Cara Membedakan RAM Samsung Ori VS KW yang Harus Kalian Pahami!

Cara Membedakan RAM Samsung Ori VS KW

RAM Samsung Ori VS KW – RAM Samsung Mendengar brand Samsung di dunia komputer, tentunya akan terbayang betapa mantapnya chipset yang ditanam pada modul memori atau RAM tersebut. Selain dicap miliki kualitas dan bisa diandalkan, tentu membuatnya tenar saja di mata awam.

Namun, di antara semua modul memori tersebut, tentu saja ada satu yang sus alias mencurigakan. Di luar faktor kecacatan dari pabrik, ada oknum yang coba ambil cuan dari nama besar brand asal Korea tersebut, khususnya pada RAM.

Bisa dibayangkan RAM dengan chipset abal-abal disulap jadi chipset raksasa Korea tersebut untuk dijual kembali secara murah, merusak harga pasar. Meski belum tentu KW, tetap saja memori palsu memiliki masalah.

Cara Membedakan RAM Samsung Ori VS KW, Ternyata Mudah

Ram Samsung Ori Vs KW

Berikut ini cara membedakan RAM Samsung Ori vs KW:

1. Bisa Dilihat dari Fisiknya

Cara untuk membedakan Ram Samsung Ori VS KW sebenarnya cukup mudah dilakukan. Brott semua bisa coba lihat fisik dari memori tersebut, di mana PCB seharusnya berwarna hijau tua, dan bukan hijau muda atau bahkan hitam.

Contoh RAM asli

Hal ini tentunya masuk akal dan bisa kalian jadikan patokan untuk menentukan keaslian dari sebuah memori secara sekilas. Walau sebenarnya tidak ada salahnya untuk ceknya terlebih dahulu, tetapi fisik dari memori tersebut seharusnya sudah menunjukkan keaslian dari memori tersebut.

2. Label Informasi yang Lebih Presisi

Cara Membedakan RAM Samsung Ori lainnya yang dapat kalian lihat ialah melihat label informasi pada modul memori tersebut, di mana cetakannya akan jauh lebih presisi ketimbang RAM KW.

Contoh RAM yang konon katanya dikatakan KW alias palsu

Termasuk di antaranya serial number dari memori tersebut yang tentunya berisikan nomer atau informasi dari produk tersebut yang bisa dicek secara mandiri oleh pembeli di situs resminya Samsung. Tentunya hal ‘remeh’ ini menambah kredibilitas dari memori ori tersebut ‘kan, brott?

3. Bentuk dari PCB Lebih Rapi

Cetakan dari PCB RAM Samsung Ori tentunya akan jauh lebih rapi dikarenakan proses produksi yang terjaga. Bisa dikatakan cetakan dari RAM asli akan lebih rapi dari RAM palsu yang tak jarang asal dibuat demi bisa terjual cepat.

Memang ada yang beginian yah, brott?

Bila pun cetakannya RAM Samsung KW cukup ‘menjanjikan’, tetapi ada satu pembeda yang tak dimiliki memori palsu tersebut, yaitu terdapat ukiran ‘Samsung’ berwarna emas pada PCB RAM Samsung Ori.

4. Cek Buatan Mana

Kita semua seharusnya tahu negara mana yang memproduksi komponen komputer secara masif, termasuk di antaranya China dan Korea. Untuk RAM asli dari Samsung, mayoritas diproduksi oleh pabrikan China, dan bukannya Korea.

Satu buiatan China, satu buatan Korea

Hal ini dikarenakan letak geografis dari Indonesia yang tentunya lebih dekat dari China ketimbang Korea, ditambah biaya produksi di China yang tentunya jauh lebih murah dari Korea, bukan?

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Masalah Ketika Memakai RAM KW, Ada Banyak!

Selaku individu yang mencurahkan waktu dan pikirannya di dunia komputer, penulis pun pernah mencoba RAM Ori dan KW. Di antaranya merk ‘sebelah’, dalam besaran memori 2x4GB dan 2x8GB, dan keduanya alami masalah dan untungnya bisa diretur.

Di mana meski sekilas tampak dan memiliki manfaat sama, tetapi RAM KW biasanya banyak bermasalah, di antaranya adalah:

1. PC Suka Bluescreen Tiba-tiba

Alasan kenapa penulis harap para pembaca paham cara untuk bedakan RAM Samsung Ori dan RAM Samsung KW di antaranya adalah potensi masalah terjadi di kemudian hari. Di mana bisa saja ketika brott membeli RAM KW, masalah semacam bluescreen bisa saja terjadi.

Insiden bluescreen

Hal ini dikarenakan komponen yang ditanamkan RAM KW biasanya sama sekali tak pikirkan kualitas dan diproduksi secara asal. Tentu saja hal ini menyebalkan bila bluescreen terjadi di saat kita tengah kerjakan sesuatu ‘kan, brott?

2. Potensi Terjadinya Freeze

Hal yang tak kalah menyebalkan ialah adanya potensi freeze sampai waktu yang tak bisa kita tentukan. Di mana hal ini akan membuang waktu dan memaksa kita untuk mematikan PC secara paksa pada sebagian besar kasus.

Dulu, saat penulis main Apex Legends dengan RAM KW, ternyata tidak hanya bluescreen didapat, melainkan sampai freeze sampai waktu yang sama sekali tak bisa kita tentukan.

3. Kompatibilitasnya Gacha Motherboard

Tidak cukup dua masalah di atas, RAM Samsung KW biasanya memiliki kompatibilitas gacha dengan motherboard yang kita gunakan. Tentunya hal ini cukup menyebalkan, karena bisa jadi kita takkan mendapat kapasitas sesuai yang kita beli.

Contohnya di saat penulis tandemkan RAM Samsung KW tersebut pada motherboard MSI B450i Gaming Plus AC, jumlah memori terdetek hanya 8GB dari 16GB yang biasanya penulis tegaskan untuk semua PC milik penulis. Beruntung, seller masih mau menerima komplain dan returan.

4. Garansi Tidak Jelas

Meski tidak bisa dikatakan murah-murah amat, tetapi tetap saja bukan jadi alasan garansi yang sama sekali tidak jelas bisa dijadikan ‘kelebihan’ dari RAM yang tak otentik tersebut. Bahkan meski di-cover garansi oleh seller, tetap saja tak ada yang jamin memori tersebut akan bebas dari masalah di kemudian hari.

Garansi cuma 1 tahun?

Malahan, biasanya RAM diberikan coverage garansi limited lifetime bilamana terjadi kerusakan di kemudian hari oleh distributor resmi di tanah air. Lain halnya RAM Samsung non-ori yang ‘hanya’ terbatas diberi garansi satu tahun oleh seller.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version