Cara Refund Game Digital di PC, PS4, Xbox One dan Platform Lainnya

Refund

Ketika produk yang kamu beli bermasalah, tidak sesuai ekspektasi, atau bahkan salah beli, tentu kamu ingin kembalikan barang dan meminta uang kembali alias refund. Hal yang sama juga berlaku pada saat membeli game digital. Meski tidak semudah mengembalikan game di toko fisik, proses refund game digital saat ini telah semakin dipermudah oleh distributor, namun tetap harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan cara bagaimana mengajukan refund di berbagai platform mulai dari PC (Steam, Epic Games, Origin, Uplay), Playstation, Xbox dan Nintendo Switch. Maka dari itu, tanpa panjang lebar lagi, berikut ialah tahapnya:


PC

Steam

Syarat dan Ketentuan:

Tahap-Tahap Refund:

Epic Games

Syarat dan Ketentuan:

Tahap-tahap Refund:

Origin

Syarat dan Ketentuan:

Tahap-Tahap Refund:

Uplay (Ubisoft Connect)

Syarat dan ketentuan:

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Tahap-Tahap Refund:


Playstation (PS4, PS5)

Syarat dan ketentuan:

Tahap-Tahap Refund:


Xbox (Xbox One, Xbox Series X)

Syarat dan Ketentuan:

Tahap-Tahap Refund:


Nintendo (Nintendo Switch)

Sayangnya, pada saat artikel ini ditulis, Nintendo tidak menerapkan sistem refund bahkan untuk pembelian yang salah atau juga game bermasalah. Nintendo hanya membujuk pembeli untuk lebih teliti dan mengecek website gaming review sebelum membeli game di eShop karena tiap pembelian ialah keputusan final.

Meskipun Nintendo menyatakan demikian, banyak gamer yang mengakui bahwa mereka berhasil melakukan refund setidaknya satu kali saja yaitu melalui Customer Support. Maka apabila kamu melakukan pembelian yang tidak sengaja atau alasan masuk akal lainnya, mungkin ada satu kesempatan dari CS Nintendo untuk memproses refund, akan tetapi hal tersebut juga tidak dapat menjadi patokan pasti.

Nintendo, game dan console produksimu memang bagus, tapi pelayanan seperti ini sangatlah mengecewakan.


Exit mobile version