Cara Membuat Thumbnail YouTube yang Menarik

in , ,
Cover

Setiap konten yang dibuat untuk YouTube memperlukan thumbnail atau gambar sampul yang menarik. Hal ini akan memberikan efek clickbait yang menarik para penonton untuk menonton konten yang kamu miliki. Entah pada nantinya kontenmu tak semanis thumbnailmu atau sesuai.

Kebanyakan YouTuber pemula akan membuat thumbnail dengan asal-asalan. Hal ini membuat videonya sulit untuk diterima di pasaran dan jarang mendapatkan klik meskipun karyanya super keren.

Namun melalui tutorial berikut, kamu mungkin bisa mendapatkan gambaran langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat thumbnail yang menarik. Tentunya saya tidak akan menjamin apakah cara ini akan memberimu view tambahan atau tidak karena semua kembali ke langkah pemasaran videomu. Namun setidaknya tutorial ini akan membantu membuat channel YouTube-mu menjadi lebih menarik.

Saya tidak akan menggunakan pendekatan desainer grafis karena akan sangat teoritis dan detail, namun saya akan memberikan tips di setiap langkahnya. Namun sebelum kamu melanjutkan membaca tutorial ini, kamu perlu membaca dua poin penting di bawah.

2 Poin Penting

Sebelum melanjutkan ke proses pembuatan thumbnail, terdapat dua poin penting yang perlu kamu perhatikan. Poin ini akan menjadi dasar dari pembuatan thumbnail.

1. Gunakan Software Pembuat Thumbnail

PhotoshopDari banyaknya software pembuat thumbnail, terdapat dua tools yang bisa kamu gunakan saat membuat thumbnail YouTube. Mereka adalah Photoshop maupun Canva. Hal ini karena kedua software tersebut merupakan aplikasi pembuat thumbnail yang miliki fungsi lengkap. Terlebih dengan adanya fitur layer yang dimilikinya.

Sebelum kamu melanjutkan tutorial ini, alangkah lebih baik jika kamu bisa mengoperasikannya. Setidaknya untuk yang dasar seperti scaling maupun menggunakan layer. Banyak sekali tutorial di luar sana untuk menggunakannya, khususnya Photoshop maupun Canva. Terlebih kedua tools tersebut memberikan kebebasan yang bisa mendorong kreativitasmu.

Saya akan menggunakan Photoshop untuk tutorial ini.

2. Tentukan Hal yang Menarik

MenarikMenarik memang relevan bagi setiap orang, namun tidak semua yang kamu buat dan anggap menarik bisa menjadi hal yang menarik bagi orang lain. Beberapa elemen seperti gambar ekspresif, clickbait, teks, hingga komposisi menjadi sesuatu yang mendukung menarik atau tidaknya thumbnailmu. Lebih menarik lagi jika kamu banyak baca dan miliki wawasan luas tentang referensi kultur pop seperti meme trending atau politik dengan sentuhan parodi.

TUTORIAL

Oke, daripada menunggu lebih lama, mari kita lanjutkan ke tutorialnya. Saya akan mencontohkanmu membuat thumbnail dengan clickbait simple. Kenapa clickbait? Karena bisa mengundang orang untuk klik videomu. Clickbait tidak selalu negatif, hal yang menjadikannya negatif hanyalah misinformasi yang ada di dalamnya.

1.Pilih Background Thumbnail

1 New CompBuat komposisi baru dengan skala 16:9, saya mencontohkannya dengan 1280×720 pixel karena umumnya YouTube akan menggunakan resolusi tersebut untuk thumbnail. Selanjutnya, tentukan background dari thumbnailmu.

2 BgJika kamu telah menentukan backgroundnya, maka kamu perlu memperbesar jika terlalu kecil. Namun jika tidak Tahan tombol SHIFT lalu klik dan seret gambar entah ke kanan atas, kanan bawah, kiri bawah, dan kiri atas jika kamu menggunakan photoshop agar ukuran gambar tidak berubah sama sekali. Kemudian tekan ENTER untuk menyelesaikan perubahan pembesaran gambar tersebut. Atau gunakan saja ALT tanpa SHIFT jika menggunakan Photoshop versi 2020.

Tips/Catatan

Sebenarnya saya bingung untuk menjelaskannya, karena background miliki banyak sekali definisi di thumbnail seperti ini. Namun yang bisa saya pastikan adalah pastikan kamu memilih background kosong atau yang representasikan videomu. Misalnya saja game CSGO, Valorant, atau yang lain.

Sebisa mungkin hindari gunakan background yang penuh sesak karena takkan bisa dilihat dengan jelas dan akan bertumpuk dengan elemen menarik thumbnailmu. Selanjutnya kamu bisa mengolah sesuai imajinasi dan kreativitasmu.

2.Pilih Elemen Mencolok dari Thumbnailmu

Selanjutnya adalah memilih elemen mencolok. Mulai dari tulisan hingga gambar. Kamu bisa kreasikan sesuai imajinasimu, entah memotongnya sendiri atau gampangnya mencari gambar dengan background transparan.

