Perketat Aturan, Cina Mulai Larang Konten Live-Streaming untuk Game-Game Tak Berizin!

Perketat Aturan, Cina Mulai Larang Konten Live-Streaming untuk Game-Game Tak Berizin!

Beruntunglah kalian yang masih tinggal di Indonesia, karena game disini tidak terlalu banyak diberikan regulasi yang ketat. Berbeda dengan teman kita yang di Cina, banyak sekali regulasi yang harus mereka taati agar bisa tetap main game dengan aman.

Contohnya saja untuk pemain di bawah umur, hanya bisa memainkan game selama 90 menit di hari biasa dan maksimal 3 jam di hari libur atau akhir pekan.

Semua identitas akun mereka juga harus diverifikasi dengan memberikan kartu identitas asli yang ada di dunia nyata, sebuah regulasi yang kalau diterapkan di Indonesia mungkin akan banyak yang protes.

Ternyata pemerintah Cina melakukan langkah baru lagi, dimana Cina mulai larang konten live-streaming untuk game-game tak berizin

Perketat Aturan, Cina Mulai Larang Konten Live-Streaming untuk Game-Game Tak Berizin! 3

Cina mulai larang konten live-streaming yang game – gamenya tidak memiliki izin resmi

Hal ini kami dapatkan melalui cuitan twitter dari CN Wire, yang men-cover banyak berita dari Cina itu sendiri untuk orang luar.

CN Wire sendiri menyatakan bahwa Cina akan mulai membatasi live-streaming untuk gaming, dimana game – game yang tidak mempunyai izin rilis resmi akan dilarang untuk muncul seperti Short Videos, Variety Shows, dan melakukan gameplay dari streaming.

Sebelumnya, banyak sekali game yang sebenarnya tidak memiliki izin rilis resmi dapat beredar di platform digital di Cina seperti DouYu, Huya, dan Bilibili. Sehingga para gamer yang mungkin tidak bisa membelinya, setidaknya bisa menonton orang lain memainkan game tersebut.

Apakah disebabkan oleh Elden Ring?

Salah satu game yang menjadi sangat populer di Cina, walaupun tidak memiliki izin resmi dari pemerintah adalah Elden Ring.

Game FromSoftware satu ini memang memiliki daya tarik yang kuat baik dari global maupun Cina itu sendiri, karena memang menjadi salah satu game yang memberikan rasa puas dan addicting yang kuat dalam memainkannya.

Perketat Aturan, Cina Mulai Larang Konten Live-Streaming untuk Game-Game Tak Berizin! 4

Salah seorang analis bernama Daniel Ahmad a.k.a ZhugeEx, menyatakan bahwa jumlah orang yang menontonnya di Cina, setiap hari mencapai 17 juta orang di minggu pertamanya.

Mungkinkah dengan munculnya Elden Ring sebagai salah satu game yang sangat populer di kalangan streamer terutama Cina, dan game ini juga tidak memiliki izin rilis resmi menjadi sebab kenapa pemerintah Cina menjadi bergerak untuk segera melakukan enforcement terhadap hal ini?

Bagaimana menurut kalian? Kenapa pemerintah Cina sampai mengetatkan peraturan mereka sampai di live-streaming? Apakah ini sudah terlalu berlebihan regulasinya? Atau sebenarnya hal ini memang perlu dilakukan? Berikan pendapat kalian.

Source: JagatPlay


Baca juga informasi menarik lainnya terkait berita game atau artikel lainnya dari Khrisnanda. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version