CDPR Minta Maaf Atas Dialog Kontroversial di Cyberpunk 2077

Cdpr Minta Maaf pesan kontroversial cyberpunk 2077

CDPR minta maaf atas elemen kontroversial yang ada di dalam game Cyberpunk 2077. Dalam update 2.0, lokalisasi Ukraine ikut diperkenalkan ke dalam game ini. Sama seperti perusahaan game lainnya, CDPR juga mendukung Ukraine dalam konflik yang tengah berlangsung saat ini. Bahkan berjanji memberikan bantuan finansial kepada organisasi yang membantu di sana, sampai menghentikan penjualan game di Rusia dan Belarus.

CDPR Minta Maaf Atas Elemen Kontroversial di Cyberpunk 2077

Graffiti yang dianggap offensive oleh pemain Rusia

CDPR menyampaikan permintaan maaf sebab adanya dialog anti-Russian serta sebuah graffiti yang ditemukan di lokalisasi Ukraina Cyberpunk 2077. Menurut perbandingan fil yang dibagikan oleh Zone of Games, lokalisasi ini tidak hanya menawarkan opsi pemilihan bahasa baru namun juga komentar ‘unik’ mengenai konflik Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung.

Dilansir dari IGN, CDPR mengaku bahwa elemen ‘offensive’ ini tidak ditulis oleh staff-nya dan tidak pula mencerminkan pandangan mereka.

“Lokalisasi Ukraina di Cyberpunk 2077 menampilkan elemen yang bisa dinilai offensive oleh pemain asal Rusia. Dialog ini tidak ditulis oleh staff CDPR dan tidak sama sekali mempresentasikan pandangan kami. Kami sedang memproduksi kalimat yang benar dan akan menggantinya di update selanjutnya. Kami meminta maaf atas situasi ini dan telah mengambil langkah untuk menghindari hal ini kembali terjadi di kemudian hari. “

CD Projekt Red

Tidak Ditulis oleh Staffnya

Tidak ditulis oleh staff CDPR

Project Manager, Mariia Strilchuck, juga ikut buka suara lewat postingan Twitter X yang apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia:

“Aku ingin menjelaskan mengenai perbaikan dari lokalisasi Ukraina. Perbaikan ini berkaitan dengan dialog-dialog terjemahan yang kehilangan makna aslinya, khususnya yang merujuk pada konflik saat ini. Dukungan kami terhadap Ukraina tidak berubah, namun kami tetap ingin menunjukkannya lewat aksi yang positif.”

Namun, belum jelas elemen apa saja yang akan dihapus oleh developer di Cyberpunk 2077 versi Ukraina. Yang pasti, perubahan itu tidak akan terjadi secara instan dan cepat, paling tidak sampai update berikutnya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version