10 Tips Cara Menghilangkan Mata Panda Akibat Terlalu Lama Bermain Game untuk Para Gamer!

Cara Menghilangkan Mata Panda

Berkembangnya teknologi secara pesat membuat kalangan gamer memanfaatkan gadget untuk beragam keperluan, salah satunya bermain game. Beberapanya bahkan rasanya sulit melepaskan diri dari layar gadget hingga berjam – jam, dan tentunya kebiasaan seperti ini berefek samping pada kesehatan mata, salah satunya mata panda. Namun, jangan khawatir, karena beragam cara menghilangkan mata panda ini mampu membuat matamu segar kembali.

Tanpa basa – basi lagi, penulis akan bagikan 5 Cara Menghilangkan Mata Panda Akibat Terlalu Lama Bermain Game. Yuk simak di bawah ini!

Penyebab Munculnya Mata Panda

Mata Panda

Mata panda dapat dialami oleh siapapun, baik gamer laki – laki maupun gamer wanita. Dilansir dari Alodokter, biasanya hal ini disebabkan karena kelelahan dan kurangnya tidur. Selain itu, mata panda juga bisa disebabkan oleh dehidrasi, mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, terlalu lama melihat layar monitor, alergi, juga faktor genetik. Yang terakhir, mata panda juga dapat terbentuk seiring bertambahnya usia.

Cara Menghilangkan Mata Panda Akibat Terlalu Lama Bermain Game

Cara Hilangkan Mata Panda

Ada lima cara yang dapat para gamer terapkan jika ingin menghilangkan mata panda, yaitu:

Cara Hilangkan Mata Panda

Berikut ini cara menghilangkan mata panda bagi para gamer akibat dari bermain video game:

 

Sekitar 5 Menit

  1. 1
    Atur Waktu Bermain Game-mu
    Cara menghilangkan mata panda yang pertama adalah mengatur waktu bermain game. Jika kalian mampu melihat layar gadget berjam – jam, cobalah untuk mengurangi durasinya. Misalnya 20 menit di depan layar, 20 menit untuk mengistirahatkan mata dengan melihat objek – objek yang berjarak sekitar 20 kaki (re: 6 meter) dari posisimu duduk.
    Cara Hilangkan Mata Panda
  2. 2
    Kurang Kecerahan Layar Gadget
    Layar gadget yang terlalu terang juga bisa menjadi penyebab mata panda akibat pantulan sinar birunya lho, brott! Solusi untukmu adalah mengatur kecerahan layar demi mengurangi sinar biru yang masuk ke dalam mata.
    Cara Hilangkan Mata Panda
  3. 3
    Gunakan Fitur Zoom untuk Melihat Objek Kecil
    Seringkali para gamer mendekatkan matanya ke layar demi bisa melihat objek kecil di gadget. Hal ini juga mampu memicu mata panda, lho! Selalu gunakan fitur zoom untuk melihat objek kecil, karena ini dapat mengurangi bahkan mencegah timbulnya mata panda.
    Cara Hilangkan Mata Panda
  4. 4
    Membeli Kacamata Pelindung dari Sinar Biru Gadget
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sinar biru dapat memicu timbulnya mata panda. Solusi untuk menghilangkan mata panda tersebut, kalian dapat membeli kacamata anti sinar biru agar aman ketika melihat layar gadget selama beberapa jam.
    Cara Hilangkan Mata Panda
  5. 5
    Gunakan Kompres Dingin
    Jika dirasa beberapa tips di atas kurang manjur, kalian bisa menghilangkan mata panda akibat terlalu lama main game dengan mengompres mata menggunakan handuk dibaluri air dingin, menggunakan bagian cembung sendok yang telah dimasukkan freezer semalaman, atau membeli krim mata/eyepatch dan biarkan selama 10 – 15 menit. Lakukan secara berkala hingga mata panda hilang.
    Cara Hilangkan Mata Panda
  6. 6
    Cukupi Kebutuhan Nutrisi dan Cairan di Tubuh
    Salah satu penyebab mata panda yaitu kurangnya asupan nutrisi dan cairan di tubuh selama kalian berjam – jam menatap layar gadget. Jangan lupa selalu konsumsi makanan seperti buah dan sayur juga air 8 liter setiap harinya agar mata panda tak berani singgah ya, brott!
    Cara Hilangkan Mata Panda
  7. 7
    Tinggikan Posisi Kepala saat Tidur
    Cara ini dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda juga kurangi bengkak di bawah mata. Tumpuk dua bantal atau lebih agar posisi kepalamu lebih tinggi dari tubuhmu.
    Cara Hilangkan Mata Panda
  8. 8
    Hindari Konsumsi Rokok, Kopi, dan Minuman Beralkohol
    Salah satu penyebab mata panda semakin jelas adalah terlalu sering merokok, ngopi, dan mengonsumsi minuman beralkohol. Karena itu, kurangi konsumsi ketiganya tersebut secara bertahap ya, brott!
    Cara Hilangkan Mata Panda
  9. 9
    Cukupi Waktu Tidur-mu
    Mata panda dapat muncul karena kelelahan, begadang, dan kurangnya waktu tidur akibat terlalu lama menatap layar gadget dalam bermain game. Nah, agar mata panda-mu cepat hilang, cukupilah waktu tidurmu. 7 – 9 jam adalah waktu tidur ideal agar bengkak di mata tidak kelihatan.
    Cara Hilangkan Mata Panda
  10. 10
    Konsultasi Ke Dokter
    Cara terakhir untuk menghilangkan mata panda adalah berkonsultasi ke dokter. Hal ini dilakukan apabila kondisimu sudah memburuk, seperti insomnia dll. Ini sangatlah penting untuk mengantisipasi masalah tubuhmu agar tidak semakin buruk ke depannya.
    Cara Hilangkan Mata Panda

Result

Semoga cara ini bisa mengurangi mata panda kalian akibat dari bermain video game yang terlalu berlebihan.

Apakah artikel ini membantu mu?

Nah, itu dia cara – cara hilangkan mata panda versi Gamebrott. Ada kalanya jika ingin mencegah hal tersebut, para gamer dapat melakukan tiap cara secara perlahan – lahan hingga akhirnya mampu mengatur waktu ketika bermain game. Karena seperti yang kita tahu, efek jangka panjang akibat kebiasaan tersebut dapat menjangkitimu kapan saja. So, selalu jaga kesehatan matamu ya, brott! Adios~


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version