Cara Mengganti MP4 ke MP3 di PC dan Android Dengan atau Tanpa Aplikasi

in ,
Mp4 To Mp3 Cover

Mengubah format video ke audio merupakan sesuatu yang cukup biasa dilakukan ketika space kosong di PC maupun smartphone semakin cekak. Namun pada umumnya orang melakukannya karena memang hanya membutuhkan file audionya saja, misalnya saja pidato, podcast, maupun video narasi.

Terdapat banyak sekali format video maupun audio, namun pada umumnya MP4 dan MP3 menjadi beberapa format yang paling umum digunakan. Mengganti MP4 ke MP3 tentu menjadi sebuah jalan ninja yang biasa dipilih oleh pengguna teknologi maupun internet. Namun tak semua orang mengetahui caranya.

Melalui tutorial kali ini, saya akan mengajarimu bagaimana cara mengganti MP4 ke MP3. Bagaimana caranya? Berikut cara mengganti MP4 ke MP3 di PC dan Android dengan atau tanpa aplikasi.

PC Gunakan Aplikasi – Format Factory

Saya memilih menggunakan Format Factory karena multifungsi. Ia bisa mengubah semua format menjadi file yang diinginkan. Tak hanya terbatas audio maupun video saja, namun juga gambar, dokumen seperti doc maupun pdf, hingga virtual disc yang umumnya berformat iso. Dalam tutorial ini, saya menggunakannya untuk mengubah MP4 ke MP3.

1.Download dan Install Aplikasinya

1 Format Factory WebPergi ke situs resmi Format Factory melalui link berikut, kemudian pilih tombol download seperti gambar di atas. Aplikasi yang saya gunakan adalah versi 5.4.5.1.

2.Pilih Opsi Ubah ke MP3

2 Format Factory Step 1Setelah proses penginstallan selesai, buka aplikasi Format Factory kemudian pilih tab audio dan pilih menu MP3.

3.Pilih File MP4 yang akan Diubah ke MP3

3 Format Factory Step 2Klik add files, kemudian pilih file MP4 yang akan diubah ke MP3. Saya mencontohkannya dengan trailer sinematik Tachanka dari Rainbow Six Siege.

Setelah terpilih, kamu bisa mengubah output folder maupun setting yang kamu inginkan untuk file MP3nya nanti. Misalnya saja output foldernya di E: atau D:, sementara output settingnya dengan volume 200%. Ini opsional saja, tidak dilakukan juga tidak apa-apa.

Jika semua langkah tersebut telah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol OK.

4.Mengganti MP4 ke MP3

4 Format Factory Step 3Setelah semuanya telah dilakukan, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menekan tombol start dan tunggu hingga proses selesai. Lama atau tidaknya tergantung besar ukuran file yang akan diubah.

5.Selesai!

5 Format Factory Finished


Android Gunakan Aplikasi – Video to MP3 Converter

Aplikasi yang saya pilih kali ini adalah Video to MP3 Converter. Selain gratis, aplikasi ini mudah digunakan sehingga saya pilih dalam tutorial kali ini. Berikut langkahnya.

1.Download di PlayStore

1 AndroidBuka playstore dan cari aplikasi “Video to MP3 Converter” lalu unduh atau download dan install aplikasinya. Perlu diingat, aplikasi yang saya gunakan adalah yang ada di playstore pada bulan Oktober 2020. Jika kamu membaca tutorial ini di masa datang dan tidak menemukan aplikasinya, maka cara ini tidak bisa digunakan lagi.

2.Pilih MP4 yang akan diubah ke MP3

2 Android

3 AndroidBuka aplikasinya kemudian pilih opsi “Video to Audio” dan pilih video MP4 yang akan diubah ke MP3. Saya mencontohkan dengan video animasi buatan saya sendiri.

3.Pilih Format ke MP3

4 AndroidSetelah video dipilih, maka kamu perlu mengubah formatnya ke MP3. Caranya adalah tekan menu di bawah format lalu ubah ke MP3.

Setelah terpilih, sama seperti tutorial versi PC, kamu juga bisa mengubah hal lain seperti memotong durasinya maupun format audionya bisa lebih tinggi bitratenya atau tidak melalui opsi Advanced. Namun sekali lagi ini hanya opsional, kamu bisa melakukannya atau tidak sama sekali.

4.Ubah MP4 ke MP3

5 AndroidJika semuanya sudah selesai, maka kamu tinggal mengubahnya ke MP3. Caranya adalah tekan tombol “Convert” dan tunggu hingga prosesnya selesai.

5.Selesai!


PC dan Android Tanpa Gunakan Aplikasi – Free Convert.com

Kamu tak miliki PC atau smartphone yang mumpuni untuk mengubah file? Tenang! Opsi online bisa menjadi solusi. Kali ini saya menggunakan Freeconvert.com untuk tutorial ini. Website tersebut dipilih karena ia dukung banyak sekali format yang ada. Berikut langkahnya.

1.Buka Website

1 Free ConverterPergi ke website freeconvert.com melalui link berikut atau langsung pergi ke link berikut untuk pilih MP4 ke MP3.

2.Pilih File yang akan Diubah

1 Free Converter 2Pilih file yang akan diubah, bisa dari folder di PC atau smartphonemu atau dari tempat lain misalnya DropBox, Google Drive, maupun direct link. Saya kembali mencontohkannya dengan video trailer Tachanka dari Rainbow Six Siege.

1 Free Converter 31 Free Converter 4Kamu juga bisa mengubah opsi lain seperti bitrate, potong audio, hingga membalikkan audionya. Namun karena ini opsional, maka kamu bisa melakukannya atau tidak sama sekali.

3.Ubah MP4 ke MP3

2 Free Converter Upload ProcessSetelah rampung, maka kamu tinggal pilih tombol “Convert to MP3” dan tunggu hingga proses rampung. Kalau yang ini, kamu akan serahkan pada kecepatan internetmu karena file akan diupload ke websitenya dan diproses.

4.Download File MP3

3 Free Converter FinishedProses akhirnya rampung dan kamu bisa mendownload filenya. Kamu bisa melakukannya dengan tekan Download atau mentransfernya ke DropBox maupun Google Drivemu dengan menekan tanda panah di samping tombol Download.


Itulah cara mengubah MP4 ke MP3 di PC dan Android dengan atau tanpa aplikasi sama sekali. Apakah kamu memiliki cara lain yang lebih fleksibel? Seperti biasa, cantumkan pengalamanmu melalui kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at author@gamebrott.com