Begini Cara Setting DNS Cloudflare 1.1.1.1 untuk Buka Blokir Steam

Cara Setting DNS Cloudflare

Cara Setting DNS Cloudflare– Nasib para gamer di Indonesia saat ini dapat dikatakan cukup malang. Akhir pekan yang seharusnya menjadi waktu untuk bermain game terpaksa terhambat berkat akses yang dibatasi. Hari ini, tepatnya tanggal 30 Juli 2022 Kominfo resmi blokir platform Steam lantaran belum mendaftar PSE. Bahkan banyak platform lainnya seperti Epic Games Store, Origin, Ubisoft Connect yang tertular kena imbas.

Terlepas dari pemblokiran, tentu terdapat pepatah “banyak jalan menuju Roma” yang mungkin dapat menjadi motivasi untuk mencari solusi. Salah satunya yang kini menjadi populer di kalangan para gamer PC tanah air adalah pengaplikasian fitur ini yang terbukti mampu membuka blokir situs Steam. Terdapat langkah-langkah khusus agar pengguna dapat mengaplikasikan DNS yang dapat disimak melalui melalui cara berikut

Cara Setting DNS Cloudflare 1.1.1.1 Lewat Aplikasi Buka Blokir Steam

Dalam langkah berikut, akan dipaparkan cara membuka kembali aplikasi yang diblokir menggunakan program bernama Cloudflare WARP. Cara berikut juga terbilang cukup mudah karena praktis, cepat dan juga tanpa dipungut biaya alias gratis.

Langkah-langkah Jalankan Aplikasi Cloudflare WARP

Berikut cara mudah memasang DNS Cloudflare 1.1.1.1 agar dapat mengakses situs yang diblokir

 

Sekitar 5 Menit

  1. 1
    Unduh Aplikasi Cloudflare 1.1.1.1
    Langkah pertama adalah pengguna dapat mengunduh aplikasi Cloudflare 1.1.1.1 melalui situs resminya. Aplikasi diunduh melalui situs u003ca href=u0022http://cloudflarewarp.comu0022u003ecloudflarewarp.comu003c/au003e atau lebih mudahnya cukup ketik 1.1.1.1 di kolom address bar. Perlu diketahui pula aplikasi ini juga dapat diunduh di platform Android melalui Googke Play Store
    Situs Resmi DNS Cloudflare 1.1.1.1
  2. 2
    Install dan Jalankan Aplikasi
    Setelah selesai diunduh, segera install aplikasi dan langsung jalankan. Aplikasi umumnya akan muncul di kolom tray.
    Proses Instalasi Aplikasi
  3. 3
    Sambungkan dan Setting DNS Cloudflare 1.1.1.1
    Melalui kolom tray, aplikasi akan muncul dengan nama Cloudflare WARP/ Klik aplikasi dan sambungkan melalui tombol aktivasi. Setelah terambung, klik tombol pengaturan di pojok kanan bawah kemudian pilih opsi 1.1.1.1.
    Pengaturan WARP
  4. 4
    Tes Hasil dengan Membuka Aplikasi Steam
    Tahap terakhir adalah kalian cukup membuka aplikasi Steam untuk mengecek apabila berhasil. Langkah ini juga sudah mecakup aplikasi yang diblokir lainnya seperti Epic Games Store, Origin, Ubisoft Connect dan sebagainya.
    Tes Aplikasi Steam

Result

Apabila berhasil, Steam dapat beroperasi dengan lancar. Begitu pula platform lainnya seperti Epic Games Store, Origin, GOG dan sebagainya.

Apakah artikel ini membantu mu?

Aplikasi Terblokir, Hindari Penggunaan VPN

Penggunaan program VPN

Pemblokiran akses dari sejumlah aplikasi memang cukup meresahkan, terlebih apabila aplikasi yang dimaksud sudah menjadi keperluan sehari-hari. Meski kegunaan utama platform gaming seperti Steam umumnya hanya untuk bermain game. Namun dengan adanya pemblokiran tentu dapat menghambat para developer game dalam mengorganisir gamenya, terlebih dari para developer game lokal.

Saat ini, banyak cara untuk kembali mengakses situs yang terblokir. Selain setting DNS 1.1.1.1, terdapat juga penggunan Virtual Private Network atau biasa disingkat VPN. Penggunaan program VPN memang cukup umum dan mudah, namun dalam hal ini sepertinya kurang disarankan.

Kendala utama dari VPN adalah kecepatan internet yang berkurang, sehingga tentu dapat menghambat dalam mengoperasikan media daring seperti bermain game online. Permasalahan lainnya dari VPN adalah keamanan yang tidak terjamin. Saat ini sudah banyak kasus akan PC yang terinfeksi virus, pencurian data dan berbagai problema lainnya yang disebabkan oleh VPN, terlebih dengan penggunaan program VPN gratis.

Mungkin solusi lainnya adalah dengan menggunakan VPN premium berbayar yang tentu akan memiliki sejumlah fitur eksklusif. Namun, penggunaan DNS Cloudflare 1.1.1.1 merupakan solusi yang paling direkomendasikan untuk saat ini karena cukup praktis dan tak dipungut biaya. Mudah-mudahan saja pengaplikasian program ini hanya sebagai solusi sementara saja dengan harapan bahwa Steam dapat kembali beroperasi seperti semula di masa mendatang.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Steam atau artikel lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version