8 Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lambat dan Bermasalah

Cara Mengatasi Wifi Indihome Lambat

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lambat – Semua orang tentu pernah mengalami yang namanya permasalahan jaringan, entah itu di kantor, rumah, maupun institusi pendidikan, tiada yang terlewatkan. Namun, ada salah satu internet service provider yang kebetulan terbukti identik sekali dengan permasalahan, yaitu Indihome. WiFi IndiHome bermasalah adalah makanan sehari-hari.

Sudah capek-capek kita membayar tepat waktu, namun layanan tetap ampas, kerap menjadi ungkapan kekesalan para konsumen ISP lokalan satu ini.

Solusi atau Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lambat

Terlebih dengan adanya gangguan internet, bahkan indikasi sabotase domain name service (DNS) baru-baru ini oleh Indihome. Tidak hanya produktivitas semata, namun aktivitas gaming, streaming, atau content creation menjadi terhambat berkat ISP plat merah ini.

Selain itu, cafe pun menjadi tempat yang kurang menarik bila layanan internet yang ditawarkan lambat dan penuh masalah.

Tak sedikit yang mencari cara untuk mengatasi WiFi IndiHome yang lambat dan bermasalah di internet, namun jawabannya tidak selalu memuaskan. Oleh karena itu, inilah cara mengatasi wifi atau internet dari Indihome yang kelewat lambat dan bermasalah versi kami.

Penyebab IndiHome Lambat

Meski terdengar remeh, semua permasalahan tentu memiliki asal muasal yang mengakibatkan rentetan kejadian tak mengenakkan ini. Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang bisa membuat wifi atau internet kesayangan kita menjadi lambat dan bermasalah.

Mulai dari request time out, sampai benar-benar tidak bisa connect, terus menghantui konsumen ISP kesayangan ini. Tidak peduli seberapa cepat layanan yang kamu gunakan, takkan ada apa-apanya bila sudah mengalami problem, terlebih dari server.

Mengenali sebab wifi atau internet Indihome yang bermasalah memang gampang-gampang susah, terutama untuk orang yang awam dengan permasalahan seperti ini. Di bawah ini merupakan penyebab utama wifi atau internet bermasalah, terlepas dari internet service provider manapun.

1. Ketahui Kecepatan Paket Internetmu

Berdasarkan situs Indihome, mereka menawarkan berbagai macam paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Mulai dari 10Mbps, 20Mbps, 30Mbps, sampai dengan 300Mbps, merupakan kecepatan yang ditawarkan Indihome untuk dapat dinikmati oleh konsumennya.

Satu hal yang patut kalian perhatikan adalah masing-masing kecepatan yang ditawarkan harus berbanding lurus dengan jumlah user yang memakai internet. Meski kita memang membayar iuran bulanan, namun mau tidak mau kamu harus mengetahui informasi penting ini.

Indihome sendiri sudah memampang informasi terkait berapa user yang dapat menikmati layanan internet mereka, tentunya semua sesuai dengan paket internetmu.

Jangan maksa pake 20Mbps untuk rame-rame yah!

Berdasarkan informasi di atas, tentu kamu akan mengetahui batas kecepatan paket internet atau wifi yang kamu gunakan.

2. Permasalahan Jaringan WiFi IndiHome

Internet atau WiFi IndiHome yang bermasalah biasanya merupakan permasalahan jaringan. Entah karena faktor cuaca, atau dari server, perkabelan, sampai rusaknya modem, tentu hal tersebut tak dapat dihindari.

Kalau disconnect yah main game dinosaurus

Mau tidak mau, kamu harus segera melaporkan permasalahan yang kamu alami dengan menghubungi Indihome.

3. Struktur Rumah yang Hadang Sinyal

Permasalahan satu ini nyata terjadi pada penulis bukan tanpa sebab. Struktur rumah yang memiliki banyak sekat atau halangan seperti lemari, dapat menghadang sinyal yang diterima oleh perangkat yang kita gunakan.

Sebisa mungkin untuk meletakkan modem di tempat yang tak terhalang sinyal

Memindahkan modem Indihome ke ruangan yang lebih terbuka dan ditempatkan lebih tinggi dirasa penulis dapat meminimalisir penyebab masalah internet ini.

4. Tersandung FUP

Selama menggunakan layanan Indihome lebih dari 10 tahun belakangan, penulis sama sekali tidak pernah mengetahui adanya fair usage policy (FUP). Seingat penulis, di tahun 2016 memang pernah ada kebijakan terbaru dari ISP plat merah ini yang menyinggung batas pemakaian berinternet. Tentu, hal ini berhasil tuai kontroversi di sana-sini.

Terima kasih WiFi IndiHome

FUP merupakan sebuah ‘fitur’ terbaru dari Indihome dengan memberikan batas kuota maksimal yang bisa dipakai oleh para konsumen. Setelah melewati batas tersebut, wifi atau internetmu akan menjadi lambat, mulai dari 25%, sampai dengan 75%.

