Cara Main Game Dapat Uang yang Populer Dilakukan oleh Gamer dan Bisa Dicoba

Main Game Dapat Uang

Cara Main Game Dapat Uang Populer – Bermain game selain fun dan menyenangkan, ternyata bisa membuat kalian mendapatkan pundi-pundi uang sembari menikmati game-nya. Walau bukan sebagai pekerjaan, bermain game adalah salah satu aktivitas hobi yang bila dikerjakan dengan tepat bisa menambah penghasilan.

Ada banyak cara seorang gamer bisa mendapatkan uang dari bermain game. Meskipun sebenarnya tergantung jenis game yang kalian mainkan, besaran uang yang didapat juga sangat bergantung pada berbagai faktor seperti kondisi pasar game, serta metode seperti apa.

Apalagi baru-baru ini mulai naik daun istilah NFT yang kelihatannya bisa digunakan sebagai sarana mendapatkan cuan. NFT pun disandingkan dengan game dan player bisa melakukan trading NFT dengan uang asli. Tidak hanya itu, sebenarnya ada banyak cara lain mendapatkan uang dari game yang unik untuk dibahas.

Cara Main Game Dapat Uang yang Populer

Hobi bisa jadi penghasil uang

Berikut ada berbagai cara mendapatkan uang dari main game yang biasa dilakoni oleh gamer. Cara-cara ini mungkin dapat kalian terapkan dan mencari game yang cocok. Tanpa basa-basi mari kita mulai saja pembahasannya, brott.

Menjadi Game Tester

Game tester juga bisa opsi

Salah satu cara main game dapat uang yang cukup unik dan mungkin tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang adalah dengan menjadi game tester. Memang terkadang posisi ini membutuhkan keahlian khusus seperti basic pemrograman. Namun cara kerja seperti ini cukup unik karena kelihatannya kita hanya bermain game dan mencari bagian yang masih penuh error atau bug.

Meskipun bagi sebagian orang, posisi ini terdengar kurang menarik, kalian tetap bisa menikmati game terbaru yang bahkan belum rilis terlebih dahulu dibanding pemain lain. Namun pastinya kalian tidak boleh membocorkan game tersebut ke publik ya.

Menjadi GM atau Game Master

Menjadi GM dalam game

Jika kalian masih aktif di era publisher Gemscool dan kawan-kawan masih berjaya tentu pernah menemukan interaksi antara player dan GM atau sebutannya Game Master dalam sebuah game. Kebanyakan game yang dimaksud adalah game MMORPG dan FPS seperti Point Blank dimana terkadang GM ikut bermain bersama dengan player.

Menjadi GM juga adalah salah satu cara kalian mendapatkan uang dari game. Hanya saja posisi ini biasanya bisa didapatkan dengan melamar ke publisher game dimaksud. Otomatis posisi ini hanya diisi oleh beberapa orang saja dan otomatis rebutan. Cuma tidak dapat dipungkiri menjadi GM adalah satu cara yang cukup asyik untuk mendapatkan uang dari game sembari menikmati permainan.

Mengikuti Turnamen E-Sport

Ikut turnamen E-Sport

Cara ini memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang dan hanya segelintir saja yang benar-benar punya skill dalam game yang ia tekuni saja. Mengikuti turnamen game saja sebenarnya tidak cukup karena untuk mendapatkan uang dari sana, setidaknya harus mengantongi juara 3 agar mendapatkan hadiah berupa uang.

Syarat seperti ini tentu tidak mudah dan bagi yang skill bermain game pas-pasan (seperti penulis), impian memenangkan turnamen dan mendapatkan uang tentu hanya sebatas mimpi semata.

 Menjual Akun Game

Menjual akun game MMORPG

Salah satu cara main game dapat uang yang paling lumrah dikerjakan oleh pemain di Indonesia mungkin adalah yang satu ini. Yaitu menjual akun game online baik itu yang masih level kecil maupun akun yang isinya sudah sekelas dewa.

Belakangan ini tipe game bertemakan gacha mulai menjamur. Biasanya gamer juga mencari akun starter yang punya karakter kuat. Biasanya metode ini mengharuskan kita melakukan “reroll” demi mencari akun yang punya karakter SSR kuat. Akun yang punya karakter SSR inilah yang kelak bisa dijual dan menghasilkan cuan.

Namun cara ini kurang disarankan mengingat kebanyakan publisher game tidak mengizinkan akun game-nya berpindah tangan baik itu melalui transaksi jual beli maupun sekadar pemberian atau gift.

Menjual Item In-game

Jual item bisa jadi cuan juga

Selain menjual akun langsung, kalian juga bisa menjual item in-game seperti gold atau berbagai item yang memang bisa di-trade. Biasanya taktik menjual item in-game ini bisa ditemukan pada game MMORPG.

