Cara Menggunakan RUFUS Untuk Install Windows di PC dan Laptop 2020

banner

Bagi kamu yang ingin menginstall Windows dengan mudah dan tidak ribet, kamu dapat menggunakan RUFUS sebagai sarana alternatif atau biasa dikenal dengan Bootable, daripada membawa CD Windows atau Installer File kemana-mana yang harus di Copy dulu. RUFUS adalah aplikasi yang dapat membuat Flashdisk mu ibarat CD Windows Installer, cuma bedanya kamu hanya membutuhkan FD sebagai sarana.

Bedanya Dengan CD Dan Installer dimana?

Dengan menggunakan RUFUS kamu tentu tidak usah membawa-bawa CD yang tentunya ribet dan rentan rusak, apalagi misalkan kamu menginstall Windows tersebut dalam Laptop atau PC yang tidak memiliki CD Rom, nah RUFUS adalah metode alternatif yang bisa kamu coba.

Bedanya dengan Installer biasa adalah, Installer biasanya bentuknya adalah File yang dimana harus dibuka secara manual dan dioperasikan dengan PC/Laptop yang sedang berjalan dalam sistem windows, lalu bagaimana jika itu adalah PC/Laptop yang mati karena kerusakan Software/Windowsnya? RUFUS adalah salah satu solusinya! dengan RUFUS kamu dapat menyulap Installer tersebut kedalam FD sehingga dapat menginstal otomatis disaat dioperasikan secara USB Drive, kamu tidak usah memindah-mindah File karena FD yang kamu install dengan RUFUS akan terisi file Instalan Windows, jadi instilahnya RUFUS dapat menyulap FD mu sebagai sarana USB Drive/Installer Windows yang dapat digunakan secara Plug and Play.

Caranya bagaimana?

Ada beberapa Step yang harus kamu lakukan untuk mengubah Flashdisk mu menjadi Installer Windows dengan RUFUS.

Download RUFUS

Kamu harus mendownload dan Install Aplikasi Rufus yang dapat kamu temukan di Website resminya atau bisa klik link berikut.

Siapkan Bahan Untuk Membuat Bootable

Jika Sudah dilakukan ketiga bahan diatas kita akan berlanjut ke proses penyulapan.

Format Flashdiskmu

Dalam Proses diatas kadang ada beberapa masalah, salah satunya adalah Flashdisk tidak terdeteksi, maka kamu harus melakukan hal dibawah: *Lewati proses ini jika Flashdiskmu terdeteksi*

Sulap Flashdiskmu Menjadi Bootable

Install Windows



Sumber Gambar: Berakal.com


Sekian dan Sampai jumpa di tulisan-tulisan saya yang lain.

Kontak: abdolefathah@gamebrott.com
Exit mobile version