CD Projekt Red Akui Cyberpunk 2077 Akan Penuh Oleh Unsur Sosial dan Politik

cyberpunk 2077 confirmed for pc ps4 and xbox one optimization from the start 2

Meskipun baru merilis 3 game dan 1 spin-off sejauh ini, CD Projekt Red telah menjadi salah satu studio game terbesar dan paling dicintai game sejauh ini. Semua ini datang berkat trilogy The Witcher yang memuaskan banyak gamer dan pelayanan mereka yang tergolong “tidak rakus” dibandingkan studio AAA lainnya.

Cyberpunk 2077 menjadi proyek besar yang CDPR tengah sibuk kerjakan saat ini dan dari apa yang mereka tunjukkan sejauh ini, proyek tersebut terlihat sangat menjanjikan dan ambisius. Game belum dapatkan tanggal rilis sejauh ini karena mereka ingin pastikan setiap konten yang ada di game dapat memuaskan gamer saat rilis nanti.

Patrick Mills, desainer quest dari proyek tersebut, berbagi cerita sedikit kepada majalah Edge akan pengembangan game tersebut serta target yang mereka ingin capai. Namun opini menarik yang keluar dari wawancara tersebut datang disaat Mills ungkap ambisi mereka sebagai studio kelas AAA. Mills tanpa basa basi ungkap bahwa CD Projekt Red ingin menjadi studio yang mengubah industri game sekarang dan menunjukkan studio besar yang ada saat ini bagaimana cara “melakukan hal yang benar”. Namun konteks dari ungkapannya tersebut tidaklah terbatas pada gameplay ataupun desain game, tetapi dari perspektif politik dan sosial yang game akan tawarkan.

“Salah satu hal yang perusahaan ini ingin lakukan ialah menunjukkan industri game cara melakukan sesuatu. Kami mau mengubah industri game. Kami ingin berkata ‘Kami bisa melakukan sesuatu yang berbeda, kami tidak perlu ikutan orang lain.’ Ini motto kami: Kami adalah pemberontak, bukan?”

Maksud dari kutipan yang diungkapkan Mills ini adalah CDPR tidak akan senggan-senggan dalam memberikan komentar sosial dan politik didalam game mereka. Mereka akan sepenuhnya ekspresikan topik politik didalam game dan tidak setengah-setengah layaknya game lain yang membangun unsur politik seakan seperti metafor semata.

Mills merasa politik dan sosial menjadi unsur yang masuk akal untuk game bertema cyberpunk-dystopia seperti ini. Dirinya juga yakin apabila Mike Pondsmith, kreator dari Cyberpunk 2020 yang menjadi source material game ini, akan setuju apabila karyanya lebih dari sekedar gaya rambut punk dan senjata futuristik.

“Ketika studio lain berkata ‘oh, tidak, tidak, tidak ada maksud politik disini’, kami akan berkata, ‘ya, ada unsur politik disini.’ Cyberpunk sangatlah relevan dengan dunia saat ini. Beranggapan seakan itu tidak relevan? Ayolah. Mike Pondsmith tidak akan membiarkan hal tersebut. Mike akan marahi kami apabila kami akan membuat adaptasi ini sekedar “rambut keren dan senjata keren.'”

Konsep game seperti ini biasanya akan diprotes oleh gamer khususnya dengan trend SJW yang dipandang merusak game saat ini. Namun ini semua tergantung pada eksekusi dari CDPR sendiri. Apakah eksekusi mereka akan bagus layaknya franchise Deus Ex atau akan berakhir buruk, semuanya akan tergantung dari masing-masing desainer yang ada di CDPR.

Exit mobile version