Jasa Joki/GB

Jasa joki selalu bisa hasilkan cuan

Salah satu cara yang masih lazim dilakukan gamer adalah menjual jasa joki atau gb. Joki yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai dari joki level, item, hingga rank bagi game MOBA competitive.

Cara ini lebih dapat diandalkan untuk jangka panjang dikarenakan selama game tersebut masih ramai pemain, jasa joki akan selalu diperlukan untuk mereka yang malas memainkan game atau tidak punya waktu luang banyak.

Memainkan Game NFT

Game NFT datangkan cuan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, game dapat uang asli salah satunya adalah game NFT atau Non-Fungible Token. Game yang bisa dapat uang ini memang sedang marak dibicarakan oleh khalayak awam. Game jenis ini memang disebut sebagai game yang dapat menghasilkan uang.

Kebanyakan caranya ialah dengan memenangkan sesuatu di game, kalian akan mendapatkan sejenis token yang kelak bisa kalian ganti ke uang asli. Apalagi jika game tersebut menggunakan currency yang ada di pasar kripto, kalian bisa belajar trading kripto hanya dengan cara dimainkan. Jadi game berjenis NFT bisa dikatakan sebagai game penghasil uang yang cukup konsisten.

Menjadi Streamer atau Konten Kreator

Streamer dan konten kreator sedang naik daun

Di zaman yang serba digital ini, pekerjaan tidak melulu harus berada kantor, banyak juga pekerjaan yang bisa dikerjakan melalui daring. Contohnya adalah menjadi streamer atau konten kreator. Khususnya konten gaming mulai mendapatkan atensi yang cukup besar belakangan ini.

Jadi kalian bisa saja mendapatkan uang dari konten yang kalian buat jika konten tersebut memang menarik untuk ditonton dan menghasilkan engagement tinggi. Walau memang realistis saja, jalan menuju sana bukanlah sesuatu yang instan. Namun tetap saja tidak menutup kemungkinan konten yang kalian ciptakan itu tidak menghasilkan uang. Semua tentu butuh proses.

 Menjadi Game Reviewer

Kritikus dan reviewer game juga mendatangkan uang

Masih berhubungan dengan poin diatas, menjadi game reviewer juga bisa jadi opsi tersendiri bagi kalian yang memang ingin mendapatkan uang dari game. Bukan berupa aktivitas gamenya melainkan mereview game.

Hanya saja cara ini agak sulit untuk dilakukan karena selain harus punya skill bahasa yang cukup, kalian juga dituntut harus mengerti apa saja yang menjadi kelebihan dan kelemahan suatu game yang akan kalian review. Jika reputasi kalian bagus, mungkin bisa direkrut untuk menulis artikel atau bahkan bisa membuat channel YouTube sendiri untuk membahas review game.

Mengikuti Giveaway dari Publisher

Mengikuti giveaway

Cara yang satu ini memang tidak konsisten dan sangat tidak dapat diandalkan. Cuan yang kalian dapatkan juga sangat bergantung pada hoki. Kalian juga harus rebutan posisi pemenang dengan ribuan player lainnya yang punya tujuan sama. Namun apa salahnya beradu nasib, siapa tahu hoki dan kalian bisa mendapatkan uang asli, barang, ataupun item in-game seperti skin, weapon, dan lainnya.

Menjual Voucher atau Top Up Game

Berdagang secara digital

Meski belakangan ini sudah banyak portal yang menjual voucher game atau top up currency, tidak ada salahnya jika kalian masih ingin menjual uang virtual ini. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kalian mendapatkan pasarnya.

Carilah pasar dimana belum ada akses top up game di sana atau setidaknya akses tersebut cukup ribet untuk dilakukan. Berilah opsi yang lebih simpel dan otomatis dagangan kalian akan laku dan mendapatkan uang dari sana. 

Jadi Middleman

Jadi MM

Menjadi middleman mungkin sekilas terdengar tidak ada sangkut pautnya dengan game. Namun sebenarnya menjadi seorang MM itu gampang-gampang sulit. Selain harus punya reputasi yang baik, seorang MM harus setidaknya mengerti dengan game yang ia tengahi. Istilahnya minimal pernah memainkan gamenya.

Seorang MM atau middleman biasa mematok sekian persen fee dari transaksi jual beli dan dari sanalah cuan didapat. Bagian sulitnya adalah soal reputasi tadi. Kalian harus punya posisi yang bisa dipercaya oleh kedua belah pihak, dan biasanya posisi ini sudah diisi oleh admin grup jual beli.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version