Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Ketika kita sedang asik berselancar di dunia maya, terkadang kita disuguhi pemberitahuan bahwa situs telah diblokir. Entah itu Internet Positif, atau pemberitahuan lainnya yang menginformasikan bahwa situs yang kita kunjungi tersebut tidak layak untuk dilihat.

Mungkin kita tidak bisa mengunjungi situs untuk membaca manga, atau light novel, karena dianggap menawarkan konten yang dirasa tidak pantas. Hal ini tentunya akan menyebabkan sebagian orang heran, lalu akan mencari cara membuka situs yang diblokir dengan dan tanpa aplikasi.

Memang, menggunakan aplikasi seperti Virtual Private Network (VPN) merupakan cara yang paling mudah, namun ada sebagian orang yang kurang mengerti. Oleh karena itu, kami akan memberikan cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi, yang bisa kalian terapkan di komputer kalian.

Memanfaatkan Fungsi DNS

Selain menggunakan aplikasi dan extension, kita dapat memanfaatkan fungsi yang telah disediakan oleh browser yang kita gunakan. Domain Name System (DNS) ini bertugas untuk menerjemahkan domain menjadi IP Address.

Sayangnya, DNS yang diterapkan oleh kebanyakan Internet Service Provider (ISP) di Indonesia sering menganggap situs tertentu tidak layak untuk dikunjungi. Sehingga, penggunaan Alternative DNS menjadi sebuah pilihan yang paling mudah untuk dilakukan. Cara mengganti DNS ini pun sangat mudah, karena hanya membutuhkan beberapa klik.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Seperti pada salah satu situs forum diskusi yang cukup populer, Reddit, dianggap sebagai situs yang memiliki muatan negatif. Hal ini kemungkinan dikarenakan Reddit memuat informasi yang dianggap tidak layak untuk diketahui masyarakat Indonesia, sehingga situs forum diskusi ini diblokir.

Sebal, tentunya karena kita mengakses situs Reddit bukan untuk hal aneh semata, namun kebanyakan untuk mencari informasi. Untuk contoh kali ini, kami akan menggunakan browser sejuta umat yang tentu kalian sudah sangat-sangat familiar dengannya, yaitu Google Chrome.

1. Buka Google Chrome.

2. Klik titik tiga di pojok kanan atas, dan klik Settings.

3. Pada Search Settings, isi kolom tersebut dengan DNS, dan hasilnya akan langsung muncul. Selanjutnya, tekan Security.

4. Klik pada bagian Security, lalu scroll ke bawah hingga kamu menemukan Use Secure DNS.

5. Klik Use Secure DNS, lalu pilihlah Cloudflare (1.1.1.1), atau yang mana yang kamu suka sebagai pilihan.

6. Selesai, dan kamu bisa langsung browsing untuk merasakan hasilnya.

Sebenarnya, masih ada cara lainnya seperti menggunakan host file pada Windows. Namun dikarenakan langkah tersebut menurut kami jauh lebih ribet, maka rasanya tidak pantas untuk kami sertakan dalam cara mudah ini.

Dengan cara mudah ini, dijamin kamu dapat langsung mempraktekkannya tanpa kendala. Bila masih belum bisa mengakses situs tersebut, mungkin kalian perlu menggunakan DNS yang berbeda, karena hasilnya akan berbeda pula.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version