Perlu diperhatikan bahwa masing-masing paket menerapkan batas FUP yang berbeda pula. Semakin besar paket internet yang kamu bayar, maka semakin besar pula batas FUP yang ditawarkan Indihome.

5. Masalah IndiHome Terumum, Modem Terlalu Panas

Layaknya komponen elektronik pada umumnya, suhu modem yang terlalu panas miliki andil dalam berikan satu dua masalah di keseharian kita. Bila terlalu panas, WiFi IndiHome akan tersendat-sendat dan akibatkan koneksi yang tidak akan optimal.

Suhunya bisa tembus 60-70c loh, brott!

Selama beroperasi, biasanya suhu dari modem bawaan terlepas itu tipe premium atau tidak, berada di kisaran 50-60c, dan bisa lebih. Ini dikarenakan modem tersebut memproses keluar masuknya trafik dari IndiHome ke kita selaku konsumen.

Berdasarkan observasi penulis, penurunan kecepatan akan terasa masif bila kita hanya andalkan koneksi WiFi dan bukan kabel LAN. Meski belum tersandung FUP, tapi kecepatan IndiHome bisa turun sampai kisaran 50%.

Selain itu, harus dicatat bahwa hanya modem tertentu yang bolehkanmu cek suhu dari modem tersebut, di antaranya Huawei.

6. Dikarenakan Adanya CCTV

Bejibunnya problematika seputar IndiHome terunik yang pernah kami alami ialah dikarenakan adanya CCTV terpasang di rumah konsumen.

Kejadian unik di lapangan, semuanya salah CCTV?

Eits, kami tak bermaksud untuk jatuhkan ISP andalan masyarakat tanah air ini. Kami berani tuliskannya karena salah seorang teknisi IndiHome di daerah kami kedapatan katakan akar masalahnya terletak pada CCTV.

Tidak masuk akal? Ya, kami pun merasa demikian, brott. Namun, itulah kenyataan terjadi di kantor kami bekerja.

7. Tidak Gunakan Modem Premium

Seolah belum cukup penyebab WiFi IndiHome bermasalah di atas, penyebab lainnya tidak lain dan tidak bukan adalah kamu tidak gunakan modem premium.

Modem premium lebih baik dari modem konvensional

Iya, modem yang berukuran besar dan biasanya memiliki beberapa antena untuk cover internet satu rumah atau kantor itu loh, brott. Modem ini diklaim oleh teknisi di daerah kami mampu berikan koneksi internet yang lebih baik dan stabil ketimbang modem non-premium.

Namun, untuk dapatkan modem premium ini tidaklah mudah, karena hanya konsumen yang miliki speed di atas 30Mbps yang berhak gunakannya. Padahal, Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lambat harusnya diantisipasi dari distribusi modem yang lebih baik dan merata.

Solusi WiFi IndiHome Lambat

Setelah memahami setidaknya satu-dua hal di atas, tentu kita sudah mendapat gambaran besar tentang permasalahan IndiHome yang memang tiada habisnya.

Berikutnya adalah beberapa cara mengatasi WiFi IndiHome yang lambat dan bermasalah, versi kami sendiri.

1. Restart Modem WiFi IndiHome

Lawan bicaranya bot mulu

“Sudahkah kalian melakukan restart pada modem kalian hari ini,” merupakan kalimat yang tak bosan-bosannya dilontarkan oleh bot dari ISP plat merah ini.

Penulis akui bahwa ini merupakan solusi paling klise, namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara tersebut.

Melakukan restart pada modem biasanya langsung berikan hasil nyata, di mana setelahnya internet atau wifi dapat kembali dinikmati. Dengan melakukan cara ini, setidaknya memberikan waktu untuk modem yang kamu restart akan menyegarkan dirinya sendiri untuk dapat kembali berfungsi.

2. Batasi Kecepatan Internet Per User

Aaaaaaaaaaaaaah lambat banget

Cara lain yang efektif untuk mengatasi wifi atau internet Indihome yang lambat dan bermasalah adalah dengan membatasi kecepatan internet user. Hal ini bukan tanpa sebab, karena semakin banyak user yang mengakses suatu jaringan, maka dipastikan akan berdampak ke performa modem.

Untuk melakukan hal ini, kalian bisa mencoba hubungi Indihome dan meminta mereka bantu batasi kecepatan internet per user. Tidak ada salahnya mencoba, karena dengan cara ini, wifi dan internet pasti akan memberikan porsi kecepatan yang sama.

Umumnya, Indihome dapat membantumu atasi gangguan internet ini dengan menambahkan router.

3. Penempatan Modem WiFi IndiHome yang Ideal

Jangan halangi sinyal WiFi IndiHome milikmu ya brott!

Sebelumnya, kita sudah menyinggung bagaimana struktur rumah mampu menghadang distribusi sinyal ke perangkat yang kita pakai.

Menempatkan modem di ruang tengah rumah kita pada posisi cukup tinggi, tentu akan dapat mendistribusikan sinyal dengan baik. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa hubungi pihak Indihome untuk memindahkan modem ke tempat yang lebih layak.

