Cara Menggunakan Cheat Table Cheat Engine di PC

Cheat Table Cover

Menggunakan cheat di game multiplayer memang hukumnya sangat haram, karena kamu bisa merusak pengalaman bermain player lain. Namun hal tersebut tidak berlaku di game single player. Umumnya, orang-orang menggunakannya karena telah capek menghadapi tantangan karena sudah tidak ada waktu lagi atau frustasi dengan boss yang sangat sulit.

Memakai cheat di game single player memang sangat diperbolehkan, karena selain untuk menghemat waktu, kamu bisa memainkan gamenya tanpa stres sama sekali. Misalnya saja ketika kamu sudah frustasi parah lawan boss di Dark Souls dan sudah tidak kuat untuk mikir gimana cara ngalahinnya.

Cheat di game single player juga memudahkan orang-orang seperti saya yang terlalu banyak backlog karena pekerjaan, bisa menamatkan gamenya dengan sangat cepat. Setidaknya saya mengerti ceritanya seperti apa tanpa repot harus memikirkan tantangan yang diberikan.

Sayangnya, cheat sepertinya sudah tidak digunakan lagi di era PlayStation 4. Baik dalam bentuk kode, maupun software pihak ketiga seperti GameShark maupun Action Replay. Hal ini karena proteksi dan kemungkinan keengganan developer untuk menyisipkannya karena dapat mengganggu achievement.

Beberapa hacker dan perusahaan tertentu memang menjualnya untuk console, namun dibanderol dengan harga yang cukup mahal mengingat melakukannya membutuhkan usaha yang tidak sedikit.

Namun hal tersebut tidak berlaku di PC. Seperti yang telah kita ketahui, PC merupakan open-source platform yang bisa dioprek sesuka hati. Terutama file gamenya yang terpampang jelas di folder yang bisa diakses atau modifikasi sesuka hati.

Cheat game single player PC tidak jauh berubah dari dulu, mulai menggunakan trainer atau sebuah aplikasi yang tinggal pencet tombol untuk menambah uang saat dalam game, hingga yang sedikit advance adalah cheat engine.

Cheat engine akan berikan keleluasaan untuk menggunakan cheat di game PC. Bedanya dengan trainer, jika kamu tidak memiliki pengetahuan pemrograman khususnya dengan hex value edit, maka kamu tidak akan bisa menggunakannya.

Beruntung, banyak hacker yang rela membuat cheat table untuk dibagikan secara cuma-cuma di beberapa forumnya. Cheat table adalah kumpulan cheat yang telah didesain khusus untuk game tertentu dan bisa digunakan oleh orang lain dengan mengeditnya sesuka hati.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Berikut tutorial kami menggunakan Cheat Table dari Cheat Engine untuk lakukan cheat di game PC.

Disclaimer

Pastikan Kamu Memiliki Cheat Engine

Oh ya tentu saja kamu harus punya software cheat engine untuk bisa melakukannya. Caranya hanya tinggal pergi ke website resmi cheat engine lalu pilih versi yang terbaru kemudian download. Setelah rampung silakan install di tempat manapun. Jika antivirusmu mendeteksi softwarenya adalah virus itu false alarm, tidak masalah selama kamu download via website resmi.

Pilih Game yang akan Dicheat

Saya memilih Persona 4 Golden versi Steam untuk tutorial ini.

Setelah download dan install kamu tinggal tentukan game apa yang akan kamu cheat. Kami mencontohkannya dengan Persona 4 Golden yang ada di Steam.

Cari Cheat Table dan Download

Cari cheat table sesuai gamenya.

Karena kami menentukan bahwa Persona 4 Golden adalah target kami, maka kami akan mencarinya di google dengan kata kunci “Persona 4 Cheat Engine” atau “Persona 4 Cheat Table”. Jika kamu belum tahu website langgananmu kamu bisa mencarinya seperti cara kami.

Kami memilih website langganan saya secara pribadi yakni Fearlessrevolution. Bagi kamu yang biasa menggunakan cheat engine dan mencari table, kamu akan menemukan website ini biasanya berisi admin dan para hacker yang umumnya membuat cheat table untuk game-game singleplayer.

Setelah nemu, download cheat tablenya dari forum, saya mencontohkannya via Fearlessevolution.

Setelah menemukannya, kamu tinggal cari link download tanpa perlu register sama sekali di forumnya. Pastikan versi terbaru yang kamu download.

Jalankan Gamenya

Jalankan gamenya sampai ke in-game.

Setelah didownload, kamu hanya tinggal jalankan gamenya sampai main. Kamu tidak perlu ke main menu terus jalankan cheat engine, tapi sampai ke in-game, entah itu load atau new game, pokoknya sampe karaktermu bisa digerakkan dan diberikan akses menu untuk melihat inventory dsb.

Pergi ke Desktop dan Jalankan Cheat Table

Setelah memasuki fase tersebut, kamu tinggal pergi ke desktop dengan tekan alt+tab, lalu buka cheat table yang telah kamu download tadi.

Target Gamenya

Pilih menu yang dikotakin merah.
Pilih exe gamenya yang sedang berjalan.

Jika telah terbuka, maka langkah selanjutnya adalah melakukan target gamenya seperti yang telah ditandai di gambar, kemudian pilih process ke .exe Persona 4 Golden. Klik OK.

Klik OK jika menu ini muncul.

Jika kamu ditanya oleh Cheat Engine seperti “Keep the current address list/code list?” klik OK, karena jika tidak maka menu cheat table akan ditutup.

Jalankan Cheat

Ok, saatnya langkah terakhir yakni jalankan cheatnya. Cheat table umumnya punya opsi beragam sesuai yang dibuat oleh hackernya, namun kami akan mencontohkan untuk mendapatkan uang lebih banyak dengan cheat money pointer.

Buka menu dulu untuk menunjukkan jumlah uang.

Caranya adalah dengan membuka menu di mana uang akan muncul, kemudian klik kotak di samping tulisan Money Pointer. Maka sebuah menu baru akan muncul. Menu tersebut akan menunjukkan uang yang kamu punya saat ini di gamenya.

Klik dua kali jumlah uang di Value, kemudian ubah sesuai keinginanmu dan tekan OK.

Misalnya saja di contoh saya pribadi sebelumnya telah memiliki uang sebanyak 1,137,983, namun saya akan menggantinya menjadi 1,200,000 dan tekan OK. Setelah value telah diganti, kamu tinggal klik kotak di samping tulisan “No description” untuk mengaktifkannya.

Kembali ke game dan kamu bisa melihat uangmu bertambah.

Setelah diedit, uangmu bertambah.

Jika kamu ingin mematikannya agar value tidak berhenti di jumlah 1,200,000 kamu tinggal klik lagi kotak yang ada di samping tulisan “No description”. Karena jika kamu masih memberikan tanda X di kotak tersebut, maka uangmu akan bertahan di 1,200,000 dan tak bisa bertambah atau berkurang.


Bagaimana? Mudah bukan untuk melakukannya? Perlu diingat, game yang dicheat wajib game single player dan pastikan cheat table adalah yang update paling baru. Karena beberapa cheat terkadang tidak berfungsi sama sekali. Jika sudah begitu kamu mau tidak mau harus mencari trainer yang lebih baru.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version