CDPR Langgar Janji Tidak Akan Ada “Crunch”, Pimpinan Studio Berikan Penjelasan

in , , ,
Cyberpunk

Crunch mungkin adalah istilah awam yang beberapa waktu lalu menjadi sering dibicarakan di kalangan studio-studio game. Istilah crunch ini sendiri merujuk pada praktek lembur berlebihan yang dilakukan oleh para studio game ini untuk mengejar tenggat waktu perilisan dari game yang tengah mereka buat.

Hal ini memang menjadi perhatian utama banyak gamer dan pemerhati di seluruh dunia mengenai budaya yang dianggap kurang sehat bagi para karyawan studio game tersebut. Maka dari itu banyak fans yang menuntut para studio game besar seperti Rockstar dan CD Projekt Red untuk mengubah kebiasaan tersebut dan mereka pun menyetujuinya pada tahun 2019 lalu.

Namun sayangnya janji ini pada kenyataannya harus patah karena kondisi yang memaksa. Karena pada laporan yang dikeluarkan oleh Bloomberg lewat Jason Schreier yang berhasil mendapatkan email yang mengatakan bahwa CDPR melalui sang Pimpinan Studio –  Adam Badowski menginstruksikan bahwa semua bagian pengembangan Cyberpunk 2077 memasuki fase “overdrive” yang berarti semua karyawan harus lembur serta menambah ekstra hari kerja untuk mengejar penyelesaian gamenya.

Bahkan Adam juga menuliskan bahwa dirinya siap menerima konsekuensi “backlash” dari keputusan tersebut. Terlebih hal tersebut berketerbalikan dengan apa yang sudah dijanjikan oleh CDPR di 2019 lalu perihal “crunch”. Namun dirinya menuliskan bahwa ini adalah satu-satunya jalan dan tidak ada opsi lain.

Tidak lama setelah kabar crunch tersebut diberitakan, sang Pimpinan – Adam Badowski ternyata juga membalasi cuitan dari Jason Schreier yang memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai apa yang tengah dihadapi oleh dirinya dan timnya di CDPR.

Dalam cuitannya, Adam memberikan gambar yang berisikan tulisan yang menjelaskan bahwa selama 6 minggu ini adalah sprint terakhir bagi mereka untuk mengejar tanggal pengiriman. Ia pun menjelaskan bahwa mayoritas anggota tim memahami keputusan tersebut. Dan Ia pun berjanji bahwa setiap anggota akan mendapat kompensasi untuk setiap jam ekstra yang mereka berikan dan juga 10% dari keuntungan perusahaan di 2020 nantinya akan dibagikan kepada karyawan.

Praktek “crunch” memang banyak dikecam karena menjadikan industri video game tidak sehat dalam pengerjaannya. Lembur berlebihan ini dianggap mempengaruhi kesehatan fisik dan juga mental dari para anggota pengembang game. Dan lebih lanjut dianggap mempengaruhi hasil akhir dari gamenya nantinya yang notabene dikerjakan dengan tergesa-gesa. Cyberpunk 2077 sendiri memang ditargetkan untuk dirilis pada 19 November 2020 mendatang.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Cyberpunk 2077 atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at author@gamebrott.com

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at galihka@gamebrott.com