesai, maka penginstallan UCBrowser PC juga telah rampung dikerjakan. Kamu hanya perlu masukkan laman website favoritmu, entah YouTube, Google, atau Gamebrott.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at author@gamebrott.com