Cara Mengurangi Lag Saat Bermain Game

Seperti judul diatas, saya akan memberikan beberapa cara agar kamu tidak mengalami lagg pada saat bermain game. Sebelum saya lanjutkan, kamu harus tahu terlebih dahulu mengapa pada saat bermain game menjadi lag. Secara umum, lagging pada game disebabkan karena PC Kamu belum memenuhi Minimum/Recommended System Requirement yang diusulkan oleh penerbit game tersebut. Meskipun tidak memenuhi system requirements nya, kamu tetap bisa bermain game tersebut dengan lancar kok, bigini cara-nya:

 

1. Ubah settingan Graphic menjadi LOW

Cara yang satu ini sudah menjadi cara yang ampuh dilakukan banyak Gamers, termasuk saya juga. Akan tetapi, jangan harap Grafik game kamu mainkan akan sebagus Ultra. Cara mengubah settingan grafis sebuah game-pun cukup mudah, kamu hanya perlu menuju ke Settingan game dan mengubah Graphic Optionnya ke LOW. Kebanyakan game sudah menerapkan fitur ini di game yang kamu mainkan, jadi kamu dapat menyesuaikan grafis yang sesuai dengan Spesifikasi PC kamu.

 

2. Gunakan Game Booster

Jika kamu bilang bahwa Game Booster itu adalah Software sampah yang tidak berguna, kamu salah besar! Tanpa kamu sadari, disaat kamu bermain game terdapat banyak aplikasi yang tidak diperlukan untuk bermain game sedang berjalan. Hal itu tentu saja dapat mengurangi performa game yang sedang kamu mainkan. Fungsi Game Booster sendiri adalah untuk mematikan sementara proses yang tidak berjalan tersebut sehingga game yang kamu mainkan tidak lagg. Namun jangan khawatir, Game Booster akan nge-restore / menghidupkan kembali proses yang berjalan tersebut disaat kamu selesai bermain.

Sebenarnya, tanpa game booster kamu juga dapat mematikan proses terebut pada “Task Manager” windows kamu, hanya saja beberapa orang kesulitan membedakan mana proses yang penting, dan mana proses yang tidak penting. Jika kamu salah mematikan aplikasi, contohnya kamu mematikan explorer, maka windows kamu akan crash dan harus direstart.

 

3. Gunakan Low Spek Patch

Low Spek Patch banyak tersebar luas di internet, namun diantara semua patch tersebut hanya 20% yang work. Low Spek Patch adalah Software yang dibuat oleh fans agar game yang kamu mainkan tidak lag. Saya rekomendasikan kamu untuk mencoba Low Spek Patch buatan Ragnos. Cara kerja Low Spek buatan Ragnos cukup simple, yaitu mengubah resolusi layar monitor kamu ke resoluti ter-PALING kecil sekalipun. Maksudnya gini, jika kamu menurunkan resolusi layar pada windows, kamu mungkin hanya mendapatkan resolusi terkecilnya yaitu 800×600 dan 1024×728. Namun jika kamu menggunakan Low Spek patch buatan ragnos, Resolusi layar dapat kamu setting hingga 300×200. Bayangkan saja itu sekecil apa (Haha!)

 

4. Lapangkan Harddisk!

Saya kurang tahu pasti apa hubungan Harddisk dengan game yang dimainkan. Akan tetapi, senior-senior gaming diluar sana menyuruh saya melapangkan harddisk (Terutama Drive C:). Maksud saya disini adalah mendelete / Uninstall aplikasi yang jarang dipakai sehingga tidak memenuhi harddisk. Entah mengapa, ini work buat saya. Sebaiknya kamu buktikan saja sendiri.

 

5. Upgrade PC

Jika semua cara tidak berhasil, satu satunya jalan yaa harus Upgrade PC. Memang siih cara yang satu ini membutuhkan dana yang lumayan besar, tapi yaa harus gimana lagi. Dengan begitu, kamu baru bisa memainkan game kamu tanpa lagg sedikitpun. Upgrade lah sesuai dengan rekomendari pihak developers, kalau bisa melebihi agar kamu dapat memainkan game Next-gen berikutnya.

Exit mobile version