Terjawab Sudah, Apple A17 Pro Resmi Dibekali Fitur Ray Tracing

Apple A17 Pro

Setelah menanti cukup lama, akhirnya penantian para fans terjawab sudah, karena kini chipset Apple A17 Pro resmi dibekali fitur penelusuran sinar alias ray tracing. Tidak hanya itu, ini akan menandakan bahwa chipset tersebut akan menjadi pelopor dalam implementasi fitur ini untuk smartphone ke depannya.

Apple A17 Pro, Chipset Pertama dari Apple dengan Ray Tracing

Chipset premium dari Apple dengan fitur tak kalah menarik

Ketika kalian mendengar ray tracing, kemungkinan kalian akan langsung terbesit sebuah PC gaming kekinian dan bermacam game yang memang mendukung fitur tersebut. Fitur satu ini memang menjadi tolak ukur sebuah kemudahan dan bukti kemajuan teknologi yang begitu pesat.

Besar kemungkinan hal tersebut menjadi dasar di mana Apple A17 Pro dikembangkan – memberikan kemudahan dan fitur ray tracing dalam genggaman. Dimasukkannya fitur ini menjanjikan peningkatan sampai 4 kali lipat ketimbang teknologi yang pernah ada.

Raksasa Apple bahkan mendemonstrasikan hal tersebut, sembari menunjukkan betapa masifnya perbedaan antara chipset Apple A17 Pro yang dipersenjatai fitur ray tracing ketimbang chipset sebelumnya yang hanya dibekali ray tracing yang dijalankan melalui aplikasi.

Komparasi berdasarkan data internal dari Apple

Berdasarkan klaim Apple dalam bentuk gambar di atas, chipset sebelumnya hanya mampu menghasilkan 8 FPS, jauh dari chipset yang akan temani iPhone 15 Pro ini yang mampu hasilkan 30 FPS secara konstan.

Kemungkinan hal ini juga dipengaruhi kemampuan chipset yang lebih baik setidaknya 10-20% dari generasi sebelumnya, termasuk jumlah core yang kini lebih banyak dan lebih kuat ketimbang generasi terdahulu.

Bakal Menghadirkan Fitur Upscaling?

Tidak lupa dimasukkan fitur upscale untuk memaksimalkan kinerja

Ternyata chipset Apple A17 Pro tidak hanya dipersenjatai fitur ray tracing semata, dan bakal menghadirkan fitur upscaling setidaknya dari yang kami lansir dari Wccftech. Cara kerjanya pun kurang lebih sama dengan fitur upscale yang bisa kita temukan pada PC secara umum, namun kini dikhususkan untuk mobile.

Fitur tersebut konon dinamakan MetalFX, yang menjanjikan peningkatan performa secara masif dengan konsumsi daya yang lebih irit untuk sebuah smartphone. Raksasa Apple pun mengklaim MetalFX ini akan mengkombinasikan GPU dan Neural Engine demi menghasilkan kemampuan upscale yang konsisten.

Waduh, jadi makin gak sabar ya melihat gimana implementasi fitur ray tracing ini ke depannya?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version