Apple Tegaskan Cara Keringkan iPhone Kemasukan Air dengan Beras Tidaklah Tepat

Cara Keringkan Iphone Kemasukan Air

Walau banyak yang sering alami HP kemasukan air, penulis sendiri belum pernah sekalipun mengalaminya. Memang, tidak semua orang seberuntung penulis dalam hal ini. Banyak juga yang sampai harus merelakan HP yang sudah dibeli dengan mahal ini rusak karena kemasukan cairan.

Kalau kejadian naas ini menimpa smartphone kesayangan, biasanya banyak yang berusaha mengeringkan dengan menimbunnya dalam beras selama beberapa hari. Hal ini ternyata tidaklah cara yang tepat. Setidaknya menurut Apple.

Apple Bagikan Cara Keringkan iPhone Kemasukan Air

iPhone basah

Apple merilis halaman support yang berisikan cara untuk tanggulangi ketika iPhone kemasukan air. Biasanya iPhone memberikan notifikasi ketika terdeteksinya cairan di konektor. Apple sendiri memberikan beberapa saran jika hal tersebut terjadi.

Salah satunya adalah jangan mencoba mencolok iPhone ke konektor listrik untuk lakukan pengecasan. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan fatal pada perangkat tersebut. Disarankan untuk membiarkan sampai beberapa jam agar konektor kering.

Trik Gunakan Beras Ternyata Tidak Dianjurkan Apple

Cara ini tidak dianjurkan Apple

Lalu, bagaimana kalau menimbun iPhone ke dalam beras seperti yang ramai dilakukan orang-orang? Apple sendiri sangat melarang cara tersebut dalam halaman support mereka. Menurut Apple, ada kemungkinan partikel kecil yang akan merusak iPhone.

Selain jangan gunakan beras, berbagai hal yang dilarang Apple seperti mengeringkan iPhone dengan sumber panas tambahan ataupun kompresor udara juga tidak dianjurkan. Jangan juga memasukkan obyek asing seperti cottonbud atau tisu kertas ke dalam konektor.

Apple menyarankan langkah-langkah seperti mengguncang-guncang iPhone dengan konektor menghadap ke bawah untuk mengeluarkan air. Tunggu sekitar 30 menit dan coba hubungkan ke charger. Jika ada peringatan tidak bisa nge-charge biarkan perangkat kering sekitar seharian penuh.

Kalau semua ini sudah dilakukan dan masih tidak nge-charge. Apple sarankan cabut kabel dari iPhone dan dari soket listrik lalu colok kembali.

Bagaimana menurut kalian brott? Apakah trik gunakan beras ini benar ngaruh apa memang cuma mitos saja?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version