7 Bahaya Ngecas Sambil Main HP yang Harus Kalian Hindari, Apa Saja?

Bahaya Ngecas Sambil Main Hp

Di antara kalian semua, mungkin pernah diingatkan oleh orang tua akan bahaya ngecas sambil main HP. Walau terdengar tidak masuk akal karena mungkin kalian mengetahui HP zaman now ada fitur cut-off saat pengisian daya, namun apa yang dikatakan oleh orang tua kalian benar adanya.

Kalau kalian penasaran apa-apa saja sih bahaya dari ngecas sambil main HP, kebetulan kami telah mengumpulkannya untuk menjadikan bahan renungan buat kalian yang mungkin main game sambil ngecas.

Ternyata Ini Bahaya Main HP Sambil Ngecas

Inilah bahaya main HP sambil ngecas, termasuk alasan mengapa hal ini seberbahaya itu, dan kami rangkum secara ringkas.

1. Panas Berlebih atau Overheat

Faktor utama yang jadi pertimbangan ialah panas berlebih yang dihasilkan saat smartphone kalian tengah diisi dayanya atau dicas. Ya gak salah sih kalo kalian masih kekeuh ini merupakan hal yang normal, namun ketika kalian menjalankan game di saat yang sama, HP kalian justru menghasilkan panas teramat sangat, sampai membuat overheat.

2. Baterainya Bisa Terbakar

Baterai terbakar adalah salah satu momen di mana kalian takkan bisa memakai HP ini ketika harus masuk ke tempat servis. Baterai terbakar disebabkan panas berlebih yang dihasilkan daya listrik masuk dan keluar saat pengisian daya sembari memainkan game. Pada kasus tertentu, baterainya malah bisa terbakar loh, brott! Duh, ngeri pokoknya!

3. Bisa Sampai Meledak

Puncak masalah bila kalian abai dan masih terus main HP sambil ngecas adalah meledak. Iya, HP kalian bisa meledak karena panas berlebih. Mau itu HP mahal, atau HP murah, selama pemakaiannya terlalu berlebihan dan asal-asalan, hal ini amat sangat mungkin untuk terjadi loh, brott.

4. Ketahanan Baterai Makin Berkurang

Oke, anggap HP kalian masih bisa bertahan sampai titik ini. Satu hal yang pasti, saat kalian main HP secara intens, terlebih sambil dicas, ketahanan baterai akan semakin berkurang. Proses degradasi yang biasanya umum menyerang pada tahun kedua pemakaian, kini bahkan terjadi jauh lebih cepat.

5. Bisa Merusak Kepala Charger

Kepala charger yang bertugas mengisi daya mungkin tidak merasa bosan memasok daya ke smartphone kalian. Namun, lama-kelamaan, kerusakan pada kepala charger tidak dapat dihindari karena komponen ini bekerja secara terus menerus untuk memastikan besaran daya yang masuk ke smartphone akan sesuai standar dari manufaktur.

6. Potensi Kehilangan Data

Di antara kalian mungkin tidak merasa takut kehilangan game atau data karena telah menyimpannya secara cloud. Namun, bagaimana dengan mereka yang jarang melakukan backup? Kehilangan data karena keseringan main game sembari dicas juga bisa jadi penyebab utama data hilang dan HP rusak loh, brott.

7. Bisa Bikin Hang dan Masalah Lainnya

Kalau kalian masih merasa hal-hal di atas terdengar ‘biasa’, mungkin kalian akan berbenah diri. Ya, bahaya ngecas sambil main HP lainnya adalah besarnya potensi di mana HP kalian akan hang, terutama bila dilakukan secara terus-menerus, dan dalam waktu yang tidak sebentar. Bahkan, walau kalian gunakan HP gaming pun, masalah ini tidak dapat dihindari.s

Bahaya Main HP Sambil Ngecas Lainnya dalam Keseharian

Selain ketujuh bahaya main HP sambil ngecas di atas, orang tua yang selalu mengingatkan kalian akan bahaya memainkan smartphon sembari dicas ini sebenarnya memiliki tujuan yang baik kok, brott.

Hal ini dikarenakan main game di HP bisa menimbulkan rasa tidak nyaman karena panas berlebih, bisa mengurangi konsentrasi, sampai kecanduan yang penulis rasa cukup banyak menimpa anak-anak di tanah air. Wajar, kalo rewel kok ya malah dikasih HP atau tablet, boro-boro quality time karena ini hanya sekali seumur hidup.

Apa yang Harus Kalian Lakukan Bila HP Meledak?

Minimalisir potensi masalah dengan hindari main game sambil dicas

Sebenarnya tidak ada langkah khusus bila terjadi insiden HP meledak karena terlalu lama dimainkan sambil dicas. Pastikan keamanan orang yang memakai HP tersebut, karena ditakutkan akan terjadi sesuatu.

Kemudian, kalian harus mencabut kabel yang tercolok untuk meminimalisir potensi kerusakan yang mungkin saja mengikuti, entah itu kepala charger yang terbakar, atau malah kabel yang konslet dan malah menyentrum kita.

Setelah kalian memastikan semuanya telah aman, barulah kalian dapat mengamankan, dan mengecek kondisi HP kalian.

Akhir Kata

Nah, itulah dia ketujuh bahaya ngecas sambil main HP yang selalu orang tua pikirkan ke kalian yang hobinya main game. Sekarang kalian jadi paham kan, kenapa orang tua kalian selalu mengingatkan bahayanya main game saat HP kalian dicas.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version