Cara Topup Steam Wallet di Toko Online Indonesia

in ,
Cover Cara Steam Wallet

Bagi sebagian orang, berbelanja online khususnya barang dari luar negeri itu sangat merepotkan karena membutuhkan kartu kredit. Termasuk membeli video game. Pengurusan kartu kredit yang ribet membuat tak semua orang bisa menikmatinya meski memiliki uang. Namun di zaman yang sudah semakin modern tersebut, beberapa toko game memberikan kemudahan untuk pembayarannya. Salah satunya adalah melalui Steam Wallet.

Apa itu Steam Wallet? Simplenya adalah dompet digital keluaran Valve yang bisa diisi dengan hanya membeli kode vouchernya untuk pembelian video game via Steam. Namun, meski sudah banyak retailer lokal yang menyediakannya, masih banyak gamer baru yang belum tahu bagaimana cara topup Steam Wallet.

Atas dasar untuk membantu memudahkan kalian membeli game original dan tobat dari dunia pembajakan. Artikel ini akan bantu kalian bagaimana caranya melakukan topup Steam Wallet di toko online Indonesia. Namun sebelum melanjutkan, ada baiknya jika kamu membaca disclaimer di bawah.

Disclaimer

Cara ini hanya untuk kamu yang tak miliki kartu kredit dan masih gantungkan diri pada Steam Wallet. Kamu yang punya kartu kredit tinggal gesek aja, tak perlu cara ini. Saya akan berikan dua toko online saja sebagai contoh: Itemku dan Tokopedia.

Toko online lain miliki caranya masing-masing untuk topup, karena marketplace Indonesia sangat luas maka saya hanya memilih dua toko tersebut untuk tutorial ini.

Itemku

Itemku merupakan salah satu marketplace dengan banyak penjual yang menjual voucher game maupun kode gamenya. Ia lebih mirip Tokopedia maupun Bukalapak namun khusus video game baik PC, PS, Xbox, maupun Mobile.

Login ke Itemku

Itemku1 (sensor)Tentunya langkah pertama adalah melakukan login ke itemku. Kamu bisa klik laman berikut.

Gunakan Dompetku

Dompetku adalah dompet digital milik Itemku yang bisa diisi ulang dengan cara transfer bank. Saya memilih menggunakan Dompetku dalam tutorial ini karena biaya admin yang minim dari transfer uang bank ke dompetku. Selain itu, pembayaran dengan Dompetku sudah tak perlu biaya admin yang mahal seperti pembayaran lain. Dompetku juga miliki fitur bayar instan tanpa verifikasi, ngga ribetlah pokoknya.

Isi Ulang Dompetku

Itemku2 (sensor)Sebelum digunakan, kamu perlu isi ulang dompetku, caranya klik icon dompet yang ada di sebelah kiri icon akunmu atau klik link berikut. Setelah pindah halaman, maka kamu hanya perlu klik icon isi ulang.

Masukkan Nominal dan Metode Pembayaran

Itemku3 (sensor)Kamu bisa masukkan nominal dan metode pembayaran yang tersedia atau memilih nominalmu sendiri. Saya akan mencontohkannya via transfer bank Mandiri.

Ikuti Langkah Pembayaran

Itemku4 (sensor)Setelah masukkan nominal, maka langkah selanjutnya adalah membayar via bank transfer. Kamu yang miliki internet banking tinggal klik via PC maupun smartphonemu, sementara kamu yang tak memilikinya perlu pergi ke ATM terdekat.

Jangan lupa nomor pembayaran dan langkahnya kamu catat atau screenshot. Setelah itu maka pembayaran akan rampung dan saldo akan ditambahkan dalam Dompetku. Kini saatnya membeli Steam Wallet.

Pilih Topup Voucher Steam

Itemku5Setelah Dompetku terisi, maka saatnya membeli Steam Wallet. Caranya, pilih menu Topup & Voucher lalu pilih Steam.

Pilih Mata Uang

Itemku6 (sensor)
Pilih mata uang Steam Wallet, bisa USD, IDR atau yang lain.

Selanjutnya kamu akan diarahkan dengan marketplace yang berisi beberapa penjual dengan pilihan mata uang atau regional Steam Wallet. Terdapat macam-macam jenis mata uang, mulai dari USD, IDR, HKD, hingga TWD, kamu bisa scroll menu lain jika ada mata uang lain.

Jika kamu membutuhkan Steam Wallet secara instant, maka kamu hanya perlu mencari penjual dengan fitur “pengiriman instant”. Karena setelah membelinya kamu akan langsung dapatkan kodenya tanpa perlu ribet harus konfirmasi dengan penjual.

Saya hanya akan mencontohkan untuk pengiriman instant saja untuk tutorial ini.

Bayar Gunakan Dompetku

Itemku7 (sensor)
Pembayaran menggunakan Dompetku tak perlu gunakan biaya admin.

Jika kamu telah menemukan toko yang paling murah dengan pengiriman instant. Maka kamu hanya tinggal klik produknya, misalnya Steam Wallet USD$ 5, lalu dalam kolom pembayaran centang kotak bayar instant gunakan Dompetku. Klik bayar, maka otomatis kode Steam Wallet akan ada di tanganmu.

Tokopedia

Tokopedia menjadi salah satu marketplace lain yang saya pilih karena kemudahan pembayarannya. Karena kamu hanya tinggal klik saja maka kamu bisa mendapatkan Steam Wallet yang kamu inginkan. Selain itu metode pembayarannya juga lebih beragam dan lengkap dibanding marketplace lain.

Masuk ke Tokopedia dan Kunjungi Laman Voucher Game

Tokped1
Tampilan lama voucher game Tokopedia.

Seperti biasa, kamu harus login ke Tokopedia lalu pilih laman Voucher Game, atau langsung saja klik link berikut jika tampilan home Tokopedia ribet gak karuan.

Pilih Steam Wallet dan Nominal

Tokped2Setelah login dan klik laman berikut, maka langkah selanjutnya adalah memilih Steam Wallet yang disediakan. Karena distributor telah tutup distribusi Steam Wallet USD di Indonesia, maka Tokopedia mau tak mau hanya distribusikan Wallet untuk IDR saja.

Kamu bisa memilih nominal yang tersedia, mulai dari 6,000 hingga 600,000. Tentunya sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Bayar

Tokped3 (sensor)Selanjutnya adalah membayarnya, kamu bisa membayar via bayar instan dengan OVO atau klik bayar tanpa centang bayar instan. Jika kamu tak miliki saldo OVO, maka kamu bisa klik metode lainnya. Mulai dari transfer bank hingga mini market semua ada di sini. Setelah pembayaran rampung maka kamu akan dapatkan kode Steam Walletnya.

Masukkan Kode Steam Wallet

Setelah kodenya kamu dapatkan, maka langkah selanjutnya adalah redeem Steam Wallet. Terdapat dua cara, baik dari aplikasi maupun website.

Via Aplikasi

Wallet1

Wallet2Jika kamu miliki aplikasi Steam yang mana bisa didownload melalui link berikut dan telah login. Maka kamu hanya perlu klik menu Games > Redeem a Steam Wallet Code. Masukkan kodenya lalu klik continue.

Via Website

Wallet3Login ke akun Steammu via website lalu klik link berikut. Masukkan kodenya lalu klik continue.

Itulah cara topup Steam wallet di toko online Indonesia. Semoga dengan adanya tutorial di atas, kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana cara membeli game di Steam via wallet.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]