CD Projekt RED Dapatkan Lisensi Cyberpunk karena Menyukainya

in , , ,
Dari situlah Cyberpunk 2077 lahir.

Jika kamu belum mengetahuinya sama sekali sejak diumumkannya Cyberpunk 2077, maka kamu perlu tahu bahwa game tersebut lahir dari permainan meja bernama Cyberpunk 2020 karya Mike Pondsmith yang dirilis tahun 1988 silam. Namun, apa yang membuat Mike melepas lisensinya untuk CD Projekt RED dan tidak untuk developer lain?


Berbicara pada PCGamesN, Mike Pondsmith katakan bahwa sebelumnya ia sempat tolak beberapa kali tawaran adaptasi video game dari permainan mejanya. “Yang aku hadapi adalah beberapa orang yang ingin miliki namanya dan hanya lakukan reskin dari produk aslinya. Mereka tak tahu bagaimana dunia dan politiknya dibuat” pungkasnya.

Namun berbeda dengan yang lain, CD Projekt RED merupakan fans dari Cyberpunk 2020. Awalnya Mike hanya mencoba untuk lisensikan permainan meja buatannya di Polandia. “Kurasa kami akan bisa menjualnya sebanyak 5 copy saja, karena saat itu Polandia baru saja keluar dari kekuasaan Soviet, jadi mungkin hanya enam orang saja yang bisa mendapatkannya”, imbuhnya. Namun ternyata enam orang tersebut bekerja di CD Projekt RED.

Hal yang buatku terkejut saat CD Projekt RED tawarkan adaptasi gamenya adalah mereka mengetahui apa yang akan mereka adaptasi dan mereka menyukainya sebagai fans. Mereka bahkan bisa jelaskan padaku chapter, grup, organisasi, kejadian, dan narasi karakter yang mereka inginkan untuk masuk dalam gamenya. Berbeda dengan developer lain yang hanya ingin buat Cyberpunk sebagai video game, CD Projekt RED dapatkannya (lisensinya, red) karena mereka menyukainya, menyayanginya, dan benar-benar memainkannya. Mereka benar-benar bisa melakukan apa yang mereka kerjakan dan menginginkannya untuk menjadi proyek (game, red) yang sangat bagus.

Pengerjaan Cyberpunk 2077 yang juga dibantu oleh Mike Pondsmith sendiri sebagai designer permainan mejanya, buat Mike sendiri sangat puas dengan hasil kerja developer The Witcher tersebut. Ia juga katakan bahwa desain Night City buatan CD Projekt RED benar-benar sesuai dengan bayangannya.



Cyberpunk 2077 saat ini masih dalam tahap pengerjaan dan belum miliki tanggal rilis sama sekali. Namun ia dipastikan akan hadir di PC, PlayStation 4, dan Xbox One.

Written by Ayyadana Akbar

Sr. Writer and Video Editor.
Mostly will cover PC/Console Japanese game, RPG, and shooter games.
Contact him at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.