3 GambarSaya mencontohkannya dengan gambar png dengan background transparan yang saya beri efek stroke atau garis penebal dan drop shadow via photoshop. Kamu juga bisa menggunakan gambar atau teks “nakal” sesuai preferensimu.

Sama seperti proses background tadi, usahakan gambar atau teks mencolokmu tersebut diperbesar dengan cara menahan tombol SHIFT pada keyboard dan klik kemudian seret sesuai preferensimu. Sekedar tips, kamu juga bisa menahan ALT yang bisa dikombinasikan dengan tombol SHIFT agar ukuran gambar yang diperbesar fokus dari tengah. Atau gunakan saja ALT tanpa SHIFT jika menggunakan Photoshop versi 2020.

Setelah dibesarkan, posisikan gambarmu ke bagian kiri atau kanan wilayah thumbnail.

Tips/Catatan

Perlu diingat untuk tidak menambahkan banyak elemen dan hanya elemen mencolok saja. Hal ini karena semakin banyak gambar atau tulisan, maka semakin sulit untuk dibaca atau dilihat. Usahakan jangan gunakan font default dan jika perlu gunakan efek stroke maupun drop shadow untuk membuat teksmu semakin terlihat. Perbesar juga jangan terlalu kecil.

Jika videomu tentang vlog atau hal “menarik”, maka hal “menarik” atau foto wajahmu yang ekspresif bisa jadi alternatif. Jika kamu memilih tanpa teks, pastikan judul videomu menarik. Kamu juga bisa melingkari atau memberi panah gambar tertentu untuk menambah kesan menarik tersebut.

Usahakan teks tidak terlalu panjang, singkat sesingkat mungkin jika kamu menggunakan teks. Misalnya saja berita tentang Yakuza ke PC kamu bubuhkan tulisan seperti “Rilis PC?” atau serupa dengan gambar Kiryu di kanan atau kiri.

3.Gunakan Komposisi yang Pas

4 KomposisiSetelah memilih elemennya, yang perlu kamu lakukan adalah menyusunnya. Biarkan background seperti sediakala tanpa perlu diubah sama sekali (ubah seperlunya saja), karena background saya hanya warna, maka saya tidak perlu mengubahnya. Sementara saya akan perbesar gambar yang mencolok dengan teks yang mempercantiknya di bagian kanan.

Tips/Catatan

Seperti yang saya berkali-kali tekankan sebelumnya bahwa setiap thumbnail menarik tidak perlu tambahkan banyak elemen karena bakal sulit dilihat. Kamu hanya perlu pastikan komposisimu pas. Saya menyarankanmu untuk menggunakan sekitar tiga elemen saja: background, gambar, dan teks. Kamu bisa memilihnya salah satu atau semuanya. Misalnya saja menempatkan gambar utama di bagian kanan dan teks di bagian kiri dengan background.

Game SantaiAtau gunakan gambar yang ditumpuk seperti artikel yang sempat saya buat yakni “Game Santai”. Di situ saya menggunakan elemen Rhoma Irama yang telah diedit seperti itu di internet saat saya mencarinya di google. Saya hanya menambahkan tulisan “Santai” dan meletakkannya di bagian kiri namun cukup besar agar tulisan dan gambar Rhoma Iramanya terlihat. Backgroundnya? Saya gunakan game yang juga masuk dalam daftar artikel tersebut yakni Fall Guys: Ultimate Knockout.

Salah satu contoh thumbnail buatan saya sendiri di artikel Hitman.

Beberapa effort lain yang bisa kamu gunakan untuk thumbnailmu adalah menggunakan FaceApp dan memasukkan hasilnya ke PC atau edit wajah karakter seperti gambar Agent 47 di berita maupun artikel saya tentang Hitman atau seperti Thanos yang saya ganti wajahnya dengan wajah Gaben saat membuat thumbnail artikel Steam Summer Sale. Saya tidak akan memberikan detilnya lebih lanjut karena nanti akan jadi tutorial desain grafis.


Itulah tutorial cara membuat thumbnail YouTube yang menarik. Banyak sekali desain dan referensi menarik dari thumbnail yang memanfaatkan elemen mencolok baik gambar maupun teks.

Saya rekomendasikan kamu belajar dari beberapa thumbnail milik Matthew Santoro, Linus Tech Tips, hingga ya… the one and only, Kimi Hime, yep clickbait dia bekerja dengan baik tapi jangan jadikan role modelmu. Ambil beberapa elemen seperti bagaimana ia menggunakan elemen clickbait dengan teks maupun gambar meskipun terkadang tulisannya sangat kecil dan sulit dibaca, namun clickbait gambarnya memang bekerja dengan sangat baik.

Apakah kamu memiliki cara lain untuk membuat thumbnail YouTube seperti contoh saya di atas? Jika ya, kamu bisa mencantumkannya melalui kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]