CEO EA dan Activision Ternyata “Digaji Terlalu Tinggi” Di Jajaran CEO Amerika Serikat

Cover 11

Menjadi CEO (Chief Executive Officer) tentunya merupakan tanggung jawab yang besar dan berat bagi semua orang, apalagi untuk memimpin sebuah perusahaan besar dengan karyawan yang banyak. Maka tak ayal bahwa para CEO perusahaan-perusahaan besar dunia termasuk perusahaan yang bergerak di industri game mendapatkan gaji yang besar untuk resiko dan tanggung jawabnya tersebut. Namun bagaimana bila ternyata CEO tersebut digaji terlalu tinggi sehingga ada selisih yang sangat besar antara ia dan karyawaan lainnya? Inilah yang ternyata terjadi kepada CEO Electronic Arts (EA) dan Activision dimana keduanya ternyata “Digaji Terlalu Tinggi” dibandingkan CEO perusahaan lain di Amerika Serikat.

Dilansir via PC Gamer mereka mendapatkan data dari sebuah badan riset non-profit As You Sow yang mencari data mulai dari gaji yang diterima oleh para CEO hingga selisih antara gaji mereka dengan rata-rata gaji karyawan mereka lainnya. Dan dua nama dari perusahaan publisher game tersebutlah yang masuk ke dalam daftar panas ini.

Yang pertama adalah CEO dari Activision – Blizzard, Bobby Kotick yang tentunya beberapa saat lalu ramai diberitakan karena keputusannya untuk mem-PHK 760 karyawannya ini ternyata menjadi salah satu CEO dengan pendapatan “terlalu tinggi” dengan $28,698,375 per tahun atau sekitar 400 Milyar Rupiah atau 33 Milyar per bulannya. Gaji masif ini sendiri ternyata 306 kali dari rata-rata tengah gaji para karyawan Activision lainnya. Bobby sendiri akhirnya menempati posisi 45.

Kedua tentunya adalah CEO EA, Andrew Wilson yang bahkan mendapat gaji lebih besar dengan $35,728,764 per tahun atau mencapai 500 milyar per tahunnya, atau 41 Milyar Rupiah per bulannya. Angka fantastis ini sendiri akhinya membuat ia mendapat 371 kali dari rata-rata tengah gaji karyawan EA lainnya.

Dan dari riset yang sama juga dilaporkan bahwa para pemegang saham dari perusahaan-perusahaan besar ini sendiri sebenarnya mulai menentang pendapatan CEO-CEO yang masif ini. Namun sayangnya di lapangan gaji para CEO perusahaan game  ini justru terus meningkat dari waktu  ke waktu.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Activision atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

Exit mobile version