10 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Merawat Laptop

Dewasa ini, merawat laptop dengan baik dan benar perlu dilakukan supaya laptop kesayangan awet dan tak cepat rusak. Sayangnya, tak sedikit orang yang lalai dengan kondisi laptop-nya, dan berakhir rusak. Olehnya, Cara Merawat Laptop ini dibuat agar laptop milikmu awet dan tak cepat rusak.

Meski sama-sama perangkat elektronik dengan smartphone yang kita gunakan, namun Cara Merawat Laptop butuhkan caranya sendiri. Tentu, hal ini tak terlepas dari perasaan puas karena barang yang kita gunakan dalam kondisi bersih dan mulus.

Kenapa Harus Cari Cara Merawat Laptop

Namanya elektronik, sudah barang tentu harus dirawat sedemikian rupa supaya tak terjadi sesuatu di kemudian hari. Meski dalam kondisi baru sekalipun, tak serta merta elakkan probabilitas laptop yang kita gunakan akan selalu baik-baik saja.

Meski tak seratus persen jamin kesehatan laptop milikmu, namun kami cukup yakin bahwa Cara Merawat Laptop yang baik dan benar dapat perpanjang masa pakai. Mudahnya, perawatan laptop dapat kurangi biaya yang tak terduga di kemudian hari.

Penasaran ‘kan? Nah, simak cara-cara tersebut di bawah ini!

1. Hindari Bermain Game Secara Intens

Kami paham betul bahwa bermain game adalah hal yang wajar, terlebih bila yang kamu miliki termasuk kategori gaming. Namun, harus digarisbawahi bahwa laptop tidak didesain untuk dapat digeber dalam waktu cukup lama untuk gaming layaknya komputer.

Tentu, bukan masalah bila game yang kamu mainkan hanya sekadar Minecraft, Plant VS Zombies, atau Zuma. Namun, lain halnya bila yang ternyata kamu mainkan adalah Genshin Impact, Tower of Fantasy, atau malah God of War yang telah rilis di Steam.

Bahkan dengan berada di ruang ber-ac atau sudah ditambah dengan cooling pad sekalipun, Cara Merawat Laptop satu ini harus diperhatikan.

2. Perhatikan Suhu Laptop

Cara Merawat Laptop berikutnya ialah dengan selalu perhatikan suhu laptop. Banyak sekali faktor yang pengaruhi suhu laptop, termasuk di antaranya suhu ruangan dan sistem pendinginan tambahan yang dapat jadi solusi.

Suhu laptop yang terlalu panas akan hasilkan throttling yang berarti penahanan performa oleh laptop tersebut supaya tak rusak karena panas. Untuk dapat pantau suhu dari laptop, kamu dapat gunakan bantuan aplikasi HWInfo atau semacamnya yang bisa kamu coba di sini.

3. Selalu Gunakan Pendingin Laptop

Banyak sekali sebutan untuk pendingin laptop, mulai dari cooling pad, kipas laptop, sampai yang mungkin paling nyeleneh penulis temukan adalah ‘mesin pendingin’. Percaya atau tidak, namun Cara Merawat Laptop yang bisa brott terapkan adalah dengan gunakan pendingin laptop.

Selain mampu turunkan suhu dari laptop kesayangan, kehadiran pendingin laptop ini benar-benar dibutuhkan karena mampu masukkan sirkulasi udara dingin ke dalam laptop. Bahkan bila brott hanya gunakan laptop stand sekalipun yang tanpa kipas, sirkulasi udara dipastikan jauh lebih baik.

4. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Kebutuhan tiap individu akan aplikasi tentu dapat berbeda-beda. Cara Merawat Laptop berikutnya yang bisa kamu praktekkan adalah dengan hapus aplikasi yang sekiranya jarang digunakan.

Banyaknya aplikasi yang terpasang boleh jadi lambatkan waktu booting sistem secara keseluruhan. Di mana masalah ini akan erat hubungannya dengan background process yang tentunya habiskan porsi dari RAM yang tersedia.

Jadi, hapuslah aplikasi yang sekiranya jarang digunakan.

5. Hapus File Sampah

Menurut kami, ini adalah Cara Merawat Laptop yang termasuk mudah untuk dilakukan. Kehadiran file sampah ini harus dienyahkan karena bisa jadi hambat kinerja laptop secara keseluruhan.

