Penjualan Lesu, CEO AMD Lisa Su Optimis Penjualan PC akan Membaik di Kuartal Ketiga 2023

CEO AMD Lisa Su

CEO AMD Lisa Su dalam earning call di kuartal ke-4 2022 kemarin memberikan kabar berita yang kurang menyenangkan. Di tahun 2022 sendiri penjualan PC semakin menurun dan berdampak langsung pada profit. Lisa Su sendiri juga memprediksi nasib yang sama di tahun 2023 setidaknya untuk beberapa bulan di awal.

CEO AMD Lisa Su Optimis Penjualan PC akan Mulai Baik di Pertengahan Tahun 2023

CEO AMD Lisa Su (kanan)

Lisa juga memprediksikan penjualan di awal tahun akan menurun 10% untuk market PC, yang berarti bersisa 260 juta unit terjual. Padahal mereka sendiri baru saja meluncurkan lini baru mereka baik dari prosesor Ryzen 7000 series maupun VGA RX 7000 series. Tampaknya kedua produk ini tidak mampu memikat hati calon konsumen.

Penjualan Ryzen 7000 series tidak sesuai harapan

Profit AMD menurun dan hanya mendapatkan 21 juta Dollar AS di kuartal terakhir 2022 kemarin. Namun hal ini disinyalir dikarenakan akuisisi mereka terhadap perusahaan Xilinx. Sedangkan untuk penjualan prosesor mengalami penurunan 51% dan untuk VGA Radeon sebesar 7% di kuartal ke-4.

Firma riset Gartner sendiri mengatakan penjualan PC yang kian melesu ini disebabkan berbagai faktor eksternal. Mulai dari inflasi hingga naiknya suku bunga bank menjadi faktor serta alasan penjualan part PC gaming ataupun PC secara keseluruhan menurun. Masyarakat juga tengah menyiapkan diri untuk menghadapi resesi. Ditambah dengan banyak yang sudah mempunyai PC ketika era pandemi beberapa tahun lalu menjadikan penurunan penjualan semakin tidak terbendung.

Tidak Hanya AMD, Perkembangan Industri Teknologi Memang Tengah Menurun

Amazon dan Microsoft ikut terdampak resesi

Tidak hanya AMD, hal serupa juga tengah dialami oleh Microsoft. Penjualan sistem operasi Windows juga mengalami penurunan bila dibandingkan dengan ketika masa-masa pandemi. Hal ini tentu selaras dengan penjualan hardware yang juga menurun seperti AMD.

Perusahaan raksasa Amazon juga mengalami penurunan dan berencana akan melakukan PHK demi efisiensi. Adapun total 18 ribu PHK masal ini akan diambil dari divisi ritel, internal, hingga operasional.

Melihat tren seperti ini, sepertinya akan butuh waktu sampai 2024 untuk melihat adanya perkembangan dari segi penjualan jika kondisi perekonomian tidak semakin memburuk.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version