Cara Menampilkan Jumlah Dislike Pada Video di Youtube

Youtube Video

Pada bulan November silam, Youtube membuat sebuah keputusan di mana platform-nya tidak akan menampilkan jumlah dislike pada video yang ada. Langkah yang dilakukan oleh pihak Youtube ini pun tuai kontroversi, bahkan PewDiePie pernah angkat bicara mengenai persoalan tersebut.

Tak lupa, kami pernah membahasnya belum lama ini, namun Youtube sepertinya memang bersikeras untuk ‘melindungi’ pelaku industri kreatif. Sayangnya, dikarenakan entah ingin melindungi pihak mana dan apapun itu, yang jelas fitur ini malah terkesan hilangkan transparansi oleh warganet.

Membuat sebuah konten memang bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan ide dan kreativitas agar mampu bersaing dengan kompetitor. Tak heran bila jumlah like dan dislike umumnya dijadikan tolak ukur tentang bagus atau tidaknya sang creator dalam menyampaikan konten.

Membahas ini tentu takkan ada habisnya, dan mungkin akan kami bahas kembali di lain kesempatan bila Youtube tak merubah keputusannya.

Untuk menerobos fitur yang kami rasa tak masuk akal ini, berikut adalah cara menampilkan jumlah dislike pada video di Youtube.

Cara Menampilkan Jumlah Dislike Secara Paksa

Menyiasati keputusan Youtube yang takkan menampilkan jumlah dislike pada sebuah video tentu tidaklah mudah. Namun berkat tekad dan kemauan yang kuat, baru-baru ini kami mendapati sebuah alat bantu untuk tampilkan jumlah dislike secara paksa.

Alat bantu berupa browser extension tersebut adalah ReturnYoutubeDislike, yang telah kami buktikan benar-benar dapat menampilkan jumlah dislike pada suatu video.

Dibuat dan dikembangkan oleh Dmitrii Selivanov alias Anarios, software yang open-source ini dikembangkan secara independen pada situs GitHub.

Untuk kembali ‘menikmati’ jumlah like dan dislike pada sebuah video di platform Youtube, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

1. Buka situs ReturnYoutubeDislike dengan browser yang kamu pakai saat ini

2. Pilih atau tekan Install, saat ini extension ini hanya tersedia untuk browser tertentu

3. Setelah memilih salah satu browser, kamu akan diarahkan ke extension webstore

4. Tekan Install, dan kamu sudah bisa langsung melihat hasilnya

5. Bila belum, kamu bisa melakukan Refresh pada video tersebut

Semua Demi Transparansi

Berdasarkan informasi pada situs ReturnYoutubeDislike, browser extension ini mengekstrak semua informasi berdasarkan Application Programming Interface (API) dari Youtube itu sendiri. Selain itu, dibutuhkan setidaknya waktu lebih dari satu hari untuk memperbaharui database yang berisikan jumlah dislike, dan memperlihatkanya pada kalian.

Alasan dibuatnya browser extension ini tidak lain dan tidak bukan adalah demi transparansi. Bila memang sebuah konten memang tidak berkualitas, bukankah memang pantas bila jumlah dislike pada video tersebut malah bertambah?

Berikut adalah tampilan sebelum kami menambahkan browser extension pada browser.

Dan berikut adalah tampilan setelah kami menambahkan ReturnYoutubeDislike. Jumlah dislike-nya langsung kelihatan, bukan?

Setidaknya, ini merupakan langkah yang bisa kalian coba untuk saat ini sebelum Youtube benar-benar hilangkan dislike pada API-nya pada 13 Desember mendatang.

Gimana, caranya mudah banget, kan?

Bukankah lebih ‘menyenangkan’ bila kita dapat melihat jumlah like dan dislike secara leluasa? Justru hal ini dapat lebih memotivasi para content creator untuk dapat menelurkan ide yang lebih kreatif dan berkualitas.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version