Tips Cara Menghitung PSU yang Dibutuhkan ketika Rakit PC

cara menghitung psu yang dibutuhkan

Tips Cara Menghitung PSU yang Dibutuhkan – Kalian mungkin sedang ingin rakit PC gaming ataupun sekadar untuk bekerja dari rumah. Semua komponen utama sudah terpilih mulai dari prosesor, kartu grafis, motherboard, sampai ram dan SSD. Tapi kalian bingung cara hitung watt PSU yang dibutuhkan agar sesuai dengan konsumsi daya ditarik komponen-komponen tersebut.

Apalagi komponen PC baru-baru ini terlihat sangat membutuhkan daya yang besar, tentu cara hitung Power Supply yang dibutuhkan dalam mengangkat parts PC tidak boleh salah.

Tips Cara Menghitung PSU yang Dibutuhkan

PSU komputer

Apa jadinya jika PSU yang dipakai memiliki daya yang kurang dalam mengangkat komponen-komponen utama tadi? Jawabannya bisa bermacam-macam mulai dari efek ringan sampai yang mengerikan.

PSU berdaya rendah akan menyebabkan penurunan performa, PC tidak stabil, sering freeze secara random, BSOD, tidak mau menyala sampai dalam beberapa keadaan paling fatal bisa menyebabkan PSU beserta komponen lainnya terbakar.

PSU yang dayanya sangat mepet dengan total daya komponen juga dapat menyebabkan umur PSU tidak bertahan lama. Hal ini disebabkan komponen di dalam PSU bekerja keras dan menghasilkan panas terus-terusan sehingga kualitas komponen di dalamnya merosot drastis.

Sekarang mungkin kalian paham PSU adalah jantung dari komputer PC kalian dan tanpa PSU bagus serta mampu menyuplai daya yang cukup, komponen lainnya tidak akan berjalan maksimal dan malah membahayakan komponen tersebut.

Apa Saja Komponen yang Berpengaruh secara Langsung?

Komponen berupa prosesor, mobo, kartu grafis dan PSU komputer

Sebenarnya komponen PC secara keseluruhan tetap membutuhkan listrik dan daya yang ditarik tergantung tipe komponennya. Prosesor dan kartu grafis biasanya adalah komponen yang paling rakus soal konsumsi daya mengingat kedua komponen tersebut dapat di-overclock lagi yang otomatis menambah beban daya PSU.

Prosesor modern saat ini setidaknya membutuhkan daya 50 sampai 200Watt tergantung tier yang kalian pakai. Intel i9-12900K bahkan sanggup menarik daya hingga 238 Watt. Sedangkan kartu grafis lebih bervariasi mulai dari 100 hingga 450Watt.

Untuk motherboard biasanya mampu mencapai 40 sampai 250Watt untuk seri high-end, baik dari platform Intel maupun AMD. Jadi usahakan untuk cek seri apa yang kalian gunakan.

Untuk komponen lainnya seperti RAM, SSD, case fan dan heatsink fan tidak menggunakan Watt yang besar jadi bisa diasumsikan penggunaan daya 20 sampai 50Watt untuk total komponen tersebut.

Bagaimana Cara Menghitung PSU yang Dibutuhkan PC

Cara menghitung kebutuhan PSU komputer

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan adalah ada berapa macam daya PSU yang tersedia di pasaran. Biasanya PSU modern sekarang dimulai dari 350W hingga 1500W. Kalian bisa menggunakan kalkulator PSU yang sudah banyak tersedia di situs-situs internet.

Sebagai contoh saya menggunakan salah satu situs Power Supply Calculator. Konfigurasi yang saya gunakan adalah prosesor AMD Ryzen 5 5600X dengan motherboard bertipe ATX dan kartu grafis NVIDIA RTX 3060 Ti. Saya juga menggunakan ram sebesar 2X16GB total 32GB dual channel.

Contoh cara menghitung PSU yang dibutuhkan ketika merakit PC

Seperti yang terlihat, saya membutuhkan PSU berdaya 500 sampai 599Watt untuk mengangkat beberapa komponen di atas. Namun perlu diperhatikan beberapa situs tidak menyertakan komponen seperti AIO cooler, RGB hub dan lain sebagainya dalam kalkulasi.

Saran saya adalah usahakan mencari PSU yang memiliki daya 20 sampai 40% di atas rekomendasi situs-situs tersebut. Kalian juga tidak perlu repot lagi mengganti PSU ketika ingin upgrade komponen yang membutuh daya lebih tinggi ke depannya.

80+ pada PSU

Sebagai tambahan selain daya PSU, pastikan untuk memilih PSU dari produsen ternama dan setidaknya memiliki label rating 80+bronze atau silver. Hindari menggunakan PSU bawaan casing dan harga yang terlampau murah jika dibandingkan dengan PSU lain dengan Watt yang sama.

Begitulah cara menghitung PSU yang dibutuhkan ketika kalian akan rakit PC idaman. Mengingat pengguna komputer desktop sekarang sudah semakin lumrah dan gampangnya akses untuk membeli komponen. PSU modern juga sudah banyak yang memberi garansi 5 tahun ke atas jadi pastikan untuk riset pasar. Jangan sampai beli PSU abal-abal dan berujung rusaknya prosesor atau komponen lainnya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait TECH atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version