Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word untuk Skripsi, Proposal, dan Lainnya

Cara Membuat Daftar Isi

Cara Membuat Daftar Isi – Kehadiran daftar isi adalah hal yang tak bakal bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama bila kamu adalah pelajar. Namun, dalam pembuatannya ternyata ada triknya sendiri supaya hasilnya sesuai harapan.

Tentu saja, pengaplikasiannya pun akan berbeda-beda, tergantung apa yang bakal kamu buat. Mulai dari skripsi, proposal, majalah, sampai dokumen-dokumen lainnya, pasti akan membuatmu bengong di depan Microsoft Word, terlebih bila kamu tengah dikejar deadline.

Walau pada dasarnya dapat dibuat secara manual, namun hasilnya takkan rapi. Jadi, alangkah baiknya bila kita semua ulik bersama Cara Membuat Daftar Isi yang baik dan benar, apapun kebutuhanmu.

Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word

Bila kita telaah bersama, sebenarnya Cara Membuat Daftar Isi Otomatis bisa dibilang cukup mudah. Namun, bila kita tak terlalu terbiasa dengan aplikasi kantoran ini, tentulah kita akan kebingungan dan patah arang karenanya.

Membuat isian seperti ini cukup mudah loh

Mulai dari halaman awal, sampai Cara Membuat Titik Titik Daftar Isi, akan kita kupas tuntas di artikel ini. Pastikan kalian telah berada di depan layar komputer, supaya kalian dapat dengan segera mencobanya.

Bisa ditambah atau dikurangi sesuka hati

Harus dicatat bahwa cara di atas hanya berlaku bila kalian masih sebatas lihat gambaran atau Contoh Daftar isi. Namun, bila kalian kebetulan telah memiliki puluhan, bahkan ratusan halaman penuh teks, ikuti cara di bawah ini:

Cukup mudah, bukan? Nah, kalau kalian kebetulan ingin mengubah halaman, atau yang lain, kalian bisa mencoba antara Update Page Numbers Only, atau Update Entire Table.

Di mana Update Page Numbers Only hanya memperbarui penomoran halaman pada dokumen, dan Update Entire Table harus dipakai secara hati-hati, karena akan memberikanmu akses untuk perbarui seluruh isian, termasuk halaman dan teks judul.

Bermacam Kendala Saat Membuat Sebuah Daftar isi

Sebagaimana yang telah kami bahas sebelumnya, ada saja kendala yang dapat kalian temukan saat membuat sebuah isian. Entah salah nomor halaman, atau peletakan informasi lainnya, semua bisa saja terjadi.

Bisa dengan dan tanpa Update Table, tapi sedikit rumit bila datanya banyak

Nah, alih-alih membuat sibuk diri, kami sarankamu untuk lakukan crosscheck supaya waktu kalian tidak habis untuk koreksi kesalahan minor tersebut. Mulai dari halaman, sampai konteks, harus bisa kita antisipasi.

Pastikan untuk senantiasa Update Table, supaya hal yang kamu kerjakan tidak akan ribet bila dikerjakan.

Contoh Daftar Isi yang Umum Digunakan

Setelah kita ketahui gimana caranya membuatnya, tentunya kalian bakal membutuhkan gambaran, alias referensi supaya kalian tak kebingungan dan inginkan hasil yang sebaik mungkin.

Di bawah ini ada beberapa contoh yang umum digunakan saat kalian berselancar mencari Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word:

Buku

Untuk buku lebih bersifat luwes, tapi tegas

Skripsi

Untuk skripsi lebih bersifat resmi, dan berbeda-beda tergantung universitas

Semua contoh di atas dapat kalian jadikan referensi saat hendak membuat isian yang menarik. Tentunya, kalian dapat kreasikan contoh di atas dan kembali sesuaikannya akan kebutuhan. Hal terpenting lainnya adalah dengan memastikan apa yang hendak kalian tulis, telah dimasukkan ke dalam dokumen.

Bonus: Desain Daftar Isi Harus Memiliki Nilai Estetika

Dalam Membuat Daftar isi, tentunta nilai estetika adalah salah satu poin yang sama sekali tak boleh dilupakan. Ini dikarenakan desain menarik dapat menambah ketertarikan minat pembaca, baik itu melalui media online, atau media offline.

Tampilan menarik untuk hasil maksimalis

Walau hanya dipenuhi titik-titik saja dan tak bisa sebagus bila gunakan aplikasi lainnya, tapi tetap saja kalian bisa coba menambahkan warna-warni, sekadar untuk menarik minat. Namun, hal ini sebaiknya dihindari bila kalian mencobanya pada sesuatu yang bersifat resmi.

Nah, itulah dia Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word yang bisa kalian coba dan terapkan. Kalau ada satu dua pertanyaan, bolehlah kirim di kolom komentar ini yah, brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version