4. Coba Gunakan WiFi Extender

Kamu sudah bersusah payah memindahkan modem, namun masih mendapati permasalahan wifi atau internet yang lambat dan bermasalah? Bila jawabannya adalah ‘ya’, maka sepertinya kamu harus mempertimbangkan penggunaan perangkat wifi extender atau penguat sinyal.

Pake alat bantu ini bisa membantu loh, brott!

Ada banyak sekali wifi extender yang tersedia di marketplace kesayangan untuk bantu perkuat distribusi sinyal wifi atau internetmu.

Selain itu, dengan adanya penguat sinyal ini, kamu dapat menikmati internet dengan jangkauan yang lebih luas dan fleksibel sesuai kebutuhan.

5. Sesuaikan Paket dengan Kebutuhan

Menyesuaikan paket dengan kebutuhan sudah barang tentu harus benar-benar kamu pertimbangkan sebelum kamu berlangganan wifi atau internet Indihome. Apabila kamu melewati beberapa penyebab permasalahan internet yang kita singgung di atas, kamu harus membacanya kembali.

Terkadang WiFi IndiHome yang lemot disebabkan paket tak sesuai peruntukan

Tidak akan mungkin bila paket 10Mbps dari Indihome dapat dipakai secara nyaman oleh 10 atau lebih user, bukan? Oleh karena itu, kamu harus sesuaikan paket internet dengan kebutuhan agar tidak lambat dan bermasalah.

6. Jangan Asal Berikan Password WiFi IndiHome

Tidak boleh ada kata ‘teman’ ketika kita menggunakan sebuah jaringan wifi atau internet milik kita sendiri. Terlebih bila kecepatan yang kita miliki termasuk ‘kecil’.

Ntar marah-marah pas kita main game tapi ngelek-ngelek

Bukan bermaksud untuk mengajarkan yang tidak baik, namun hal ini nyata terjadi di lapangan. Tak jarang yang bahkan memanfaatkan ‘kebaikan’ dari empunya wifi atau internet Indihome yang mengeluhkan betapa lambatnya internet ketika dipakai.

Jangan heran bila Indihome kalian yang telah miliki 100Mbps sekalipun akan terasa sangat lambat berkat kesalahan kalian sendiri. Teman penulis pernah membagikan password wifi-nya kepada tetangga untuk kemudian dibagikan ke tetangga lain.

7. Matikan Fitur Auto-Update

Perangkat yang kita gunakan seperti komputer, laptop, maupun smartphone, nyatanya memang dibekali dengan fitur auto-update.

Jangan salahkan WiFi IndiHome kalau ternyata banyak yang sedang download

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa fitur ini membantu menambah lapisan keamanan perangkat yang kita gunakan. Sayangnya, di sisi lain fitur ini bagaikan pedang bermata dua karena terbutki bisa menyedot kecepatan internet kita.

Untuk benar-benar mematikan fitur auto-update, dibutuhkan pengetahuan lebih, karena biasanya tiap perangkat membutuhkan cara yang berbeda-beda.

Sekilas, fitur ini memang terlihat remeh, namun menurut pengalaman pribadi penulis, hal ini justru yang paling banyak menyumbang permasalahan, loh. Pembaharuan atau auto-update ini bahkan memiliki ukuran yang cukup besar, dan sangat mungkin untuk melambatkan wifi atau internetmu.

Jadi, tak perlu heran bila tiba-tiba internet kalian lemot karena sudah mencapai FUP yang semuanya berkat fitur auto-update.

8. Menambah Paket Kecepatan Internet

Dan apabila semua cara di atas tidak berhasil, mau tidak mau kamu harus pertimbangkan untuk tambah kecepatan internet. Nyatanya, solusi ini tidak serta merta menjadi solusi ampuh, karena hal ini harus kamu konsultasikan terlebih dulu dengan pihak Indihome.

WiFi IndiHome takkan ngebut kalau sedang ada gangguan

Biasanya, tiap daerah memang tawarkan batas kecepatan internet yang berbeda-beda, dan disesuaikan sedemikian rupa dengan kondisi ekonomi daerah.

Selain konsultasi dengan pihak Indihome, kamu harus mencari pengalaman entah dari teman atau kerabat selama gunakan layanan mereka.

Sekiranya itu adalah beberapa cara mengatasi WiFi IndiHome yang lambat dan bermasalah versi kami, tentunya ditambahkan dengan pengalaman pribadi penulis.

Seharusnya cara-cara di atas sudah dapat membantumu mengatasi permasalahan yang kerap menghantui ISP kesayangan kita ini. Memang, permasalahan dari WiFi IndiHome seolah takkan ada habisnya, namun untuk daerah yang tak terjangkau ISP lain, inilah satu-satunya harapan.

Gimana menurut kalian, brott? Bila list cara ini dirasa masih kurang lengkap, kalian bisa komentar di bawah ini ya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version