CD Projekt Red Habiskan Dana Besar untuk Pulihkan Reputasi Cyberpunk 2077

CD Projekt Red Cyberpunk 2077

CD Projekt Red Cyberpunk 2077 – Cyberpunk 2077 sempat menjadi salah satu game paling dinanti di tahun 2020. Namun dengan banyak permasalahan pada game saat rilis, game ini justru mendapatkan respon kurang baik dari gamer meski CD Projekt Red habiskan dana yang besar untuk membuat gamenya

Seiring berjalannya waktu, developer CDPR berusaha untuk memperbaiki game tersebut demi kenyamanan bermain para Player. Dan diketahui CDPR habiskan dana yang sangat besar untuk memulikan reputasi game tersebut.

Demi Memulihkan Reputasi Cyberpunk 2077, CD Projekt Red Habiskan Dana yang Sangat Besar

Butuh banyak dana besar untuk memperbaiki reputasi game ini

Pada pertemuan finansial bersama investor pada 5 Oktober lalu (via Kotaku), CD Projekt Red umumkan bahwa studio habiskan dana hingga lebih dari $120 juta untuk perbaiki reputasi game Cyberpunk 2077 lewat deretan update hingga juga perilisan ekspansi baru.

Pengembangan dari Phantom Liberty disebut memakan dana $63 juta untuk produksi dan $21 juta tambahan untuk biaya pemasaran. Yang berarti secara keseluruhan perilisan Phantom Liberty memakan dana $84 juta.

Sementara itu, translator sugestikan bahwa pengembangan update sejak awal rilis hingga update 2.0 juga cukup memakan dana besar. Mulai dari proses membawa game ke console next-gen hingga puncak update terbaru, CDPR dilaporkan habiskan $40 juta.

Maka secara teknis, CDPR telah keluarkan dana $125 juta setelah perilisan awal game yang kontroversial dan bahkan sempat ditarik peredarannya oleh Playstation.

CDPR begitu yakin dengan jangka panjang dari game ini dan potensinya sebagai franchise, oleh karenanya mereka tak ingin game pertama dipandang selamanya sebagai kekecewaan di mata gamer.

Phantom Liberty dan juga update 2.0 menjadi akhir dari pembaruan konten besar-besaran dari CDPR. Mereka kini mulai fokus pada pengembangan sekuel ditambah dengan deretan proyek baru yang di mana salah satunya ialah game baru The Witcher.

Perbandingan dengan Produksi Game Utama dan Juga Game AAA Lainnya

Cyberpunk 2077

Dana untuk pulihkan reputasi game ini dapat dibilang sangat tinggi dan setara dengan dana produksi satu game. Sebagai perbandingan, produksi game utama dilaporkan menghabiskan $174 juta untuk produksi, dan juga $142 juta untuk biaya pemasaran.

Produksi game ditambah dengan update berserta ekspansi dari Cyberpunk 2077 dapat dibilang 5 kali lipat dibandingkan game mereka sebelumnya yakni The Witcher 3 yang dilaporkan memakan biaya $81 juta.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan produksi game terkenal lainnya. Dana dari pemulihan reputasi game RPG futuristik CDPR itu tergolong setara atau setidaknya berada dalam jangka yang sama.

Dengan dana yang dipakai tersebut bisa dibilang kurang lebih hampir sama dalam pembuatan game lain, seperti Destiny ($140 juta), Halo 2 ($120 juta), dan Shadow of the Tomb Raider ($135 juta).


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Cyberpunk 2077 beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version