CD Projekt Red Klarifikasi Tulisan “In-Game Purchase” di Rating Cyberpunk 2077

Cyberpunk 2077
Cyberpunk 2077 miliki rating dengan tulisan tambahan “in-game purchase”.

Proses pengembangan video game yang rumit memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Selain fokus developer pada pengembangan gamenya, mereka juga perlu mengirimkan sample gamenya kepada badan rating agar memenuhi standar sebelum dipasarkan. Hal yang juga dilakukan CD Projekt Red pada Cyberpunk 2077.

Hari ini ESRB akhirnya rampung memberikan rating untuk Cyberpunk 2077. Seperti yang telah diduga, gamenya diberi rating M atau Mature. Menandakan bahwa Cyberpunk 2077 hanya boleh dimainkan oleh mereka yang berumur tujuh belas tahun ke atas. Setidaknya untuk standar Amerika.

Namun, terdapat tulisan penjelasan yang menggelitik beberapa orang. Salah satunya adalah “In-Game Purchase”. Umumnya tulisan ini mengisyaratkan kehadiran microtransaction. Sebuah hal yang bertolak belakang dengan visi CD Projekt Red saat gamenya masih dipromosikan. Kabar baiknya, mereka akhirnya mengklarifikasi maksud dari tulisan tersebut.

Melansir Twinfinite yang menanyakan langsung tentang rating tersebut. Perwakilan CD Projekt Red menjelaskan bahwa penambahan ekspansi gamenya di masa datang, kini membutuhkan tulisan deskripsi seperti “in-game purchase” yang sempat disinggung. Menegaskan bahwa gamenya takkan miliki microtransaction dan akan menganut sistem ekspansi seperti The Witcher 3: Wildhunt.

Cyberpunk 2077 rencananya akan dirilis di PC, PlayStation 4, dan Xbox One pada tanggal 17 September 2020 nanti. CD Projekt Red sendiri saat ini tengah berencana untuk menggelar event pada bulan Juni nanti.


Baca lebih lanjut tentang Cyberpunk 2077, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: akbar@gamebrott.com

Exit mobile version