Cara Membeli Video Game di Epic Games Store 2020

in

Meski banyak orang membencinya karena praktek bisnis eksklusivitas yang disandang Epic Games untuk PC. Namun, tak sedikit gamer yang membelanjakan uangnya di toko digital Epic Games Store tersebut. Terlebih setelah Ubisoft tanda tangani kontrak mereka untuk hanya merilis gamenya di Ubisoft Store dan Epic Games Store setelah sebelumnya ke Steam.

Harga gamenya memang sudah disesuaikan dengan pasar Indonesia meski masih dalam bentuk USD. Hal ini diperkuat jika kamu menggunakan VPN negara lain, maka kamu akan mengetahui bahwa harganya sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan harganya di Indonesia. Lalu, bagaimana dengan cara pembayarannya? Apakah susah? Tentu saja tidak jika kamu mengikuti cara kami di bawah.

Epic Games Store miliki empat metode pembayaran khusus regional Indonesia. Mulai dari PayPal, Alfamart, DOKU Wallet, hingga yang baru saja ditambahkan yakni Transfer Bank. Namun, sebelum kami lanjutkan ke sesi tutorial, kamu wajib membaca syarat utama dan opsional apa saja yang kamu butuhkan untuk berbelanja di tokonya.

Syarat Utama
  • Punya akun Epic Games Store. Jika belum punya bisa mendaftarkan diri melalui link berikut.
  • Punya rekening bank.
  • Punya uang cash.
Syarat Opsional
  • Punya Kartu Kredit/Debit internasional.
  • Punya akun aplikasi DOKU.
  • Punya Internet Banking.
  • Punya M-Banking.
Metode Pembayaran Region Indonesia 2020
  • Paypal
  • Alfamart
  • DOKU Wallet
  • Transfer Bank

Sudah memiliki syarat di atas? Jika sudah, yuk kita lihat cara pembayarannya secara detil melalui tutorial di bawah!

Cara Membeli Game Via PayPal

Membeli menggunakan Paypal adalah metode teraman untuk kamu yang miliki kartu kredit atau kartu debit internasional. Kartu debit yang kami maksud adalah kartu debit sekelas Jenius atau yang lain. Kamu bisa menghubungkan kartumu ke PayPal terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran via PayPal.

1. Login ke Website atau Aplikasi Lalu Pilih Gamenya

Jika kamu telah memiliki akun, kamu hanya perlu lakukan login ke website resmi Epic Games Store kemudian memilih game yang akan dibeli. Kami mencontohkannya dengan game berjudul Journey. Klik gamenya lalu pilih “Buy”.

2. Pilih Metode Pembayaran PayPal

Jika kamu sudah memilihnya, pastikan kamu klik metode pembayaran Paypal dan klik Place Order. Namun jika ini adalah kali pertamamu menggunakan PayPal, maka kamu bisa tambahkan akunmu dan sambungkan terus dengan Epic Games Store.

3. Bayar Gamenya

Setelah selesai menyambungkannya, kamu tinggal klik continue dan gamemu kini ada di librarymu.

Cara Membeli Game Via Alfamart

Membayar game via mini market bukan sebuah hal baru dalam industri ini. Kamu yang biasa membeli Steam Wallet, Tokopedia, Google Pay, atau mungkin diamond dan tak miliki rekening bank tak jarang langsung diarahkan ke mini market terdekat. Salah satunya adalah Alfamart yang juga dilakukan Epic Games Store dalam kasus ini. Kamu hanya perlu ke kasir dan masukkan nomor tagihan, maka kamu bisa dapatkan barang yang kamu inginkan dengan mudah.

1. Login ke Website atau Aplikasi Lalu Pilih Gamenya

Jika kamu telah memiliki akun, kamu hanya perlu lakukan login ke website resmi Epic Games Store kemudian memilih game yang akan dibeli. Kami mencontohkannya dengan game berjudul Journey. Klik gamenya lalu pilih “Buy”.

2. Pilih Metode Pembayaran Alfamart

Jika kamu sudah memilihnya, pastikan kamu klik metode pembayaran Alfamart dan klik Place Order. Sebuah laman baru akan muncul untuk memastikan harganya yang sudah dikonversi ke kurs Indonesia. Klik “continue” untuk lanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Catat Kodenya dan Pergi ke Mini Market yang Ditunjuk

Catat kode yang telah diberikan dan pergi ke mini market yang ditunjuk, Alfamart, AlfaMIDI, DAN+DAN, Alfa Express, atau LAWSON. Ingat, kodenya adalah kode yang hijau seperti yang kami tunjukkan di atas, bukan nomor invoice. Lalu ikuti instruksi yang diberikan dengan melakukan pembayaran via XSOLLA. Pastikan kamu membawa uang cash yang pas saat pergi membayar.

4. Selesai

Setelah pembayaran rampung, pulang dan cek librarymu.

