CEO Nintendo Satoru Iwata Telah Meninggal

Nintendo telah mengumumkan bahwa presiden dan CEO Nintendo, Satoru Iwata telah meninggal pada umur 55 tahun. Pengumumannya bisa dilihat disini atau baca dibawah ini.

Inilah isi dari pengumumannya.

‘Dengan penyesalan yang dalam,  Nintendo Co., Ltd. mengumumkan bahwa Presiden Satoru Iwata telah meninggal pada tanggal 11 Juli 2015 oleh karena pertumbuhan saluran empedu (bile duct growth)’

Iwata terpaksa tidak bisa ikut E3 tahun lalu karena kondisinya yang buruk dan tidak lama kemudian ia dioperasi untuk menghilangkan pertumbuhan saluran empedu. Beberapa bulan kemudian, ia sempat khawatir akan kesehatannya, tapi ia berkata

‘Aku semakin hari semakin baik’

via Twitternya.

Satoru Iwata merupakan programmer yang berbakat, ia pertama kali bergabung Nintendo HAL’s Laboratory pada tahun 1980-an, dimana ia ikut serta dalam pembuatan Balloon Fight dan EarthBound. Lalu ia berhasil menjadi direktur dari perusahaan tersebut pada tahun 2000. Tahun 2002 adalah dimana Iwata dipilih menjadi presiden Nintendo yang keempat, menggantikan Hiroshi Yamauchi.

Pada waktu Iwata menjadi presiden,  Iwata berhasil melihat mana konsol Nintendo yang paling kuat, juga yang paling lemah. Yang kuat  adalah Wii dan DS, sedangkan yang lemah adalah Gamecube dan Wii U. Iwata juga sering sekali menjadi host pada acara Nintendo Direct.

Ia akan selalu dikenang. Rest in Peace, Mr. Satoru Iwata.

Exit mobile version