Cara Mudah Membuat Google Forms Bagi Pemula

Google Forms for Workflow Management 1

Memperoleh data via survei memang memberikan banyak benefit, mulai dari untuk bisnis, penelitian, hingga pembelajaran. Kuisioner atau survei konvensional saat ini tentunya terasa tak efektif lagi, cara konvensional terasa tak irit kertas dan lebih menyita banyak waktu.

Oleh sebab itu, Google menyediakan akses Google Forms dimana kalian bisa menyediakan kuisioner secara digital dan mudah. Cara membuat Google Forms sendiri terbilang sangat simple dan mudah, namun sayangnya saat ini masih banyak orang tak paham cara membuatnya. Bagi kalian yang masih kebingungan, melalui tutorial ini kami akan memberikan cara membuat Google Forms dengan mudah.

Pertama, kenali dulu jenis kuisioner atau survei yang ingin kalian buat, Google membuat 5 jenis yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

1. Login pada akun google yang telah kalian miliki.

2. Klik pada link berikut ini untuk langsung menuju Google Forms.

3. Disini kalian dapat memilih dua jenis lebar jawab/kerja, yaitu blank form dan menggunakan template.

4. Buat judul lembar Google Forms dengan cara mengklik bar di bagian pojok kiri atas.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

5. Mulailah buat pertanyaan, tiap pertanyaan nantinya bisa kalian berikan variabel sesuai dengan keinginan kalian. Untuk kuisioner misalnya, kalian bisa memberikan variabel penilaian berupa skala melalui opsi “linear scale”, mulai dari “tidak setuju” hingga sangat setuju.

Sementara untuk pertanyaan seperti quiz, kalian bisa memberikan pilihan dengan jawaban salah dan benar, lebih mudahnya menggunakan opsi multiple choice/pilihan ganda seperti berikut.

6. Jika semua semuannya sudah sesuai dengan keinginan kalian, langsung saja share Google Forms buatan kalian tersebut dengan cara mengklik tulisan “Send” di bagian pojok kanan atas. (*Sebelumnya kalian memang tak perlu melakukan save atau publish, karena secara otomatis Google telah menyimpan data yang kalian buat perdetiknya.*)

Klik icon “share” dan copy link Google Forms yang telah kalian buat tersebut.

Setelah itu kalian bisa membagikan link tersebut kepada para penjawab kuisioner, survey, ataupun pertanyaan yang telah kalian buat melalui Google Forms tersebut.

Itulah cara mudah membuat Google Forms, semoga dapat membantu kalian yang tengah melakukan survey ataupun penelitian lainnya.


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Ernard Anky.

Exit mobile version