Cara Mematikan Windows Update, Biar Gak Boros Kuota

Cara Mematikan Windows Update

Cara Mematikan Windows Update

Kehadiran dari update yang diluncurkan rutin oleh sistem operasi Windows, tak selamanya dirasa membantu. Karenanya, tidaklah heran bila banyak sekali yang cari Cara Mematikan Windows Update, karena biasanya habiskan kuota tanpa disadari.

Tak usah khawatir, karena kami akan coba beberkan Cara Mematikan Windows Update supaya kalian tak diresein oleh komputer kalian sendiri.

Apa Itu Windows Update?

Windows Update biasanya adalah pembaruan yang diluncurkan oleh raksasa Microsoft untuk memperbarui perangkat lunak. Umumnya, update atau pembaruan tersebut tawarkan bermacam hal yang vital, namun tak jarang dari kita yang awam merasa tak membutuhkannya karena dirasa tak relevan.

Gimana Cara Mematikan Windows Update?

Melanjutkan hal di atas, imbas dari Windows Update yang acapkali paksa kita untuk download lalu kemudian install, terkadang cukup meresahkan loh, brott.

Bisa dibayangkan, saat kita istirahat sehabis selesaikan deadline atau tugas, layar komputer malah menunjukkan ‘updating Windows, please don’t turn off,’ yang tentunya menyebalkan bila kita butuh cepat.

Sudahlah kita tak bisa gunakan komputer tersebut karena tengah update, kita malah dirampas kuotanya hanya untuk pembaruan yang kebanyakan nirfaedah. Mulai dari hitungan KB, MB, sampai GB, hanya untuk beberapa fitur yang dirasa tak relevan dan tak dipakai sama sekali.

Nah, di bawah ini ada beberapa Cara Mematikan Windows Update, supaya kalian bisa lebih tenang dan miliki kendali penuh terhadap komputer yang kalian pakai.

1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Mematikan Windows Update terampuh adalah dengan gunakan aplikasi pihak ketiga, brott. Kalian tentunya dapat mencari aplikasi tersebut di mesin pencari kesayangan, bahkan ada yang sediakannya secara percuma alias gratis.

Penulis contohkan gunakan aplikasi ‘x’ untuk mematikan bermacam aplikasi yang berjalan sembunyi-sembunyi hanya dengan sekali klik. Kalian bisa melihatnya di bawah ini:

Melalui aplikasi tersebut, kita dapat atur aplikasi mana saja yang sekiranya dibolehkan untuk mendapat akses internet. Namun, harus dicatat bahwa cara ini sedikit tricky, karena ada beberapa proses yang harus dibatasi koneksinya, di antaranya:

Harus dicatat bahwa untuk dapat membatasi koneksi internet terhadap semua aplikasi tertulis di atas, kalian cukup alokasikan bandwidth sekitar 1B/s. Kalian tak bisa benar-benar mematikannya, namun ini tentunya sudah lebih dari cukup karena apalah arti koneksi sekecil itu?

DL = Download Limit, dan UL = Upload Limit

Nilai lebih dari aplikasi ini adalah pengaturan bandwidth secara absolut layaknya mikrotik, namun spesifik untuk aplikasi tertentu, jadikannya jauh lebih efektif, brott.

2. Manfaatkan Metered Connections

Meski ini bukanlah Cara Mematikan Windows Update secara absolut, namun langkah ini boleh kamu coba karena minim resiko dan benar-benar mudah dicoba oleh siapapun.

Harus dicatat bahwa cara ini akan lebih cocok disebut membatasi data saat berselancar di internet, dan tak tutup kemungkinan Windows Update masih akan usikmu.

Harus dicatat bahwa cara ini tak bisa mematikan Windows secara seutuhnya karena hanya bersifat mendistribusikan dan membatasi bandwidth supaya tak bocor.

Akhir Kata

Meski masih ada beberapa cara lainnya, namun penulis tak terlalu sarankan karena Cara Mematikan Windows Update tersebut ditakutkan terlalu teknis untuk dibahas. Jadi, hanya bermodalkan dua cara di atas, penulis merasa kalian bisa mencoba untuk mematikan update supaya tak terjadi kejadian yang menyebalkan di kemudian hari.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah kalian berminat untuk mencobanya supaya kuota kalian tak tersedot tanpa diketahui? Atau apakah ada cara ‘aman’ lain yang bisa dipakai oleh awam? Kuy, komentar di bawah ini ya biar semuanya pada tau!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version