Cara Membeli Game Via DOKU Wallet

Jika kamu sudah paham dengan aplikasi dompet digital lokal seperti DANA, GoPay, atau OVO. Maka kamu sudah tak perlu bingung-bingung lagi dengan kehadiran DOKU Wallet. Sama seperti tiga aplikasi besar tersebut, fungsinya kurang lebih sama, menampung uang digitalmu untuk membayar kebutuhan sehari-hari. Biasanya aplikasi model seperti ini miliki promo maupun fungsi tersendiri untuk membayar kebutuhanmu. Special case untuk DOKU, dia terintegrasi dengan pembayaran Epic Games Store khusus untuk regional Indonesia.

1. Login ke Website atau Aplikasi Lalu Pilih Gamenya

Jika kamu telah memiliki akun, kamu hanya perlu lakukan login ke website resmi Epic Games Store kemudian memilih game yang akan dibeli. Kami mencontohkannya dengan game berjudul Journey. Klik gamenya lalu pilih “Buy”.

2. Pilih Metode Pembayaran DOKU Wallet

Jika kamu sudah memilihnya, pastikan kamu klik metode pembayaran DOKU Wallet dan klik Place Order. Sebuah laman baru akan muncul untuk memastikan harganya yang sudah dikonversi ke kurs Indonesia. Klik “continue” untuk lanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Transfer Uang ke DOKU Wallet

Sebelum melaju ke langkah berikutnya, kamu harus pastikan miliki DOKU Wallet yang bisa didownload melalui google play store untuk Android dan Apple store untuk pengguna iOS. Pastikan kamu sudah mengisinya dengan cara mentransfer uang ke dompet digital tersebut. Semua caranya bisa kamu baca di aplikasi.

4. Login ke DOKU Wallet dan Masukkan PIN

Kamu yang telah memiliki DOKU Wallet dan mengisinya hanya tinggal lakukan login username dan password. Masukkan PIN yang telah kamu set di DOKU Wallet. Selanjutnya kamu hanya perlu klik Process Payment.

5. Selesai

Setelah pembayaran rampung, cek librarymu.

Cara Membeli Game Via Transfer Bank

Sejak awal tahun 2020, tepatnya pada pertengahan bulan Februari, pembayaran Epic Games untuk regional Indonesia bertambah. Salah satunya adalah dengan pembayaran yang biasa kita lakukan sehari-hari yakni transfer bank. Ya, kamu bisa lakukan transfer bank dan tak perlu repot-repot melalui pihak ketiga untuk membeli game di Epic Games Store. Lebih praktis lagi apabila kamu miliki M-Banking atau Internet Banking sehingga kamu tak perlu repot-repot keluar mencari mesin ATM.

Perlu diingat, Epic Games Store menggunakan Bank Permata untuk lakukan transfer. Jadi, kamu harus siap terkena biaya administrasi antar-bank untuk melakukannya jika kamu tak miliki rekening di Bank Permata. Biasanya berkisar antara 5,000-6,500 rupiah.

1. Login ke Website atau Aplikasi Lalu Pilih Gamenya

Jika kamu telah memiliki akun, kamu hanya perlu lakukan login ke website resmi Epic Games Store kemudian memilih game yang akan dibeli. Kami mencontohkannya dengan game berjudul Journey. Klik gamenya lalu pilih “Buy”.

2. Pilih Metode Pembayaran Transfer Bank

Jika kamu sudah memilihnya, pastikan kamu klik metode pembayaran ATM/Bank Transfer dan klik Place Order. Sebuah laman baru akan muncul untuk memastikan harganya yang sudah dikonversi ke kurs Indonesia. Klik “continue” untuk lanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Transfer Uang via ATM

Langkah selanjutnya adalah mentransfer uang via ATM atau Internet atau mobile banking. Jika kamu memilih ATM, maka kamu harus pergi ke ATM terdekat, pilih metode pembayaran antar-bank dan masukkan nomor bank Permata yakni 013 yang kemudian diikuti dengan kode bayar hijau seperti contoh kami di atas. Klik transfer maka pembayaran akan rampung.

4. Transfer Uang via Internet atau Mobile Banking

Jika kamu menggunakan Internet atau Mobile Banking. Caranya kamu tinggal login ke akun internet banking via website atau aplikasi smartphonemu. Pilih pembayaran / transfer antar bank / bank lain. Masukkan jumlah yang akan dibayarkan lalu masukkan nomor pembayaran di kolom nomor rekening. Konfirmasi transfer dan cek kembali semua datanya untuk mengkonfirmasikan kebenarannya. Jika sudah benar maka klik benar / transfer / continue / lanjutkan / bayar. Perlu diingat, pembayaran tidak bisa dilakukan via KlikBCA.

5. Selesai

Setelah pembayaran rampung, klik “Back to Merchant” dan cek librarymu. Maka gamenya akan muncul di situ.


Itulah cara membeli video game di Epic Games Store tahun 2020. Dengan evolusinya melalui pembayaran transfer ATM, maka kamu yang ingin jajan game tak perlu repot-repot membeli wallet virtual dsb dan tak bisa membayar 1:1 sesuai harga yang disebutkan. Meskipun kamu juga perlu membayar biaya administrasi jika kamu tidak miliki rekening bank permata.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Hailing from East Java, Indonesia. Akbar plays almost all video game genres except horror games, but still trying to play it. A simple man who specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]