Cara Mengecilkan File PDF Mudah Langsung Tanpa Aplikasi Apapun

wewe

Tak dapat dipungkiri bahwa berbagai file dokumen saat sering kali menggunakan format PDF agar lebih mudah diakses ataupun dipresentasikan. Formatnya yang terasa lebih universal membuat file yang satu ini sering digunakan untuk memuat dokumen dan lembar penting dengan tampilan yang lebih cocok dipandang.

Namun sayangnya sering kali user memasukan berbagai image maupun isi data dengan resolusi tinggi. Akibatnya file PDF memiliki ukuran yang lebih besar dari dugaan. Tentunya ini akan mempersulit bagi user untuk mengirim file PDF secara online maupun untuk diakses karena filenya lebih berat. Namun tak perlu khawatir, bagi kalian yang menghadapi masalah tersebut, kami memiliki solusi yang bisa kalian lakukan dengan mudah tanpa butuh aplikasi pendukung apapun. Berikut ini adalah cara mengecilkan file PDF langsung secara online dengan sangat mudah.

1. Kunjungi situs Smallpdf disini.

2. Pilih file yang akan dikecilkan dengan cara klik “Pilih file”.

3.  Klik “Kompresi dasar” lalu klik “Pilih opsi”.

4. Tunggu hingga proses upload selesai.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

5. Klik “Unduh” untuk mendownload file PDF milik kalian dengan ukuran yang lebih kecil

6. Selesai, bisa dilihat bahwa file hasil kompresan tadi berkali-kali lipat lebih kecil ukurannya (bawah) jika dibandingkan dengan yang original (atas).

Ukuran file yang dikompres akan menurun dengan ukuran yang berbeda-beda tergantung isi file yang akan dikompres. Namun rata-rata file yang dikompres ukurannya akan mengecil antara 70% hingga 80%. File yang kami coba rata-rata berukuran 6Mb-an dan mengecil secara drastis ke ukuran 1Mb-an saja.

Itulah cara mengcompress file PDF agar ukurannya bisa jauh lebih kecil dibanding aslinya, semoga bisa jadi pertolongan bagi kalian yang ingin mengecilkan file presentasi dan lain sebagainya. Jika kalian membutuhkan tutorial lainnya, kalian bisa mengunjungi link berikut ini.


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Author.

Contact: erenhartd@gamebrott.com

Exit mobile version