Tak usah repot-repot pasang aplikasi, karena kita dapat hapus file sampah tersebut dengan mudah. Ikuti caranya di bawah ini supaya tak keblinger ya, brott:

a. Tekan icon Windows, lalu ketik ‘%temp%’ tanpa tanda kutip, lalu tekan Enter

b. Seleksi semua file yang ada dengan kombinasi CTRL+A, lalu hapus dengan Shift+Del

c. Selesai

Mudah bukan? Tenang, cara ini benar-benar aman karena hanya hapus temporary files yang sudah tak digunakan oleh laptop-mu kok, brott.

6. Bersihkan Laptop dengan Benar

Selain Cara Merawat Laptop di atas, cara berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah membersihkan laptop dengan benar dan sepenuh hati.

Mulai dari layar, body, keyboard, dan mungkin dalamnya dapat membuat laptop kesayangan tetap awet dan tak mudah rusak. Menurut kami, ini adalah salah satu Cara Merawat Laptop tersulit karena tak semua orang peduli dengan teman sehari-harinya dalam beraktivitas.

Bahkan meski itu laptop kantor sekalipun, disayangkan masih banyak orang yang cukup abai membersihkannya karena bukan kepemilikan pribadi.

Padahal, membersihkan laptop dengan benar bolehkanmu hindari sesuatu yang tak terduga di kemudian hari loh, brott.

7. Jauhkan dari Makanan dan Minuman

Bukan, laptop bukannya iri karena kamu makan atau minum di depannya. Yang kami maksud dari Cara Merawat Laptop ini adalah untuk hindari dari hal-hal yang tak diinginkan. Mulai dari jatuhnya remah-remah makanan, atau cairan dari minuman yang mana bila bertumpuk akan sebabkan masalah kemudian hari.

Jadi, sebisa mungkin untuk jauhkan laptop dari makanan dan minuman karena dapat sebabkan bermacam hal yang tak diinginkan. Kalau memang suka ngemil, setidaknya gunakan pelindung keyboard pada laptop.

8. Jangan Digunakan di Atas Kasur

Cara Merawat Laptop lainnya supaya awet dan tak cepat rusak adalah jangan digunakan di atas kasur. Ini dikarenakan sirkulasi udara di dalam laptop akan terhalang oleh selimut, guling, atau bantal karena akan cepat panas.

Meski sebagian orang merasa lebih ‘nyaman’ (secara harfiah), namun jangan salah karena hal ini malah bisa jadi pedang bermata dua. Jadi, senyaman-nyamannya gunakan laptop di atas kasur, lebih baik alokasikan tenaga untuk kerjakan semuanya di meja atau tempat yang rata.

9. Hindari Menumpuk Benda Berat di Atas Laptop

Menurut kami, ini adalah ‘fenomena’ yang cukup sering kami temukan. Di mana saking sibuknya orang tersebut, lupa di mana ia letakkan laptop kesayangannya, sampai di mana ia temukan di bawah tumpukan barang dan berkas.

Meski terlihat remeh, namun sebisa mungkin hindari hal tersebut karena dapat merusak badan laptop dan layarnya. Ini adalah Cara Merawat Laptop yang termasuk mudah loh, brott.

10. Merawat Baterai Laptop

Cara Merawat Laptop agar awet dan tak cepat rusak tentu bakal erat hubungannya dengan perawatan baterai. Ini dikarenakan baterai pada laptop termasuk komponen vital yang termasuk cepat degradasinya.

Karena kalau sampai rusak, mau tidak mau kita harus gunakan laptop dengan aliran listrik, buat laptop kesayangan jadi kurang portable.

Meski termasuk cepat degradasinya, namun tak ada salahnya untuk terapkan waktu isi dan pemakaian dalam rentang waktu tertentu.

Bukan bermaksud promosi atau flexing, di antaranya adalah aplikasi bernama Lenovo Vantage yang bolehkan laptop penulis dapat selalu tertancap pada sumber listrik tanpa takut gembung baterainya (Conservation Mode)

Ini dikarenakan posisi baterai akan selalu pada rentang 55-60%, dan minimalisir kejadian tak diinginkan.

Itulah dia beberapa Cara Merawat Laptop agar awet dan tidak cepat rusak yang bisa kamu coba dan terapkan. Ketimbang harus beli baru setelah digunakan berlama-lama, bukankah ‘lebih baik mencegah daripada mengobati,’ brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version