Cara Menggunakan Telegram di PC

in ,
Cover Telegram

Selain WhatsApp, Telegram merupakan salah satu aplikasi chat yang sangat simple dalam penggunaannya. Pengguna hanya perlu lakukan login dan chat langsung dengan teman-teman atau klien kantor mereka. Cara kerjanya yang sangat mirip WhatsApp jadikan Telegram opsi keduanya.

Menariknya, Telegram juga dukung fitur bot untuk melayani kebutuhan penggunanya. Mulai dari mencari informasi teranyar hingga berikan update terkini tentang postingan website. Semuanya dilakukan secara otomatis.

Namun dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, beberapa aplikasi yang awalnya hanya disajikan di smartphone mulai rambah ke PC. Berikan opsi bagi mereka yang super sibuk tak sempat menggenggam smartphone bisa langsung mengaksesnya di PC.

Umumnya para pengembang akan hadirkannya via web browser, namun tak sedikit pula yang mengembangkan versi PC dari aplikasi tersebut. Termasuk Telegram.

Telegram miliki versi PC yang dengan sangat mudah bisa diakses oleh penggunanya. Kamu hanya perlu menggunakan nomor HP saja untuk membuat akun tanpa harus terhubung dengan versi mobilenya. Lalu, bagaimana cara menggunakan telegram di PC?

Download Telegram for PC

Telegram1Terdapat berbagai jenis Telegram yang bisa digunakan di komputermu. Namun karena saya menggunakan Windows, maka saya akan mendownload versi PC/Windows. Telegram memiliki banyak versi baik MAC maupun Linux, jadi pastikan kamu mendownload aplikasi yang sesuai. Berikut linknya:

Buat akun Telegram

Telegram2Setelah kamu mendownload dan menginstallnya, maka langkah selanjutnya adalah membuat akun Telegram. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasinya dan klik “Start Messaging”, maka kamu akan diarahkan ke laman untuk memasukkan nomor HP-mu.

Telegram3Masukkan nomor HP-mu, karena Telegram akan melakukan verifikasi via aplikasi di smartphonemu. Namun kamu juga bisa memilih kode verifikasi tersebut untuk dikirim via SMS dengan klik “Send code via SMS”.

Login akun Telegram

Telegram4Setelah kode diterima, maka kamu hanya perlu memasukkannya ke aplikasi tersebut untuk verifikasi nomor HP-mu di PC.

Selesai!

Telegram5Selesai! Kamu sekarang bisa masuk dalam Telegram dan lakukan chat bersama rekan kerja, teman angkatan, atau keluargamu di PC maupun laptop.

Cara Logout dari Telegram PC

Setelah login, tentunya kamu ingin lakukan logout dari Telegram PC agar tidak bisa digunakan oleh orang yang tak kamu kenal seenaknya. Berikut langkah logoutnya.

Klik Menu Settings

Telegram6Telegram7

Klik menu yang ditandai dengan icon tiga garis di pojok kiri atas aplikasi Telegram PC, lalu pilih setting dengan icon gear. Maka kamu akan melihat profil akunmu.

Logout

Telegram8Setelah itu klik icon bertanda titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih logout, maka kamu akan terlogout dari akun Telegrammu dengan aman tanpa gangguan.

Kunci Telegram PC

Privacy6Jika kamu malas untuk lakukan logout, maka kamu bisa mengatur password untuk mengunci Telegram secara otomatis dengan fitur Local Passcode. Berikut langkahnya.

Nyalakan Local Passcode

Privacy1Privacy2Local Passcode adalah fitur yang bisa digunakan untuk mengunci Telegram PC secara otomatis. Kamu hanya perlu ke setting dengan icon gear, klik menu Privacy and Security dan pilih “Turn on local passcode”.

Masukkan Passcode

Privacy3Setelah klik menu tersebut, maka akan muncul laman passcode yang bisa kamu setting. Menariknya, fitur ini akan berikan opsi logout jika kamu lupa. Tekan save, maka passcode telah disimpan di PCmu.

Aktifkan Passcode

Privacy4Jika kamu telah rampung menyalakan passcode, maka kamu tinggal mengaturnya secara otomatis mulai dari satu menit hingga beberapa jam setelah kamu meninggalkan PCmu atau idle.

Privacy5Namun kamu juga bisa aktifkannya secara manual yakni dengan menekan tombol gembok yang ada di pojok kanan atas daftar orang yang akan kamu chat.


Itulah cara menggunakan Telegram di PC. Semoga dengan tutorial yang kami berikan kamu tidak perlu lagi memusingkan bagaimana caranya menggunakannya di PC. Berbeda dengan WhatsApp, Telegram tak perlu konfirmasi dan biarkan versi mobilenya online terus-menerus untuk digunakan.

Versi Telegram yang mana yang jadi favoritmu? Versi PC, Smartphone, atau versi web? Cantumkan pengalaman dan pendapatmu menggunakan Telegram di kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.