Chipset Mediatek Dimensity 9300 Throttling di Perangkat ini, Kok Bisa?

Chipset Mediatek Dimensity 9300 Throttling

Persiapan lebih dari enam bulan yang lalu tampaknya tak membuat chipset teranyar Mediatek ini alami masalah, karena baru-baru ini kami temukan chipset Mediatek Dimensity 9300 throttling di perangkat ini. Loh, apa penyebabnya yah?

Chipset Mediatek Dimensity 9300 Throttling di Perangkat Ini

Menjanjikan kinerja yang lebih memuaskan

Mediatek Dimensity 9300 merupakan salah satu chipset teranyar yang diklaim akan menjadi andalan perusahaan tersebut. Dibekali bermacam fitur terbaru, salah satunya ray tracing, seolah kukuhkan bahwa chipset ini akan menjadi terobosan maupun alternatif yang menarik untuk dipertimbangkan.

Namun, temuan Sahil Karoul benar-benar mengejutkan. Bagaimana tidak, lalui cuitannya beberapa hari silam, ia temukan bahwasanya chipset Mediatek Dimensity 9300 malah alami throttling di smartphone yang ia gunakan, yakni Vivo X100 Pro.

Pengujian yang dilakukan oleh Sahil Karoul

Hal yang terdengar aneh mengingat smartphone kelas flagship semacam X100 Pro telah dibekali vapor chamber – sistem pendinginan khusus untuk menjaga suhu perangkat tetap berada di batas aman.

Performa Langsung Turun Setengahnya

Masih berdasarkan cuitan Sahil, ia yang baru miliki smartphone teranyar dari Vivo memang berencana untuk lakukan stress test. Sayangnya hal tersebut malah berakhir kurang baik dikarenakan malah akibatkan Meditek Dimensity 9300 throttling.

Dalam pengujian selama kurang lebih 15 menit, performa dari chipset teranyar Mediatek tersebut langsung turun setengahnya. Bisa kalian bayangkan, kecepatan salah satu core yang seharusnya ada di 3.25GHz kini menjadi turun menyentuh 1.5GHz, diikuti core lainnya yang turun kecepatannya sampai di angka 0.60GHz.

Performa chipset ini langsung turun setengahnya

Hasil tersebut tentunya mengecewakan mereka yang nantikan chipset kuat dari Mediatek yang bisa menyaingi, bahkan mengalahkan kompetitornya. Di mana tampaknya chipset sekuat itu tidak dapat terealisasikan dalam waktu dekat.

Selain itu, temuan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Mediatek ke depannya, yang memang merencakanan ‘performance-core only’ pada chipset Mediatek 9400 yang sedang dalam tahap pengembangan.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah Mediatek bisa mengatasi permasalahan ini, atau justru akan memperbaikinya pada generasi selanjutnya?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version