CDPR Pastikan Cyberpunk 2077 Takkan Hadir dengan Opsi Gender Saat Kustomisasi Karakter

Cyberpunk 2077 character customization

Semakin mendekati tanggal rilis, semakin banyak detil yang dibagikan oleh CDPR tentang Cyberpunk 2077. Kali ini mereka bagikan sedikit info akan kustomisasi karakter yang akan pemain lakukan di awal game. Berbeda dengan mayoritas game lain yang lakukan opsi kelamin laki-laki atau perempuan, Cyberpunk 2077 akan absenkan pilihan tersebut secara keseluruhan. Alhasil, pemain hanya akan menentukan postur dan atribut tubuh lainnya saat kustomisasi dan kelamin karakter tersebut secara eksplisit tidak ditentukan dan tidak disebutkan oleh game.

Lewat wawancara bersama Metro, Marthe Jonkers, senior concept artist dari CDPR jelaskan sebagai berikut:

“Kamu tidak akan memilih kelamin lagi. Kamu tidak akan memilih ‘saya ingin jadi perempuan atau laki-laki’ kamu kini hanya akan memilih tipe tubuh. Karena kami ini kamu merasakan kebebasan dalam membuat karakter yang kamu inginkan. Maka dari itu, kamu hanya akan memilih tipe tubuh dan opsi dua suara, suara yang terdengar jantan, dan satunya perempuan. Kamu bisa campur aduk semua pilihan tersebut.”

Ini merupakan keputusan yang baru untuk Cyberpunk 2077. Pada gameplay tahun ini, mereka masih perlihatkan opsi kelamin masih ditetapkan pada tahap awal kustomisasi, tampaknya kontroversi terhadap komunitas LGBT menjadi faktor pendorong mengapa CDPR mengambil keputusan ini.

Cyberpunk 2077 mengambil latar kota distopia yang penuh dengan teknologi, tak hanya ciptakan senjata canggih dan kendaraan terbang, teknologi di game ini juga dapat membuat bagian tubuh manusia dimodifikasi keseluruhan. Maka bisa dibilang keputusan untuk membuat sistem kelamin ini sedikit masuk akal dengan tema dan latar yang CDPR coba angkat lewat sumber material yang mereka adaptasi.

Cyberpunk 2077 akan dirilis untuk PC, PS4 dan Xbox One pada  16 April 2020 mendatang.


Baca pula informasi lain terkait Cyberpunk 2077, beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Exit mobile version