CEO Developer Project CARS Berikan Detil Tentang Console Barunya

in
Seperti apa consolenya?

Beberapa menit yang lalu, kami memberitakan bahwa CEO dari developer game simulasi balap Project CARS, Ian Bell cuitkan bahwa ia dan timnya saat ini tengah membuat console baru bernama Mad Box. Meski belum ada informasi apapun tentangnya, namun ia janjikan mimpi resolusi 4K dan 60 fps lengkap dengan VR support. Beruntung, Ian akhirnya mau sedikit membuka mulut tentang detilnya.

Berbicara dengan Variety, Ian mengatakan bahwa consolenya akan dirilis tiga tahun dari sekarang dan akan setara dengan PlayStation dan Xbox. “Ia akan mensupport semua headset VR yang saat ini ada di pasaran dengan spesifikasi yang setara dengan PC tercepat dua tahun ke depan”, pungkasnya.

Saat ini mereka tengah membicarakannya kepada para pemilik pabrik dan manufaktur hardware yang dibutuhkan, oleh karenanya ia belum bisa mengungkapkan detil apapun tentangnya.

Sebelumnya, Ian memposting pengumuman tersebut melalui akun Twitter pribadinya. Postingannya diretweet oleh akun resmi Slightly Mad Studios, indikasikan bahwa akun baru Ian tersebut adalah akun asli dan bukan “akun bodong”.

Ketika ditanya oleh @LogiForce apakah mereka harusnya membuatnya untuk mensupport 90 fps di VR, ia menjawabnya bahwa Mad Box akan mendukung 60 fps “per eye” (sesuai pandangan mata). Variety yang mengklarifikasikannya mendapatkan informasi baru bahwa console tersebut akan mendukung 120 fps.

Mad Box akan memperbolehkan semua developer baik pemain lama maupun developer baru untuk kembangkan game di console tersebut. Sementara untuk game eksklusif, Ian hanya menjawab bahwa hal tersebut tergantung dari para developer. “Saat ini kami belum miliki rencana untuk membayar dana insentif bagi para developer untuk membuat game eksklusif” imbuhnya.

Eksklusivitas merupakan hal yang sepertinya tidak sejalan dengan pikiran Slightly Mad Studios. Menurut Ian, terlalu banyak bisnis monopoli atau mikro oligopoli (pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan, red) dalam eksklusivitas. Mereka telah siapkan apa yang mereka butuhkan untuk bersaing secara sehat dengan dua raksasa console yang saat ini tengah menguasai industri video game (mengingat mereka akan membuat mesin yang setara PlayStation dan Xbox, red).

Slightly Mad Studios berencana untuk merilis console tersebut ke seluruh dunia di luar Britania Raya. Ketika ditanya apakah ia akan menggunakan crowdfunding seperti Kickstarter, Ian menjawab bahwa saat ini mereka telah memiliki beberapa investor untuk mendanai proyek tersebut. Ia juga mengatakan bahwa harganya akan sangat kompetitif sesuai console yang akan dirilis ke depannya. “Harganya akan turun sesuai kuantitas pengiriman, namun kami tak berencana untuk memotong harganya sebesar console saat ini yang mungkinkan kami untuk memotong harganya cukup besar”, pungkasnya. Sebuah hal yang wajar mengingat mereka baru berkecimpung di industri console video game.

Hingga saat ini belum ada gambar apapun tentang consolenya, namun Ian mengatakan bahwa desain awalnya akan dirilis ke publik empat hingga enam minggu ke depan. Kita tunggu saja apakah Mad Box berhasil bersaing dan duduk setara dengan PlayStation maupun Xbox yang masih kuasai pasar console saat ini.

Baca berita lain tentang Slightly Mad Studios melalui link berikut.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.