CD Projekt Red Cabut Kehadiran Mod “Bercinta” dengan Keanu Reeves di Cyberpunk 2077

in , , , , , ,
Screenshot 1

Semenjak awal perilisan bahkan hingga saat ini, berita terbaru tentang Cyberpunk 2077 memang tidak ada habisnya. Bahkan jauh sebelum tanggal perilisan, game yang dikembangkan oleh CD Projekt Red ini sudah menuai banyak kontroversi seperti pegawai yang bekerja lembur dan jadwal perilisan yang terus menerus ditunda. Setelah game akhirnya rilis, Cyberpunk 2077 masih terus menimbulkan banyak kritikan dari para pemain seperti masalah performa, banyaknya bug serta glitch, pemasalahan refund dan sebagainya.

Hal tersebut membuat CD Projekt Red terus bekerja keras untuk mengambil kembali kepercayaan para fansnya dengan membenahi game melalui patch yang rencananya akan rilis sepanjang tahun 2021. Selain itu, CDPR juga sudah resmikan mod support bagi para modder untuk berkreasi dengan menambahkan berbagai fitur tambahan. Namun, penambahan mod juga memiliki aturan tersendiri dan apabila dilanggar akan ditindak langsung oleh CDPR. Contohnya seperti Mod yang satu ini dimana memungkinkan pemain “bercinta” dengan karakter yang diperankan oleh Keanu Reeves yaitu Johnny Silverhand.

Mod ini dibuat oleh seorang fans bernama Catmino yang diunggah melalui situs Nexus Mods. Mod ini memungkinkan pemain untuk mengganti dan menukar model karakter dari game dan Johnny SIlverhand merupakan salah satu model karakter tersebut. Sehingga, para pengguna mod pun menggunakan model karakter tersebut dan menukarnya dengan NPC sextoy bernama Joytoy. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihat video berikut.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh Eurogamer. Namun, tak lama setelah artikel tersebut dipublikasi, CDPR langsung menghentikan mod tersebut dan saat ini sudah tidak bisa untuk diakses kembali. Melalui situs PC Gamer, CDPR menjelaskan alasan mod tersebut dihentikan karena mereka tidak ingin konten yang ada di dalam game (termasuk mod) membahayakan seseorang. Khususnya pada kasus mod ini dimana pemain dapat menukar model karakter Johnny Silverhand ke dalam adegan yang eksplisit. Hal tersebut beresiko dapat mempengaruhi nama baik Keanu Reeves sendiri yang sudah memberikan penampilannya sebagai model dari karakter dalam game.

CDPR juga sudah menyarankan untuk para modder lainnya agar lebih berhati-hati dalam merombak fitur dari dalam game. Terlebih apabila mod tersebut mengikut sertakan suatu pihak tertentu tanpa izin. Untuk karakter dari game, CDPR mempersilahkan para modder untuk merombaknya. Namun apabila model karakter tersebut berdasarkan orang sungguhan maka hal tersebut tidak diperbolehkan karena dapat menyinggung seseorang tersebut, terlebih apabila belum memiliki izin dari mereka.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Cyberpunk 2077 serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.