Channel Cuaca ini Simulasikan Bencana Menggunakan Mixed Reality Unreal Engine

in ,

Unreal Engine tentunya terkenal sebagai salah satu Game engine yang memiliki ‘keluwesan’ dan kemudahan dalam masalah pembuatan dan penggunaannya. Engine yang dikembangkan oleh Epic Games ini bahkan menjadi engine yang paling banyak digunakan oleh para developer game di seluruh dunia. Namun, Unreal Engine kini bahkan membuktikan bahwa mereka tidak hanya dapat digunakan dalam video game saja. Karena lewat sebuah channel berita bernama “The Weather Channel” kini menggunakan Unreal Engine 4 untuk mensimulasikan cuaca ekstrim yang terjadi lewat mixed reality ketika siaran berlangsung.

Dapat kamu lihat dalam video siaran di atas, bahwa mereka tengah mensimulasikan kebakaran hutan mulai dari awal penyebab dari kebakaran hingga dampak paling parah yang bisa terjadi dari hal tersebut. Bila kamu perhatikan grafik yang diperlihatkan tentunya akan mengingatkanmu dengan grafik game-game AAA saat ini. Dan kelihatannya The Weather Channel dapat memaksimalkan Unreal Engine 4 untuk mensimulasikan kondisi imajiner yang diharapkan dari sebuah bencana alam dengan realistis. Kamu bisa melihat contoh lainnya lewat video tentang simulasi banjir di bawah ini:

Untuk menghadirkan simulasi mixed reality ini channel The Weather Channel bekerja sama dengan studio produksi asal Norwegia bernama Future Group untuk menggabungkan antara siaran yang dilakukan oleh para penyiar dalam ruangan studio penuh dengan green screen dan kamera khusus yang nanti akan digabungkan dengan grafik 3D dari Unreal tentunya. Dikutip dari Gizmodo, pengerjaan yang dibutuhkan untuk membuat satu video simulasi berdurasi sekitar 1-3 menit ini saja membutuhkan waktu 3-4 minggu. Namun The Weather Channel berencana untuk membawa studio terpisah tersebut ke dalam mereka sehingga pengerjaannya dapat dilakukan lebih cepat.

Hal ini tentunya menunjukkan potensi dari teknologi game engine yang dapat digunakan untuk hal yang lebih luas, juga menunjukkan perkembangan interaksi yang dapat dilakukan antara dunia nyata dan augmented reality (AR) atau virtual reality (VR) yang tentunya dapat akan lebih halus lagi seiring semakin mudahnya implementasi teknologi ini. Mungkinkah nantinya kamu bisa menikmati sebuah simulasi yang realistis layaknya film Ready Player One? Kelihatannya sangat memungkinkan.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]